Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH PBL 1 Mandiri Bioetika

MAKALAH PBL 1 Mandiri Bioetika

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,599|Likes:
Published by anesty2112

More info:

Published by: anesty2112 on Dec 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/28/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH PBLBLOK 1 SEMESTER 1PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP BIOETIK DALAMTINDAKAN DOKTER
OlehAnesty Claresta102011223 / Kelompok E5a_resta21@yahoo.com
Fakultas Kedokteran Universitas Krida WacanaDKI Jakarta2011
 
PENDAHULUAN
I.
 
Latar Belakang
Di dalam dunia ini, kita sering menemukan masalah dalam menentukan apakahperbuatan yang kita lakukan itu baik atau buruk, benar atau salah. Apabila kita melakukansesuatu yang dianggap salah oleh masyarakat, seringkali tindakan kita tersebut dikatakantidak etis atau tidak sesuai dengan etika. Apakah etika itu? Etika berasal dari kata Yunani
ethos
yang berarti akhlak, adat kebiasaan, watak, perasaan, sikap yang baik, yang layak.Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (Purwadarminta, 1953), etika adalah ilmupengetahuan tentang azas dan akhlak.
1,3,4
Di dalam dunia pekerjaan/profesi, tentunya sangat dibutuhkan etika itu. Di dalamdunia kedokteran kita mengenal istilah etika kedokteran. Etika kedokteran merupakanseperangkat perilaku dokter dalam hubungannya dengan pasien, sesama dokter, keluarga,masyarakat, dan lainnya. Di dalam etika kedokteran, terdapat pula istilah bioetika.
4
Bioetik berasal dari kata
bios
yang berarti kehidupan dan
ethos
yang berarti norma-norma atau nilai-nilai moral. Bioetika atau bioetika medis merupakan studi interdisiplinertentang masalah yang ditimbulkan oleh perkembangan di bidang biologi dan ilmu kedokteranbaik skala mikro maupun makro, masa kini dan masa mendatang.
4
II.
 
Tujuan
 Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :1.
 
Mengetahui definisi dari bioetik dan penjabarannya2.
 
Mengetahui prinsip-prinsip dasar bioetik beserta contoh kasusnya
III.
 
Manfaat
 Manfaat dari penulisan makalah mengenai bioetik ini adalah pembaca diharapkandapat memahami betul mengenai bioetika beserta prinsip-prinsipnya dan dapat menentukanprinsip mana yang digunakan saat menemui sebuah kasus. Penyusun juga mengharapkan agarpenulisan makalah ini dapat memberikan manfaat pembelajaran bagi penyusun sendiri dan juga para pembaca.
 
ISI
Terdapat 4 Prinsip yang merupakan dasar dari bioetika :1.
 
Prinsip Beneficence tindakan dokter yang menguntungkan pasien2.
 
Prinsip Non Maleficence tindakan dokter untuk tidak memperburuk keadaanpasien3.
 
Prinsip Autonomy tindakan dokter yang berdasarkan persetujuan dari pasien pasien yang menentukan tindakan dokter4.
 
Prinsip Keadilan keadilan1.
 
Prinsip Beneficence
 
Prinsip ini miliki arti bahwa seorang dokter dan tenaga medis lainnya harus memenuhikebutuhan pasien dengan mengutamakan keuntungan pasien sebesar-besarnya.Keuntungan dari pasien harus lebih besar daripada kerugian mereka. Dokter harus bekerjadengan semaksimal mungkin untuk membuat pasien puas atas pelayanan kesehatannya.Prinsip ini memiki arti umum untuk memberikan pelayanan dengan mencegah kerugiandan menghilangkan kondisi penyebab kerugian tersebut, dan arti khusus dari prinsip iniadalah memberikan yang terbaik bagi masyarakat secara luas seperti menyelamatkan orangdari bahaya, memberikan vaksinasi, pencegahan penyakit menular,dll. Prinsip ini jugamenekankan pada pengobatan yang murah tetapi tetap memiliki khasiat yang baik dan jugaminimalisasi dari efek samping obat tersebut yang merupakan sebuah kerugian bagipasien.
1,2,5
Contoh dari skenario PBL :
 
Dokter Bagus bertugas dari pagi hari sampai sore hari tetapi tidak menutupkemungkinan ia harus mengobati pasien di malam hari bila ada warga desa yang
membutuhkan pertolongannya”
 
 
“Pak mantri, tolong bikinkan puyer untuk anak ibu ini dan setelah itu tolong jelaskan cara membuat air oralit pada ibu ini”, kata dr.Bagus kepada pak mantri.
 2.
 
Prinsip Non-MaleficenceMaleficence sendiri memiliki arti sifat mencelakakan. Jadi, non-maleficence adalahkebalikannya, yaitu sifat yang tidak mencelakakan atau memperburuk keadaan pasien.Dokter tidak boleh berbuat jahat
(evil)
atau membuat derita
(harm)
pasien. Dokter dituntut

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
dyanaana liked this
Rizalyose Sibul liked this
Kurniadin Yayan liked this
boniet liked this
Fita Candra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->