Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
50Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan resmi gerak peluru (M6)

laporan resmi gerak peluru (M6)

Ratings: (0)|Views: 4,235|Likes:
Published by Mentari R. Mukti

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Mentari R. Mukti on Dec 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/05/2013

pdf

text

original

 
1
ABSTRAK
Telah dilakukan percobaan gerak peluru yang bertujuan untuk mempelajari gerak peluru dari suatu benda. Percobaan ini menggunakan prinsipgerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, gerak parabola dan Hukum II Newton. Percobaan ini dilakukan dengan menembakkan peluru dariballistic missile yang dirangkai dengan stop clock dan switch off.
yangdigunakan adalah
dan
. Sudut yang digunakan adalah 25
  
 ,35
  
 ,45
  
 ,55
  
dan65
  
. Sedangkan data yang didapat berupa
  
. Data ini kemudiandigunakan untuk menentukan
dan

. Berdasarkan grafik hubungan antara
 sudut (θ) dan x
 , maka dapat diketahui bahwa gerak peluru adalah parabola.Ketinggian maksimum dan jarak maksimum pada gerak peluru diperoleh padasudut 45°Faktor-faktor yang mempengaruhi gerak peluru adalah besarnyakecepatan awal (
) peluru pada saat lepas dari ballistic missile, besarnya sudut (

dan ketinggian awal (
) saat lepas dari ballistic missile.Keyword: ballistic missile,hokum II newton
 
2
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Pada praktikum gerak peluru (M6) ini akan mempelajari gerak bendadalam satu dimensi dengan membahas terlebih dahuli gerak dua dimensi yangkemudian akan beralih ke hal yang lebih khusus dengan hanya melibatkan satudimensi saja yang biasa ditinjau dari kecepatan, percepatan, dan perpindahan,serta gerak vertikal murni dari benda jatuh yang mendapat percepatan karenaadanya gaya gravitasi. Dapat dilihat pula gerak yang lebih umum dari benda-benda yang bergerak di udara dalam hal dua dimensi di permukaan bumi sepertibola yang dipukul atau dilemparkan pada permainan baseball. Peluru yangditembakkan, bola yang ditendang dan para atlit lompat jauh yang melakukansuatu lompat jauh. Peristiwa-peristiwa seperti diatas merupakan beberapa aplikasidari prinsip gerak peluru.Gerak parabola yang terjadi dikarenakan ketika benda dilemparkandiakibatkan oleh beberapa factor yang akan dipelajari dalam praktikum ini, dan juga hubungan antara faktor-faktor tersebut yang akan dibahas dalam praktikumini. Seperti jarak, tinggi yang dicapai, dan lain-lain.
1.2 Perumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan dihadapi dalam praktikum gerak peluru(M6) ini adalah bagaimana cara untuk mempelajari gerak peluru dari suatu benda.
1.3 Batasan Masalah
Batasan masalah yang akan di analisis dalam praktikum fisika dasar Ipercobaan gerak peluru (M6) ini adalah tinggi maksimum dan kecepatan awalbenda dengan variasi sudut 25
,35
,45
,55
dan 65
dengan sekat di dua dan sekatdi tiga.
 
3
1.4 Tujuan
Tujuan dari praktikum gerak peluru (M6) ini adalah untuk mempelajarigerak peluru dari suatu benda.
1.5 Manfaat
Manfaat dari percobaan gerak peluru (M6) ini ialah mahasiswa dapatmempelajari dan memahami mengenai gerak peluru dan faktor-faktor yangmempengaruhinya.
1.6 Sistematika Penulisan Laporan Resmi
Laporan resmi ini terdiri dari lima bab. Bab I berisi pendahuluan yangmencakup latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat,dan sistematika penulisan laporan resmi. Bab II berisi dasar teori dan uraian yangmendukung percobaan gerak peluru ini. Bab III meliputi metodologi percobaanyang menjelaskan mengenai peralatan dan bahan, langkah-langkah kerja, dan setup alat. Bab IV berisi analisa data, perhitungan, grafik dan pembahasan mengenaipercobaan yang telah dilakukan. Bab V berisi kesimpulan dan saran dari apa yangtelah dikerjakan dalam laporan resmi ini. Pada bagian akhir disertakan daftarpustaka yang berisi referensi dari jurnal dan buku yang digunakan.

Activity (50)

You've already reviewed this. Edit your review.
abdillahroch liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Herman Wattimena liked this
Meri Yuliani liked this
Defa Ristyani liked this
Dwii Anggrainii liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->