Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
129Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ARSIP Makalah Kimia Asam Basa

ARSIP Makalah Kimia Asam Basa

Ratings:

4.78

(36)
|Views: 19,099 |Likes:
Published by innu al kautsar

More info:

Published by: innu al kautsar on Oct 26, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

 
ARSIP – ARSIP
Teori Asam dan Basa
Halaman ini menggambarkan teori asam dan basa Arrhenius, Bronsted-Lowry,dan Lewis, dan halaman ini juga menjelaskan hubungan antara ketiga teori asamdan basa tersebut. Halaman ini juga menjelaskan konsep pasangan konjugasi -asam dan basa konjugasinya, atau basa dan asam konjugasinya.
Teori asam dan basa ArrheniusTeori
Asam adalah zat yang menghasilkan ion hidrogen dalam larutan.
Basa adalah zat yang menghasilkan ion hidroksida dalam larutan.Penetralan terjadi karena ion hidrogen dan ion hidroksida bereaksi untukmenghasilkan air.
Pembatasan teori
Asam hidroklorida (asam klorida) dinetralkan oleh kedua larutan natriumhidroksida dan larutan amonia. Pada kedua kasus tersebut, kamu akanmemperoleh larutan tak berwarna yang dapat kamu kristalisasi untukmendapatkan garam berwarna putih - baik itu natrium klorida maupun amoniumklorida.Keduanya jelas merupakan reaksi yang sangat mirip. Persamaan lengkapnyaadalah:Pada kasus natrium hidroksida, ion hidrogen dari asam bereaksi dengan ionhidroksida dari natrium hidroksida - sejalan dengan teori Arrhenius.Akan tetapi, pada kasus amonia, tidak muncul ion hidroksida sedikit pun!
 
anda bisa memahami hal ini dengan mengatakan bahwa amonia bereaksidengan air yang melarutkan amonia tersebut untuk menghasilkan ion amoniumdan ion hidroksida:Reaksi ini merupakan reaksi reversibel, dan pada larutan amonia encer yangkhas, sekitar 99% sisa amonia ada dalam bentuk molekul amonia. Meskipundemikian, pada reaksi tersebut terdapat ion hidroksida, dan kita dapatmenyelipkan ion hidroksida ini ke dalam teori Arrhenius.Akan tetapi, reaksi yang sama juga terjadi antara gas amonia dan gas hidrogenklorida.Pada kasus ini, tidak terdapat ion hidrogen atau ion hidroksida dalam larutan -karena bukan merupakan suatu larutan. Teori Arrhenius tidak menghitung reaksiini sebagai reaksi asam-basa, meskipun pada faktanya reaksi tersebutmenghasilkan produk yang sama seperti ketika dua zat tersebut berada dalamlarutan. Ini adalah sesuatu hal yang lucu!
Teori asam dan basa Bronsted-Lowry
Teori
Asam adalah donor proton (ion hidrogen).
Basa adalah akseptor proton (ion hidrogen).
Hubungan antara teori Bronsted-Lowry dan teori Arrhenius
Teori Bronsted-Lowry tidak berlawanan dengan teori Arrhenius - Teori Bronsted-Lowry merupakan perluasan teori Arrhenius.Ion hidroksida tetap berlaku sebagai basa karena ion hidroksida menerima ionhidrogen dari asam dan membentuk air.Asam menghasilkan ion hidrogen dalam larutan karena asam bereaksi denganmolekul air melalui pemberian sebuah proton pada molekul air.Ketika gas hidrogen klorida dilarutkan dalam air untuk menghasilkan asamhidroklorida, molekul hidrogen klorida memberikan sebuah proton (sebuah ionhidrogen) ke molekul air. Ikatan koordinasi (kovalen dativ) terbentuk antara satupasangan mandiri pada oksigen dan hidrogen dari HCl. Menghasilkan ionhidroksonium, H
3
O
+
.
 
Ketika asam yang terdapat dalam larutan bereaksi dengan basa, yang berfungsisebagai asam sebenarnya adalah ion hidroksonium. Sebagai contoh, protonditransferkan dari ion hidroksonium ke ion hidroksida untuk mendapatkan air.Tampilan elektron terluar, tetapi mengabaikan elektron pada bagian yang lebihdalam:Adalah sesuatu hal yang penting untuk mengatakan bahwa meskipun andaberbicara tentang ion hidrogen dalam suatu larutan, H
+(aq)
, sebenarnya andasedang membicarakan ion hidroksonium.
Permasalahan hidrogen klorida / amonia
Hal ini bukanlah suatu masalah yang berlarut-larut dengan menggunakan teoriBronsted-Lowry. Apakah anda sedang membicarakan mengenai reaksi padakeadaan larutan ataupun pada keadaan gas, amonia adalah basa karenaamonia menerima sebuah proton (sebuah ion hidrogen). Hidrogen menjaditertarik ke pasangan mandiri pada nitrogen yang terdapat pada amonia melaluisebuah ikatan koordinasi.

Activity (129)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eka Afdi S liked this
Yulius Nanga added this note
gue mkin pintar ni...
ud asam , basa lgi...
Lasma Beliver's Ajah added this note
ya..nmbh ilmu
Ikhwan Ich'one liked this
Alx Jablix liked this
Linda Handayani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->