Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bencana alam

bencana alam

Ratings: (0)|Views: 524|Likes:
Published by Faqieh FatOnix

More info:

Published by: Faqieh FatOnix on Dec 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/04/2012

pdf

text

original

 
Banjir Queensland Renggut 15 Nyawa
MELBOURNE, KOMPAS.com
 — 
Jumlah korban banjir di Queensland, Australia,mencapai 15 orang setelah satu mayat lagi ditemukan di daerah Lockyer Valley, bagianbarat Brisbane."Kepolisian telah menemukan mayat seorang lelaki di Myall Creek,"kata Menteri Layanan Darurat Queensland Neil Roberts dalam jumpa pers.Roberts mengatakan, jumlah orang hilang mencapai 61 orang yang dikhawatirkan akanbertambah 12 orang lain lagi. Pada Kamis (13/1/2011) pagi, Perdana MenteriQueensland Anna Bligh mengonfirmasi kematian pertama di Brisbane. Ia menjelaskan,korban laki-laki berusia 24 tahun sedang memeriksa rumah ayahnya di pedalamanDurack, kemudian ia terisap ke dalam arus badai."Ia tidak seharusnya berada di air itu,dan sayangnya hal itu merenggut jiwanya," katanya kepada wartawan. "Mohon jagadiri Anda, saat ini masih berbahaya," saran Bligh. "Kami sudah menghitung satukematian. Semoga kami tidak menemui dampak dari banjir Brisbane," katanya. Blighmengingatkan warganya untuk mematuhi papan larangan karena situasi saat ini masihsangat berbahaya di dalam dan sekitar jalan dan pedalaman Brisbane dan Ipswich. "Dibawah permukaan air banjir merupakan arus yang bergerak sangat deras disertai bendatajam. Berjalan ke air meski hanya setinggi mata kaki juga berisiko terkena lukaserius," katanya."Saya memahami bagaimana perasaan semua orang yang ingin kembali ke rumahnya,berjalan, dan melihat apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya, tetapi air itu masihmengalir deras, berputar, dan berbahaya," kata Perdana Menteri. Jumlah resmi korbandiperkirakan akan meningkat pada Kamis saat regu pencari mencapai kota kecil didalam Lockyer Valley. Mayat laki-laki lain ditemukan di ladang pertanian dekatdengan Grantham pada Kamis."Sayangnya, saya harus mengingatkan kepada warga Queensland bahwa kita harusbersiap-siap terhadap kabar buruk lain," kata koordinator bencana alam Queensland IanStewart pada KamisSebelumnya ia mencemaskan nasib 12 orang, kebanyakan dari dua keluarga, di wilayahMurphys Creek.Jumat (14/1/2011)
 
 
1.215 Tewas karena Tanah Longsor
BANDUNG, SABTU -
Sebanyak 1.215 orang tewas akibat bencana longsor dan banjirbandang di Indonesia dalam lima tahun terakhir."Kasus longsor cenderung menurun namun korban jiwa terus naik, semua longsorterjadi di zona gerakan tanah menengah dan tinggi," kata Kepala Pusat Vulkanologidan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Dr Surono di Bandung, Surono di Bandung,Sabtu. Bencana alam gerakan tanah yang terjadi selama ini sebgaian besar akibatkerusakan hutan akibat alih fungsi lahan yang ekstrim. Surono menyebutkan,kecenderungan korban longsor setiap tahunnya di atas angka 100 korban jiwa.Ia menyebutkan tahun 2003 sebayak 203 korban meninggal dunia akita longsor,sedangkan terakhir tahun 2007 sebanyak 309 orang."Sedangkan jumlah korban jiwa akibat longsor hingga November 2008 ini telahmencapai 80-an orang, belum termasuk korban di longsor Cianjur," kata Surono.Selain itu, longsor juga telah mengakibatkan kerusakan lahan pertanian seluas 528,5hektar dengan trend kerusakan lahan pertanian akibat bencana itu yang makin luas.Lebih lanjut, Kepala PVMBG itu menyebutkan kejadian longsor dan banjir bandang ituterjadi di kawasan rawan bencana di Sumatera Utara, Jabar, Jateng, Jatim, SulawesiSelatan serta di NTT dan NTB.selasa (10/3/2010)
 
Gempa Berpotensi Tsunami Guncang Gorontalo
GORONTALO,SENIN--
Gempa kembali mengguncang wilayah Indonesia. SetelahYogyakarta dan Bengkulu, gempa juga mengguncang Provinsi Gorontalo, Senin(17/11) pukul 00:02:32.Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), gempa berkekuatan 7,7 SkalaRichter (SR) itu terjadi pada 138 kilometer baratlaut Gorontalo pada kedalaman 10 kmdan berpotensi terjadinya tsunami.Hingga berita diturunkan belum ada laporan jatuhnya korban akibat bencanatersebut. Seperti dikutip Antara akibat gempa tersebut suasana Kota Gorontalotermasuk di sekitar Hotel Paradise yang berada di jantung kota sangat panik. Wargayang menginap di hotel tersebut berhamburan keluar, bahkan ada sebagian yangpingsan karena shok. Hingga kini, sebagian besar warga Gorontalo memilih berada diluar ruangan karena masih terjadi gempa susulan.Sebelumnya, masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya dikejutkan olehguncangan gempa bumi pada Minggu (16/11) malam, pukul 20 : 36 WIB.Kepala Seksi Observasi Badan Metereologi dan Geofisika (BMG) YogyakartaBambang Subagyo mengatakan, posisi gempa berada di 8,8 lintang selatan dan 110,38bujur timur, dengan kedalaman 20 kilometer di Samudra Hindia, atau berada di sekitar96 kilometer barat daya Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Getaran gempaberkekuatan 5, 2 Skala Richter itu terasa mulai dari Gunung Kidul, Kota Yogyakarta,hingga Kabupaten Klaten Jawa Tengah.Senin (17/11)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->