Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
43Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Nutrisi

Makalah Nutrisi

Ratings: (0)|Views: 2,725 |Likes:
Published by Weda Suari

More info:

Published by: Weda Suari on Dec 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH
KEBUTUHAN FISIOLOGIS DASAR NUTRISI
Kelompok SGD 4
Ni Putu Maitra Pratiwi(1002105004)Ayu Ngurah Dwi Rahayu (1002105014)Gede Adi Ramananda (1002105032)Ayu Ervyna Novita Sari (1002105051)Ni Luh Putu Devi Kusumayanti (1002105053)Ni Wayan Sawitri (1002105058)Putu Weda Suari (1002105062)Ni Putu Ari Iswari(1002105064)Ni Made Candra Yundarini(1002105074)I Made Someita(1002105077)Ni Putu Diah Prabandari (1002105085)
Program Studi Ilmu KeperawatanFakultas Kedokteran Universitas Udayana2011
 
Learning Task Nutrisi
1. Jelaskan mengapa manusia perlu untuk mengkonsumsi serat dalam diitnya!2. Jelaskan makanan yang kita makan menghasilkan energi!3. Jelaskan fungsi protein!4. Jelaskan dan beri contoh mengenai keseimbangan nitrogen?5. Jelaskan mengenai kebutuhan cairan pada bayi-lansia!6. Jelaskan biosintesis lipid!7. Sebutkan dan jelaskan vitamin larut air dan lemak!
Pembahasan
1.
Serat didefinisikan sebagai komponen makanan yang berasal dari tumbuhan yangtidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia (Robbins dan Burgess, 1997).Konsumsi serat makanan, khususnya serat yang tidak larut, menghasilkan tinja yanglembek. Sehingga tidak diperlukan kontraksi otot yang kuat untuk mengeluarkan fesesdengan lancar. Diet tinggi serat dimaksudkan untuk merangsang gerakan peristaltik usus agar defekasi (pembuangan tinja) dapat berjalan normal. Kedua hal ini akanmengurangi resiko konstipasi (Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat, FakultasKesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2007).Oleh karena itu, konsumsi serat makanan dalam porsi yang cukup tidak bolehdiabaikan, yaitu sekitar 20-25 gram/ hari. Beras menyumbang 2,1 gram serat,sedangkan kacang-kacangan, hanya 1,1 gram (misalnya kacang panjang,tempe, tahu,kacang hijau, dan kacang merah). Sayur hanya mensuplai 1,2 gram serat (misalnyakangkung, wortel, terong, kol, bayam, buncis, nangka muda, pepaya muda, dan daunsingkong). Buah-buahan menyumbang serat sekitar 0,9 gram (misalnya pisang, pepaya, dan jeruk).Sumber serat berasal dari semua bagian dari makanan nabati yang tidak dapatdicerna atau diserap. Tidak seperti karbohidrat, lemak dan protein yang dapat diserapoleh tubuh, serat tidak dapat diserap dan tidak dicerna oleh tubuh, oleh karena ituserat melewati usus kecil, usus besar dan keluar dari tubuh dalam keadaan relativeutuh. Serat terbagi atas dua yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak dapatlarut dalam air.
 
Serat makanan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah penyakit, dan untuk terapi pengobatan. Berdasarkan
 Food Facts Asia
 pada tahun 1999diungkapkan bahwa sejumlah penyakit berkaitan dengan kurangnya konsumsi serat
 
dalam menu sehari-hari, di antaranya adalah kanker kolon, tingginya kadar kolesteroldarah, diabetes, konstipasi (Friedman dan Grendell, 2003).Pilihan terbaik untuk makanan sumber serat antara lain :1.Biji-bijian dan produk gandum
2.
Buah-buahan. Apel, pisang, jeruk, pir dan buah merupakan sumber yang baik serat.Kulit apel sangat baik sebagai sumber serat.3.Sayur-sayuran terutama sayuran hijau4.Buncis, kacang polong dan kacang lainnya5.Kacang-kacangan dan biji-bijianManfaat diet tinggi serat
Buang air besar normal.
Serat meningkatkan berat dan ukuran tinja serta dapatmelembutkan tinja. Serat dapat mepercepat pengeluaran tinja karena serat tidak dicerna maupun diserap. Serat dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar.
Membantu menjaga integritas usus dan kesehatan usus.
Diet tinggi dapatmenurunkan resiko wasir atau ambeien dan kantong kecil di usus besar (penyakitdivertikular). Beberapa serat difermentasi dalam usus besar. Para peneliti melihat bagaimana hal ini dapat memainkan peran dalam mencegah penyakit usus besar.
Menurunkan kadar kolesterol darah.
Serat larut ditemukan di buncis, gandum, biji rami dan dedak oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah totaldengan menurunkan LDL kolesterol atau kolesterol jahat. Penelitian epidemiologitelah menunjukkan bahwa meningkatnya serat dalam diet dapat menurunkantekanan darah dan peradangan, memperlambat timbulnya plak oleh kolesterol,yang juga melindungi kesehatan jantung.
Membantu mengontrol kadar gula darah.
Serat, khususnya serat larut, dapatmemperlambat penyerapan gula, yang bagi penderita diabetes dapat membantumenurunkan tingkat gula darah. Sebuah diet yang meliputi serat tidak larut telahdikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.
Membantu dalam penurunan berat badan.
Diet tinggi serat membutuhkanwaktu yang lama untuk mengunyahnya sehingga memberikan waktu tubuh untuk memberikan sinyal kenyang sehingga membantu untuk menurunkan berat badandan cenderung untuk tidak makan terlalu banyak. Selain itu diet serat cenderunguntuk membuat makanan terasa lebih besar dan berlama – lama lagi sehingga

Activity (43)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hilda Nafc liked this
Alfiana Nur S liked this
Lala Pulcino liked this
P Dytto Setyawan liked this
Widya Ashada liked this
Anthony D'iphone liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->