Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
57Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH AC

MAKALAH AC

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 4,513 |Likes:
Published by Alan Darusman

More info:

Published by: Alan Darusman on Dec 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Landasan TeoriUntuk menyusun Karya Tulis ini, saya mengambil referensi dari penelitianyang telah dilakukan oleh berbagai pihak yang memang memiliki keahlian yangrelevan, terutama dalam topik ini adalah para pemerhati dan peneliti teknologimelalui media internet. Berbagai penelitian telah dilakukan secara internasional,karena memang masalah ini menyangkut manusia secara keseluruhan, jadi tidak terbatas oleh negara dan ras.B.
 
Latar Belakang MasalahPerkembangan ilmu dan teknologi pada era sekarang sangatlah pesat daripeningkatan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme sumber dayamanusia. Berbagai usaha peningkatan telah dilakukan pada semua bidangtermasuk dalam bidang otomotif. Perkembangan teknologi pada bidang otomotif berperan cukup besar terhadap kemajuan bidang-bidang lainnya. Untuk itu perluadanya tenaga- tenaga ahli dalam bidang ini, apalagi menghadapi serbuan negara-negara produsen otomotif dengan pemasaran produk mereka memasuki era pasarbebas.Pada masa era globalisasi ini kenyamanan pada mobil sangatlah diperlukan,industri berlomba-lomba menciptakan inovasi baru untuk menambah kenyamananmobil yang mereka produksi salah satunya dengan pengaturan suhu, kelembabanudara, dan kebersihan didalam ruangan. Sistem AC dipergunakan untuk mempertahankan kondisi udara baik suhu dan kelembabanya dengan cara sebagaiberikut:1. Pada saat suhu ruangan tinggi AC akan menyerap panas dari lingkungansehingga suhu di ruangan itu akan turun dan sebaliknya saat suhu ruanganrendah AC akan melepaskan panas ke udara sehingga suhu akan naik.
 
2
2. Bersamaan dengan hal itu, kelembaban udara berkurang sehinggakelembaban udara di pertahankan pada tingkat yang nyaman. Prinsip dasarAC adalah proses penyerapan dan pelepasan panas dengan menggunakansuatu zat yang mudah menyerap (refrigerant). Kondisi refrigerant dipengaruhi oleh pengatur dan tekanan yang diberikan kepadanya.Sistem pendingin atau refrigeren merupakan proses pelepasan kalor dari suatusubstansi dengan cara penurunan temperatur dan pemindahan panas ke substansilainnya. Pemakaian sistem pendingin dari keperluannya dapat dibagi menjadi duamacam :
 
Untuk membuat udara di dalam ruangan sejuk dan nyaman
 
Untuk keperluan industriManusia selalu berusaha untuk membuat keadaan disekelilingnya menjadi lebihbaik dan penghidupan yang lebih nyaman seiring dengan perkembanganteknologi, pola pikir, dan kebutuhan hidup. Manusia senantiasa mengiginkan halbaru, demi efisiensi dan hidup yang lebih praktis. Hal tersebut dapat dilakukandengan berbagai cara antara lain dengan memaksimalkan fungsi peralatan yangada yaitu dengan memodifikasi alat tersebut untuk menghasilkan fungsi gandaselain fungsi utamanya. Yang mana disini dilakukan untuk memanfaatkan panasyang terbuang dari kondensor, yang digunakan untuk memanaskan danmendinginkan ruangan.C.
 
Rumusan Masalah1.
 
Apakah pengertian AC itu ?2.
 
Apa saja komponen yang ada dalam AC ?3.
 
Bagaimana kinerja AC yang biasa digunakan dalam kehidupansehari-hari ?4.
 
Bagaimana prinsip kerja dan komponen-komponen pada sistem ACMobil ?5.
 
Apakah perbedaan antara AC ruangan dan AC mobil ?6.
 
Bagaimana sistem refrigerator pada pendingin kulkas ?7.
 
Apa saja manfaat dan kerugian penggunaan AC ?
 
3
D.
 
Tujuan Penulisan1.
 
Agar kita dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan AC itu.2.
 
Agar kita dapat mengetahui cara kerja AC yang biasa digunakan dalamkehidupan sehari-hari.3.
 
Agar kita dapat mengetahui komponen yang terdapat pada AC itu.4.
 
Mempelajari kinerja AC mobil.5.
 
Mengetahui perbedaan antara AC ruangan dan AC mobil.6.
 
Mempelajari refrigerator pada pendingin kulkas.7.
 
Agar kita dapat mengetahui manfaat dan kerugian penggunaan AC .

Activity (57)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Restu D'choco liked this
Ridwan liked this
Restu D'choco liked this
Yudi Arisandi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->