Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
52Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Pendahuluan Enema

Laporan Pendahuluan Enema

Ratings: (0)|Views: 2,721|Likes:
Published by mevill

More info:

Published by: mevill on Dec 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/26/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUAN ENEMAA.
 
PENGERTIANEnema/huknah/klisma
adalah suatu tindakan memasukkan cairan secaraperlahan-lahan ke dalam rektum dan kolon sigmoid melalui anus denganmenggunakan kanul rektal. Terdapat tiga jenis enema; enema rendah, enema tinggi,dan enema gliserin. Enema rendah adalah memasukkan cairan melalui anus sampaike kolon desenden. Enema tinggi adalah memasukkan cairan melalui anus (rektum)sampai ke kolon asenden. Enema gliserin adalah memasukkan cairan melalui anus kedalam kolon sigmoid dengan menggunakan spuit gliserin.
B.
 
TUJUAN
1.
 
Merangsang peristaltik usus dan defekasi untuk mengatasi konstipasi danimpaksi.2.
 
Membersihkan kolon untuk persiapan operasi atau pemeriksaan diagnostic.3.
 
Melunakkan feses yang telah mengeras atau mengosongkan rectum dan kolonbawah untuk prosedur diagnostic atau pembedahan.4.
 
Membantu defekasi yang normal sebagai bagian dari program latihan defekasi(
bowel training program
)5.
 
Memberikan terapi seperti: mengurangi kadar kalium yang tinggi denganenema
 Natrium Polystyrene Sulfonate
(
Kayexalate
) dan mengurangi bakterikolon dengan enema
 Neomycin
.
C.
 
KOMPETENSI DASAR LAIN YANG HARUS DIMILIKI UNTUKMELAKUKAN TINDAKAN TERSEBUT
Volume maksimum yang dianjurkan untuk pemberian enema:Bayi 150-250 mlToddler 250-350 ml
 
Anak usia sekolah 300-500 mlRemaja 500-750 mlDewasa 750-1000 mlSuhu volume larutan hangat untuk dewasa 40,5
o
C-43
o
C. suhu cairan yangdigunakan untuk anak-anak adalah 37,7
o
CEnema dapat diklasifikasikan ke dalam 4 golongan menurut cara kerjanya:
cleansing
(membersihkan),
carminative
(untuk mengobati
 flatulence
), retensi(menahan), dan mengembalikan aliran.1.
 
Enema c
leansing,
meningkatkan evakuasi feses secara lengkap dari kolon.Enema ini bekerja dengan cara menstimulasi peristaltik melalui pemasukansejumlah besar larutan atau melaui iritasi lokal mukosa kolon. Ada dua jenis:
high enema
dan
low enema
.
 High enema
diberikan untuk membersihkankeseluruhan kolon. Cairan diberikan pada tekanan yang tinggi dengan menaikkanwadah enema 30-45 cm atau sedikit lebih tinggi di atas pinggul klien. Posisiklien berubah dari posisi lateral kiri ke posisi rekumben dorsal dan kemudian keposisi lateral kanan, agar cairan dapat turun ke usus besar.
 Low enema
diberikanhanya untuk membersihkan rektum dan kolon sigmoid. Perawat memegangkantung enema 7,5 cm atau lebih rendah dari atas pinggul klien. Enemapembersih paling efektif jika diberikan dalam waktu 5-10 menit.2.
 
Enema
carminative,
menghilangkan distensi gas.
 
Enema ini meningkatkankemampuan untuk mengeluarkan flatus. Larutan dimasukkan ke dalam rektumuntuk mengeluarkan gas dengan merenggangkan rektum dan kolon, kemudianmerangsang peristaltik. Untuk orang dewasa dimasukkan 60-180ml.3.
 
Enema retensi-minyak melumasi rektum dan kolon. Feses mengabsorpsi minyak sehingga feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan. Untuk meningkatkan kerja minyak, klien mempertahankan enema selama 1-3 jam.
 
4.
 
Enema bolak-balik, digunakan untuk mengurangi flatus dan meningkatkangerakan peristaltik. Pertama-tama larutan (100-200 ml untuk orang dewasa)dimasukkan ke rektum dan kolon sigmoid klien, kemudian wadah larutandirendahkan sehingga cairan turun kembali keluar melalui selang rektum kedalam wadah. Pertukaran aliran cairan ke dalam dan keluar ini berulang 5-6 kali,sampai perut gembung hilang atau abdomen merenggang dan rasa tidak nyamanberkurang atau hilang.5.
 
Enema medikasi (enema untuk tujuan medis) mengandung obat-obatan. Contohenema medikasi adalah
 Natrium Polisitren Sulfonat 
(
Kayexalate
), digunakanuntuk mengobati klien yang memiliki kadar kalium serum tinggi. Obat inimengandung suatu resin yang menukar ion-ion natrium dengan ion-ion kaliumdidalam usus besar. Jenis enema medikasi lain ialah larutan
 Neomysin
, yangmerupakan suatu antibiotik yang digunakan untuk mengurangi bakteri di kolonsebelum klien menjalani bedah usus.Larutan khusus mungkin diminta oleh dokter atau agen praktek. Larutan yangdigunakan untuk enema pembersih ada beberapa macam, yaitu:1.
 
Air kran, bersifat hipotonik dan mempunyai tekanan osmotik yang lebih rendahdaripada cairan di dalam ruang interstisial. Setelah dimasukkan ke dalam kolon,air kran keluar dari lumen usus menuju ke ruang interstisial. Volume yangdimasukan menstimulasi defekasi sebelum air dalam jumlah besar meninggalkanusus.2.
 
Salin normal, secara fisiologis merupakan larutan terbaik untuk digunakankarena larutan ini mempunyai tekanan osmotik yang sama dengan cairan yangada di ruang interstisial. Larutan ini dapat menstimulasi peristaltik. Dapat dibuatdengan mencampur 500 ml air kran dengan 1 sendok the garam dapur.3.
 
Larutan hipertonik, seperti larutan fosfat, yang dimasukkan kedalam ususmemberikan tekanan osmotik yang menarik cairan keluar dari ruang interstisial.Kolon terisi oleh cairaan dan akibaatnya terjadi distensi yang menimbulkandefekasi. Enema ini menggunakan cairan dengan volume kecil.

Activity (52)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Astri Nova liked this
Ranti Jayanti liked this
Agus Ismail liked this
Dian Utami liked this
Dea Ananditasari liked this
Ira ajah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->