Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Michael Faraday

Michael Faraday

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,082 |Likes:
Published by innu al kautsar

More info:

Published by: innu al kautsar on Oct 28, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
 
Michael Faraday (1791-1867) : Penemu Kelistrikan yang Belajar AutodidakDALAM hal kelistrikan, memang banyak tokoh yang telah berpartisipasi. Sebutsaja de Coulomb, Alesandro Volta, Hans C. Cersted, dan Andre Marie Ampere.Mereka ini dianggap "jago-jago" terbaik di bidang listrik. Namun, dari semua itu,orang tak boleh melupakan satu nama yang sangat berjasa dan dikenalsebagai perintis dalam meneliti tentang listrik dan magnet. Dialah MichaelFaraday, seorang ilmuwan asal Inggris.Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1791 di Newington Butts,Inggris. Orang tuanya tergolong keluarga miskin. Ayahnya hanya seorangtukang besi yang harus memberi makan sepuluh anaknya. Tak heran jikaayahnya tak mampu membiayai sekolah anak-anaknya tak terkecuali denganFaraday. Untuk membantu ekonomi keluarga, pada usia 14 tahun Faradaybekerja sebagai penjilid buku sekaligus penjual buku. Di sela-selapekerjaannya ia manfaatkan untuk membaca berbagai jenis buku, terutamailmu pengetahuan alam, fisika, dan kimia.
 
 
Ketika umurnya menginjak 20 tahun, dia mengikuti ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris kenamaan. Salahsatunya adalah Sir Humphry Davy, seorang ahli kimia yang jugakepala laboratorium Royal Institution. Selama mengikuti ceramah,Faraday membuat catatan dengan teliti dan menyalinnya kembalidengan rapi apa yang didengarnya. Kemudian, berkas catatan itu iakirimkan kepada Humphry Davy disertai lamaran kerja. Ternyatasang dosen tertarik dan mengangkat Faraday sebagai asistennya diLaboratorium Universitas terkenal di London. Saat itu dia berusia 21tahun.Di bawah bimbingan Davy, Faraday menunjukkan kemajuan pesat.Awalnya, ia hanya bekerja sebagai seorang pencuci botol. Tetapi,berkat kegigihannya dalam belajar, hanya dalam waktu relatif singkat, ia dapat membuat penemuan-penemuan baru atas hasilkreasinya sendiri, yaitu menemukan dua senyawa klorokarbon danberhasil mencairkan gas klorin dan beberapa gas lainnya. Berkatkepandainnya pula, Faraday dapat berhubungan dengan para ahliternama, seperti Andre Marie Ampere. Di samping itu, ia jugamendapat kesempatan berkeliling Eropa bersama Davy. Padakesempatan itu, Faraday mulai membangun pengetahuannya yangpraktis dan teoretis.
 
 
Davy memiliki pengaruh besar dalam pemikiran Faraday dan telahmengantarkan Faraday pada penemuan-penemuannya. PenemuanFaraday pertama yang penting di bidang listrik terjadi tahun 1821.Dua tahun sebelumnya Oersted telah menemukan bahwa jarummagnet kompas biasa dapat beringsut jika arus listrik dialirkandalam kawat yang tidak berjauhan. Dari temuan ini, Faradayberkesimpulan, jika magnet diketatkan, yang bergerak justrukawatnya. Bekerja atas dasar dugaan ini, dia berhasil membuatsuatu skema yang jelas di mana kawat akan terus-menerusberputar berdekatan dengan magnet sepanjang arus listrik dialirkanke kawat.Sesungguhnya, dalam hal ini Faraday sudah menemukan motor listrik pertama, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untukmembuat sesuatu benda bergerak. Betapa pun primitifnya,penemuan Faraday ini merupakan "nenek moyang" dari semuamotor listrik yang digunakan dunia sekarang ini. Sejakpenemuannya yang pertama pada tahun 1821, Michael Faraday siilmuwan autodidak ini namanya mulai terkenal. Hasil penemuannyadianggap sebagai pembuka jalan dalam bidang kelistrikan.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Popy Purwono liked this
Siti Umairah liked this
ainmangreen liked this
Deka Sagara liked this
wijaya_gede5636 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->