Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab III Hereditas

Bab III Hereditas

Ratings: (0)|Views: 704|Likes:
Published by Hermanto Aulia
Rangkuman Sosiologi Kelas XII
Rangkuman Sosiologi Kelas XII

More info:

Published by: Hermanto Aulia on Dec 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2013

pdf

text

original

 
Gusti Hermanto
Biologi
HEREDITAS
Nama : Novita SariKelas : XII IPA 3
PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWANGIN TIMUR DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA 
SMA NEGERI 2 SAMPIT
 
Gusti Hermanto
BAB IIIHEREDITASA. PENDAHULUAN
Hereditas berarti penurunan sifat-sifat genetik dari orang tua ke anak. Ilmu yang mempelajarihereditas disebut genetika. Teori pewarisan sifat atau hukum-hukum hereditas pertama kalidicetuskan oleh Gregor Johann Mendel (1822-1884), anak seorang petani kecil di Moravia Utara.Mendel berpendapat bahwa sifat-sifat dapat diturunkan dari generasi ke generasi melalui faktorpenentu.Pada saat pendapat beliau diakui kebenarannya, beliau sudah wafat. Hal itu dikarenakan padawaktu diterbitkannya buku yang memuat pendapat beliau pada tahun 1866, dunia ilmupengetahuan belum dapat menunjukkan bentuk maupun susunan sifat keturunan yang olehMendel disebut sebagai faktor penentu. Pendapat Mendel barn ditengok kembali pada tahun1900 oleh Hugo De Vries (Belanda), Carl Correns (Jerman), dan Erich von Tschermak (Austria)yang melakukan analisis secara lebih mendalam.
B. MATERI GENETIK
Asam nukleat ini terdapat di dalam nukleoplasma. Nukleoplasma adalah plasma yang terdapat didalam nukleus (inti sel). Nukleoplasma mengandung berma-cam-macam bahan kimia, sepertilarutan fosfat, gula ribosa, protein, nukleotida, asam nukleat, serta garam-garam mineral. Selainzat-zat tersebut, bahan dasar nukleus adalah protein yang khas yang disebut protein inti ataunukleoprotein. Nukleo-protein dibangun oleh senyawa protein dan asam nukleat. Dari beberapamacaw asam nukleat, yang ada sangkut pautnya dengan hereditas ada dua, yaitu DNA dan RNA.DNA (deoxyribonucleic acid = asam deoksiri bonukleat) dan RNA (ribonucleic acid = asamribonukleat) bertanggung jawab membentuk protein serta mengontrol sifat sifat keturunan. Jadi,gen yang disebut faktor penentu di zaman Mendel itu, akhirnya dapat diketahui strukturkimianya, dan disebut DNA. DNA, RNA, gen, dan kromosom disebut materi genetik karenabertanggung jawab terhadap pewarisan sifat-sifat genetik dari induk kepada keturunannya.Percobaan transformasi pada bakteri Diplococcus pneumoniae yang dilakukan oleh Griffith padatahun 1928, telah memberikan keyakinan bahwa DNA benar-benar merupakan bahan genetik.
1. DNA
a. Struktur DPenemu DNA dan RNA adalah seorang ahli kimia berkebangsaaan Jerman, Friederich Miescher(1869), yang menyelidiki susunan kimia dari nukleus. Zat yang mengandung fosfor sangat tinggidalam nukleus mula-mula disebut nuklein. Richard Altmann kemudian mengubah nama nukleinmenjadi asam nukleat karena nuklein bersifat seperti asam. Jadi, nukleosida adalah nukleotidatanpa fosfat, sedangkan nukleotida adalah nukleosida dengan fosfat.
 
Gusti Hermanto
Asam deoksiribonukleat merupakan molekul kompleks yang dibentuk oleh 3 macam molekul,yaitu:1) gula pentosa (deoksiribosa)2) fosfat (PO
4-
)3) basa nitrogen, terdiri dari:a)purin: guanin (G) dan adenin (A)b)pirimidin: timin (T) dan sitosin (C).Jadi, suatu molekul nukleotida yang terdiri dari ikatan gula basa dan fosfat yang menyusun DNAdapat berbentuk:1) adenin nukleotida = adenin deoksiri bosa fosfat2) guanin nukleotida = guanin deoksiri bosa fosfat3) sitosin nukleotida sitosin deoksiribo sa fosfat4) timin nukleotida timin deoksiribosa fosfat.Berdasarkan hasil penelitian Rosalind Franklin dan Maurice Wilkins pada DNA denganmenggunakan sinar-X, James Watson dan Francis Crick (1953) menge-mukakan suatu modelgen yang terkenal dengan nama double helix (tangga tali berpilin ganda).Struktur kimia gen (DNA) menurut Watson-Crick yang berupa tangga berpilin tersusun atas:1) gula dan fosfat sebagai induk/ibu tangga2) basa nitrogen, dengan pasangan tetapnya sebagai anak tangga:G dengan C dihubungkan oleh ikatan lemah 3 atom H (hidrogen). T dengan Adihubungkan oleh ikatan lemah 2 atom H (hidrogen).
b. Replikasi DNA
Kemampuan DNA untuk membentuk DNA baru yang sama persis dengan DNA asal (replikasi)disebut kemampuan autoka-talitik. Sedangkan kemampuan DNA membentuk molekul kimia laindari salah satu atau sebagian rantainya disebut kemampuan heterokatalitik.Ada tiga hipotesis tentang terjadinya replikasi DNA, yaitu sebagai berikut.1) Teori konservatiLmenyatakan bahwa double helix yang lama tetap (tidak berubah), danlangsung terbentuk dou-ble helix yang baru.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Anggy Ciliik liked this
Hanif Amri 'F' liked this
Musliadi Nganra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->