Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
76Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah RJP 2010

Makalah RJP 2010

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 4,334 |Likes:
Published by Faradela RF

More info:

Published by: Faradela RF on Dec 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/05/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
I.1
LATAR BELAKANG
Resusitasi jantung paru adalah serangkaian usaha penyelamatan hidup padahenti jantung. Walaupun pendekatan yang dilakukan dapat berbeda-beda, tergantung penyelamat, korban dan keadaan sekitar, tantangan mendasar tetap ada, yaitu bagaimana melakukan RJP yang lebih dini, lebih cepat dan lebih efektif. Untuk menjawabnya, pengenalan akan adanya henti jantung dan tindakan segera yang harusdilakukan menjadi prioritas dari tulisan ini.
(1)
Henti jantung menjadi penyebab utama kematian di beberapa negara. Terjadi baik di luar rumah sakit maupun di dalam rumah sakit. Diperkirakan sekitar 350.000orang meninggal per tahunnya akibat henti jantung di Amerika dan Kanada. Perkiraanini tidak termasuk mereka yang diperkirakan meninggal akibat henti jantung dantidak sempat diresusitasi. Walaupun usaha untuk melakukan resusitasi tidak selalu berhasil, lebih banyak nyawa yang hilang akibat tidak dilakukannya resusitasi.
(1,2)
Sebagian besar korban henti jantung adalah orang dewasa, tetapi ribuan bayidan anak juga mengalaminya setiap tahun. Henti jantung akan tetap menjadi penyebab utama kematian yang prematur, dan perbaikan kecil dalam usaha penyelamatannya akan menjadi ribuan nyawa yang dapat diselamatkan setiap tahun.
(1,2)
Bantuan hidup dasar boleh dilakukan oleh orang awam dan juga orangyang terlatih dalam bidang kesihatan. Ini bermaksud bahwa RJP boleh dilakukandan dipelajari dokter, perawat, para medis dan juga orang awam.
(1,2)
Menurut American Heart Association, rantai kehidupan mempunyaihubungan erat dengan tindakan resusitasi jantung paru, kerana penderita yangdiberikan RJP, mempunyai kesempatan yang amat besar untuk dapat hidupkembali.
(1)
1
 
1.2.
TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui definisi, indikasi,dan algoritma resusitasi jantung paru. Selain itu, makalah ini juga dapat memberiinformasi yang lengkap tentang pembaharuan untuk RJP pada tahun 2010dibandingkan dengan pada tahun 2005 berdasarkan
 American Heart AssociationGuidelines for Cardiopulmonary Resuscitation and Emergency Cardiovascular Care.
2
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAII.1. DEFINISI
Resusitasi Jantung Paru (RJP) atau Cardiopulmonary Resuscitation (CPR)adalah suatu tindakan darurat sebagai suatu usaha untuk mengembalikan keadaanhenti nafas atau henti jantung (kematian klinis) ke fungsi optimal, guna mencegahkematian biologis. Kematian klinis ditandai dengan hilangnya nadi arteri carotisdan arteri femoralis, terhentinya denyut jantung dan pembuluh darah atau pernafasan dan terjadinya penurunan atau kehilangan kesadaran. Kematian biologis dimana kerusakan otak tak dapat diperbaiki lagi, dapat terjadi dalam 4menit setelah kematian klinis. Oleh Karena itu, berhasil atau tidaknya tindakanRJP tergantung cepatnya dilakukan tindakan dan tepatnya teknik yang dilakukan.
3
II.2. INDIKASI
A.Henti NapasHenti napas primer (respiratory arrest) dapat disebabkan oleh banyak hal,misalnya serangan stroke, keracunan obat, tenggelam, inhalasi asap/uap/gas,obstruksi jalan napas oleh benda asing, tesengat listrik, tersambar petir,serangan infark jantung, radang epiglotis, tercekik (suffocation), trauma danlain-lainnya
(4)
.Pada awal henti napas, jantung masih berdenyut, masih teraba nadi, pemberian O2 ke otak dan organ vital lainnya masih cukup sampai beberapamenit. Kalau henti napas mendapat pertolongan segera maka pasien akan
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->