Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pi Pa Nurhadi

Pi Pa Nurhadi

Ratings: (0)|Views: 431|Likes:
Published by farahbee

More info:

Published by: farahbee on Dec 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/14/2011

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang Masalah
Kondisi moneter dan perbankan yang sempat terganggu oleh krisis nilaitukar dan perbankkan amatlah melemahkan keberadaan bank sebagaimediator dana dalam meghidupkan perekonomian yang ada. Semakinkompleksnya permasalahan yang dihadapi dunia perbankkan dewasa initingkat persaingan antar bank semakin meningkat dimana setiap bank dituntut agar dapat tetap sehat memulihkan kinerja.Bank yang tidak dapat melakukan hal tersebut maka secara alami ia akanditinggalkan oleh nasabahnya dan pada akhirnya akan masuk dalamperawatan BPPN (Badan Penyehatan Perbankkan Nasional) dan terkenaprogram restruktursasi oleh pemerintah.
1.2. Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian1.2.1. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang ingin penulis kemukakan adalah melakukananalisa internal dan eksternal dari lingkungan yang selalu berubah-ubah.
1.2.2. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisa internal daneksternal terhadap masalah yang dihadapi bank dalam mengelola sumberdan penggunaan dana.
1.3. Manfaat Penelitian
1. Manfaat AkademisBagi penulis diharapkan dapat mengetahui lebih lanjut tentang masalahyang dihadapi oleh bank dalam menangani dan mengelola sumber danpenggunaan dana.2. Manfaat PraktisSemoga hasil penelitian ini dapat digunakan oleh perbankan sebagaimasukan dan dapat mengetahui masalah-masalah yang dihadapi sebagaidasar pertimbangan untuk perbaikan dimasa yang akan datang.
 
2
1.4. Metode Penelitian1.4.1. Objek Penelitian
Objek dari penelitian adalah berupa data yang menyangkut mengenaiproduk-produk perbankkan seperti giro, tabungan serta analisa strategipemasaran yang dilakukan bank dan analisa ratio keuangan yangdigunakan sebagai salah satu alat dalam mengukur kesehatan perbankkan.
1.4.2. Data/ Variabel
Berdasarkan data yang diperoleh, penulis memperoleh data berupadokumen dan procedure system perbankkan yang terkait didalamnya.
1.4.3. Metode pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalahdengan Studi Pustaka yang mana data diambil dari literature perkuliahan,catatan-catatan yang penulis dapatkan selama perkuliahan, serta buku-bukuyang berkaitan dengan objek penulisan ini.
1.5. Alat Analisis Yang digunakan
Penulis menggunakan alat analisa kualitatif yaitu dengan menggunakanAnalisa SWOT yang berlaku dengan teori-teori yang ada. Sedangkan untuk menganalisa data yang telah didapat, penulis menggunakan analisis yangbersifat deskriptif yakni dengan menggunakan Rasio Keuangan sepertianalisa Liquiditas, Leverage, Aktivitas dan porfitabilitas serta strategipemasaran produk dan pengembangan produk.
 
3
BAB IILANDASAN TEORI2.1 Kerangka Teori2.1.1. Pengertian Bank
Menurut UU No. 10 tahun 1998, Bank adalah badan usaha yangmenghimpun dana dari mastyarakat dalam bentuk simpanan danmenyalurkan kembali kepada masyarakat. Menurut Prof. G.M Verrynstuart, Bank adalah suatu badan yang bertujuan untuk memuaskankebutuhan kredit. Menurut Sommary, Bank adalah suatu badan yangberfungsi sebagai pengambil dan pemberi kredit, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang.
2.1.2. Sumber dan Penggunaan Dana Bank2.1.2.1. Sumber Dana Bank
Dana bank dilihat dari sumbernya terbagi menjadi dana eksteren yaitu danayang dihimpun dari luar bank dan dana intern yaitu dana dari bank itusendiri. Selenjutnya jenis dan sumber dana bank dilihat dari sumbernyamenurut Bank Indonesia dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:
A. Dana Pihak Pertama (Dana dari modal bank sendiri).
Dana yang berasal dari pemilik bank atau para pemegang saham baik pemegang saham sendiri maupun pihak pemegang saham yang ikut dalamusaha bank tersebut pada waktu kemudian. Dana modal sendiri yangterdapat pada neaca sebelah kiri adalah:a. Modal disetor; sejumlah uang yang disetor secara efektif oleh parapemegang saham pada saat didirikan, modal dalam bentuk uang padaumumnya digunakan untuk menarik minat masyarakat.b. Aglo saham; nilai selisih sejumlah uang yang dibayarkan oleh parapemegang saham yang kemudian dibandingkan dengan nilai nominalsaham.c. Cadangan-cadangan; sebagian laba yang disisihkan dalam bentuk cadangan modal dan cadangan lainnya yang digunakan untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya resiko dikemudian hari.d. Laba ditahan; laba milik para pemegang saham yang diputuskan olehmereka sendiri melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) untuk tidak dibagikan sebagai deviden, tetapi dimasukkan kembali kedalam modalkerja untuk biaya operasional bank.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->