Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
41Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Koordinasi Tumbuhan

Sistem Koordinasi Tumbuhan

Ratings: (0)|Views: 3,851 |Likes:
Published by Alkaev Koszakovszky

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Alkaev Koszakovszky on Dec 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

 
BIOLOGISISTEM KONTROL PADA TUMBUHAN
Oleh :NURINA HAYU 1311100057ITA RAKHMAWATI 1311100058ALOYSIUS AUDI 1311100059ACHMAD ZULFIKAR 1311100065ARRIFA ARIANI 1311100066KARTIKA NUR ANISA 1311100067IRMAYA FATWA 1311100068
Jurusan StatistikaFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamInstitut Teknologi Sepuluh NopemberSurabaya2011
 
Sistem Kontrol Pada Tumbuhan
Sistem control pada tumbuhan adalah adaptasi yang berevolusi dari waktu kewaktu dalam menanggapi interaksi dengan lingkungan mereka. Sistem control padatumbuhan itu pada dasarnya di pengaruhi oleh factor luar dan factor dalam. Jika pengaruhluar dan pengaruh dalam baik maka bisa dikatakan control pada tumbuhan juga akan berjalandengan baik.Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dipengaruhi oleh faktor internal danfaktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor keturunan (hereditas), enzim dan hormon,Sedangkan faktor eksternal melipui makanan, intensitas cahaya, kecukupan air, suhu dankelembaban. Faktor internal dan eksternal mengontrol pola pertumbuhan dan perkembanganantara lain melalui pengendalian aktivitas internal. Aktivitas internal tersebut berupa prosesfotosintesis, respirasi, sintensis protein, sintesis klorofil, tekanan osmosis dan mitosis.
A.
 
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan padatumbuhan.
 
Faktor eksternal1.Makanan
Makanan adalah sumber energy dan sumber materi untuk menyintesis berbagaikomponen sel. Nutrient yang dibutuhkan tumbuhan bukan hanya karbon dioksida dan air,tetapi juga unsur-unsur lainnya.Karbon dioksida diabsorpsi oleh daun, sedangkan air danmineral diserap oleh akar.
2.Air
Tanpa air, tumbuhan tidak akan tumbuh. Air termasuk senyawa utama yang sangatdibutuhkan tumbuhan.Air berfungsi antara lain untuk fotosintesis, mengaktifkan reaksienzimatik, menjaga kelembapan, dan membantu perkecambahan biji.Tanpa air, reaksi kimiadalam sel tidak dapat berlangsung sehingga mengakibatkan tumbuhan mati.
3.Suhu
Pada umumnya, tumbuhan membutuhkan suhu tertentu untuk tumbuh danberkembang dengan baik, yang disebut suhu optimum.Suhu paling rendah yang masihmemungkinkan tumbuhan untuk tumbuh disebut suhu minimum, sedangkan suhu palingtinggi yang masih memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh disebut suhu maksimum.
4. Kelembaban
Pengaruh kelembapan udara berbeda-beda terhadap berbagai tumbuhan.Tanah danudara yang lembap berpengaruh baik bagi pertumbuhan.Kondisi lembap menyebabkanbanyak air yang diserap tumbuhan dan lebih sedikit yang diuapkan.Kondisi tersebut
 
mendukung aktivitas pemanjangan sel-sel. Dengan demikian, sel-sel lebih cepat mencapaiukuran maksimum sehingga tumbuhan bertambah besar.
5. Cahaya
Tumbuhan membutuhkan cahaya. Banyaknya cahaya yang dibutuhkan tidak selalusama pada setiap tumbuhan. Cahaya juga merangsang pembungaan tumbuhan tertentu..Haltersebut ada hubungannya dengan aktivitas hormone fitokrom dalam tumbuhan.
Faktor internal1.
 
Gen
Proses perkecambahan diawali dengan penyerapan air (imbisisi). Masuknya air selainberfungsi melarutkan cadangan makanan yang terdapat di bagian keping lembaga, jugamenginduksi aktivitas enzim hidrolitik. Aktivitas enzim hidrolitik dikendalikan oleh gen-genyang bertanggung jawab untuk hal tersebut.
a.
 
Enzim
Enzim merupakan suatu makromolekul (protein) yang mempercepat suatu reaksikimia dalam tubuh makhluk hidup. Enzim bekerja pada suhu, substrat, dan PHtertentu. Tumbuhan melakukan pengaturan kerja enzim sendiri supaya suatu senyawayang dihasilkan tidak terus menerus dibentuk. Pengaturan tersebut dilakukan olehpembentukan zat yang bersifat inhibitor. Hal ini merupakan suatu sistem untuk memelihara keseimbangan fisiologis dalam tubuhnya perbedaan jenis genmenyebabkan terjadinya perbedaan respon pertumbuhan terhadap kondisi lingkungnyang sama.b.
 
Zat Pengatur Tumbuh (Hormon Tumbuh)
 Secara umum, hormon mengontrol pertumbuhan dan perkembangan tumbuhandengan cara mempengaruhi pembelahan, pemanjangan, dan diferensiasi sel. Beberapahormon juga memperantarai respons fisiologis jangka pendek tumbuhan terhadapstimulus lingkungan.Berikut merupakan contoh-contoh hormon yang terdapat pada tumbuhan:HORMON TEMPAT PRODUKSIATAU LETAK HORMONDALAM TUMBUHANFUNGSI UTAMAAuksin (misal: IAA) Embrio biji, meristem tunasapikal dan daun daun muda
 
Merangsang pemanjanganbatang
 
Pertumbuhan, diferensiasi,

Activity (41)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
uthiekarambe liked this
Annisa Anis liked this
Jonathan Jojo liked this
Ibnu Sultan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->