Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ELEKTRONIKA

ELEKTRONIKA

Ratings: (0)|Views: 360|Likes:
Published by Andy Setiawan

More info:

Published by: Andy Setiawan on Dec 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2012

pdf

text

original

 
ELEKTRONIKA
Elektronika
adalah ilmu yang mempelajari alat listrik  
arus lemah
yang dioperasikan dengan cara mengontrolaliran elektron atau partikel bermuatan listrik  dalam suatu alat seperti komputer,peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor,dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika,sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer,dan ilmu/teknik  elektronika dan instrumentasi.  Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini biasanya disebut sebagai peralatan elektronik (
electronic devices
). Contoh peralatan/ piranti elektronik ini: Tabung Sinar Katoda (
Cathode Ray Tube
, CRT), radio, TV,perekam kaset, perekam kaset video(VCR), perekam VCD,perekam DVD,kamera video, kamera digital, komputer pribadi desk-top, komputer Laptop, PDA (komputer saku), robot, smart card,dll.
o
 
Komponen pasif 
 
Resistor atau tahanan
Resistor
adalah komponen elektronik  dua saluran yang didesain untuk menahan arus listrik  dengan memproduksi penurunan tegangan listrik  di antara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirinya, berdasarkan hukum Ohm:  Resistor digunakan sebagai bagian dari jejaring elektronik dan sirkuit elektronik ,dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam kompon danfilm, bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium). Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik  yang dapat diboroskan. Karakteristik  lain termasuk  koefisien suhu, desah listrik, dan induktansi.  Resistor dapat diintegrasikan kedalam sirkuit hibrida dan papan sirkuit cetak ,bahkan sirkuit terpadu.  Ukuran dan letak kaki bergantung pada desain sirkuit, resistor harus cukup besar secara fisik agar tidak menjadi terlalu panas saat memboroskan daya.
 
Kapasitor atau kondensator
Kondensator
atau sering disebut sebagai
kapasitor
adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik ,dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik .Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday.Kondensator juga dikenal sebagai "kapasitor", namun kata "kondensator" masih dipakai hingga saat ini. Pertama disebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuwan Italia pada tahun 1782 (dari bahasa Itali
condensatore
), berkenaan dengan kemampuan alat untuk menyimpan suatu muatan listrik yang tinggi dibanding komponen lainnya. Kebanyakan bahasa dan negarayang tidak menggunakan bahasa Inggris masih mengacu pada perkataan bahasa Italia "condensatore", bahasa Perancis 
condensateur 
Kondensator 
Condensador 
.
 
a)
 
Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu positif  dan negatif  serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung.
 Lambang kondensator (mempunyai kutub) pada skema elektronika.
 
b)
 
Sedangkan jenis yang satunya lagi kebanyakan nilai kapasitasnya lebih rendah, tidak mempunyaikutub positif atau negatif pada kakinya, kebanyakan berbentuk bulat pipih berwarna coklat, merah,hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju.
 Lambang kapasitor (tidak mempunyai kutub) pada skema elektronika.
 Namun kebiasaan dan kondisi serta artikulasi bahasa setiap negara tergantung pada masyarakat yang lebih sering menyebutkannya. Kini kebiasaan orang tersebut hanya menyebutkan salah satu nama yang palingdominan digunakan atau lebih sering didengar. Pada masa kini, kondensator sering disebut kapasitor(
capacitor 
) ataupun sebaliknya yang pada ilmu elektronika disingkat dengan huruf (
C
).
 
Induktor atau kumparanSebuah
induktor
atau
reaktor
adalah sebuah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk  torus)yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik  yang melintasinya. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya,  dalam satuan Henry. Biasanya sebuah induktor adalah sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan,lilitan membantu membuat medan magnet yang kuat di dalam kumparan dikarenakan hukum induksi Faraday. Induktor adalah salah satu komponen elektronik dasar yangdigunakan dalam rangkaian yang arus dan tegangannya berubah-ubah dikarenakan kemampuaninduktor untuk memproses arus bolak-balik .  Sebuah induktor ideal memiliki induktansi, tetapi tanpa resistansi atau kapasitansi,dan tidak  memboroskan daya. Sebuah induktor pada kenyataanya merupakan gabungan dari induktansi,beberapa resistansi karena resistivitas kawat, dan beberapa kapasitansi. Pada suatu frekuensi, induktordapat menjadi sirkuit resonansi karena kapasitas parasitnya. Selain memboroskan daya pada resistansikawat, induktor berinti magnet juga memboroskan daya di dalam inti karena efek histeresis, dan padaarus tinggi mungkin mengalami nonlinearitas karena penjenuhan.
 
Transformator 
atau transformer atau trafo adalah komponen elektromagnet yang dapat mengubah taraf  suatu tegangan AC ke taraf yang lain. Transformator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik.Tegangan masukan bolak-balik yang membentangi primer menimbulkan fluks magnet yang idealnya semua bersambung dengan lilitan sekunder. Fluks bolak-balik ini menginduksikan GGL dalam lilitan sekunder. Jika efisiensi sempurna, semua daya pada lilitan primer akan dilimpahkan ke lilitan sekunder.
 
 
Jenis-jenis transformator
lambang transformator step-up
Transformator step-up adalah transformator yang memiliki lilitan sekunder lebih banyak daripada lilitanprimer, sehingga berfungsi sebagai penaik tegangan. Transformator ini biasa ditemui pada pembangkit tenagalistrik sebagai penaik tegangan yang dihasilkangeneratormenjadi tegangan tinggi yang digunakan dalamtransmisi jarak jauh.
Step-Down
skema transformator step-down
Transformator step-down memiliki lilitan sekunder lebih sedikit daripada lilitan primer, sehingga berfungsisebagai penurun tegangan. Transformator jenis ini sangat mudah ditemui, terutama dalamadaptorAC-DC. 
 Autotransformator
skema autotransformator

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->