Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tempurung

tempurung

Ratings:

4.33

(3)
|Views: 687 |Likes:
Published by taufik|_nh
utk informasi lebih jauh hub Taufik Hp : 081227291898, 081519748765
utk informasi lebih jauh hub Taufik Hp : 081227291898, 081519748765

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: taufik|_nh on Oct 27, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2012

pdf

text

original

 
 TEMPURUNG
SERBUK TEMPURUNG KELAPA ,
SEBUAH PELUANG USAHA YANG TERLUPAKAN!
I.PERMINTAAN PRODUK TEMPURUNG
A.Pengolahan TempurungB.Serbuk Tempurung
Permintaan akan serbuk tempurung terus meningkat dari waktu ke waktu, baikdari luar negeri maupun untuk kebutuhan dalam negeri. Untuk kebutuhan dalamnegeri saja, diperkirakan kekurangan tidak kurang dari 1.200 ton/bulan.Permintaan dalam negeri antara lain untuk Industri Obat Nyamuk di Surabaya,Semarang, Tegal dan Jabotabek.
TEMPURUNG
PIROLISIS
SERBUK 
KERAJINANARANGLIQUID SMOKE
BAHAN INDUSTRI
BRIKET KARBON AKTIFPENGAWET
 
 TEMPURUNG
II.POTENSI KELAPAIndonesia memiliki hamparan perkebunan Kelapa terluas di dunia bersaing dengan Philipina. Namun dari sisi perolehan devisa, Indonesiakalah jauh dari Philipina maupun Negara-negara lain. Hal itu terjadi karenasebagian besar hasil sumberdaya ala mini belum diolah secara maksimal.Bahkan beberapa Negara mengambil mentah bahan Kelapa dari Indonesiauntuk diolah menjadi produk lanjut dengan
value added 
yang tinggi, untukdiekspor kembali termasuk ke Indonesia.Bahkan karena nilai ekonomi yang rendah, maka sebagian besar tanamankelapa di Indonesia tidak tersentuh perhatian yang memadai, darimasyarakat maupun Pemerintah. Tidak cukup ada rehabilitasi, peremajaanmaupun antisipasi terhadap hama tanaman.Di Pulau Jawa, dimana jumlah penduduk seimbang dengan sumberdyakelapa, memang harga kelapa segar relatif tinggi, untuk konsumsilangsung.
 
 TEMPURUNG
Namun di daerah-daerah yang potensi kelapanya jauh lebih besardibanding penduduk, kelapa diolah menjadi kopra dengan tekniktradisional. Di sebagian tempat bahkan hasil kelapa dibiarkan jatuhmembusuk. Karena nilai tambah yang diperoleh dari kopra tidak cukupmenarik secara ekonomi.III.POTENSI TEMPURUNGDi basis-basis Petani Kopra – mulai dari Halmahera sampai Natuna danAceh – hasil samping dari industri Kopra, yakni Tempurung, kebanyakantidak ada pengolahan lanjut. Hanya di beberapa tempat, tempurung diolahmenjadi Arang dengan teknik tradisional dengan nilai tambah yang rendah.Di berbagai tempat, Tempurung itu bertumpuk bertahun-tahun, kalau tidakdibakar begitu saja hanya sekedar untuk membersihkan.Setiap tahun tidak kurang ada 2.600.000 ton tempurung dari perkebunanrakyat; sedangkan dari Perkebunan Negara dan Swasta 60.000 ton. Padasaat yang sama, volume ekspor Arang Tempurung 9.500 ton.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jiko 'van' Java liked this
Sri Rejeki liked this
Siti Hawa Halid liked this
Siti Hawa Halid liked this
Andi Dwi Septian liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->