Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
INTERVENSI CVD

INTERVENSI CVD

Ratings: (0)|Views: 72 |Likes:
Published by Faradisa Rachma

More info:

Published by: Faradisa Rachma on Dec 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUAN ASUHAN KEPERAWATANPADA LANSIADENGAN STOKE NON HEMORAGIK
OLEH :KELOMPOK 61.
 
DESTY TITASARI SAGITARIA (08.321.0073)2.
 
DYAH SWARNITI (08.321.0076)3.
 
NI KOMANG ADY TRI HAPSARI (08.321.0100)4.
 
NI LUH PUTU JANA WATI (08.321.0105)PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI KESEHATAN WIRA MEDIKA PPNI BALI2011
 
LAPORAN PENDAHULUAN ASUHAN KEPERAWATAN PADALANSIA DENGAN STOKE NON HEMORAGIK
A.
 
KONSEP DASAR PENYAKIT
 1.
 
PengertianMenurut WHO, stroke adalah terjadinya gangguan fungsional otak fokalmaupun global secara mendadak dan akut yang berlangsung lebih dari 24 jamakibat gangguan aliran darah otak.Stroke atau cedera cerebrovaskuler adalah kehilangan fungsi otak yangdiakibatkan oleh berhentinya suplai darah ke bagian otak sering ini adalahkulminasi penyakit serebrovaskuler selama beberapa tahun. (Smeltzer C. Suzanne,2002 dalam ekspresiku-blogspot 2008)Stroke adalah manifestasi klinik dari gangguan fungsi serebral, baik fokalmaupun menyeluruh (global), yang berlangsung dengan cepat, berlangsung lebihdari 24 jam, atau berakhir dengan maut, tanpa ditemukannya penyebab selaindaripada gangguan vascular,Berdasarkan etiologinya, stroke dibedakan menjadi :
 
1.
 
Stroke perdarahan atau strok hemoragik 2.
 
Strok iskemik atau stroke non hemoragik Stroke non hemoragik atau yang disebut juga strok iskemik didefinisikan,secara patologis, sebagai kematian jaringan otak karena pasokan darah yang tidak adekuat.Dengan demikian stroke dapat didefinisikan adanya tanda-tanda klinik yangberkembang cepat akibat gangguan fungsi otak fokal (atau global) dengan gejala-gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih disebabkan oleh perdarahanprimer substansi otak yang terjadi secara spontan bukan oleh karena trauma kapitis.Patologis ini menyebabkan perdarahan dari sebuah robekan yang terjadi padadinding pembuluh atau kerusakan sirkulasi serebral oleh oklusi parsial atau seluruhlumen pembuluh darah dengan pengaruh yang bersifat sementara atau permanen.
 
2.
 
EtiologiMenurut Smeltzer (2001) stroke biasanya diakibatkan dari salah satu dariempat kejadian yaitu:a.
 
Trombosis serebralArteriosklerosis serebral dan perlambatan sirkulasi serebral adalah penyebabutama trombosis serebral, yang merupakan penyebab paling umum dari stroke.Tanda-tanda trombosis serebral bervariasi. Sakit kepala adalah awitan yangtidak umum. Beberapa pasien dapat mengalami pusing, perubahan kognitif, ataukejang, dan beberapa mengalami awitan yang tidak dapat dibedakan darihaemorrhagi intracerebral atau embolisme serebral. Secara umum, trombosisserebral tidak terjadi dengan tiba-tiba, dan kehilangan bicara sementara,hemiplegia, atau parestesia pada setengah tubuh dapat mendahului awitanparalisis berat pada beberapa jam atau hari.b.
 
Embolisme serebralEmbolus biasanya menyumbat arteri serebral tengah atau cabang -cabangnya, yang merusak sirkulasi serebral. Awitan hemiparesis atauhemiplegia tiba-tiba dengan afasia atau tanpa afasia atau kehilangan kesadaranpada pasien dengan penyakit jantung atau pulmonal adalah karakteristik dariembolisme serebral.c.
 
Iskemia serebralIskemia serebral (insufisiensi suplai darah ke otak) terutama karenakonstriksi ateroma pada arteri yang menyuplai darah ke otak.d.
 
Haemorhagi serebral1)
 
Haemorhagi ekstradural (haemorrhagi epidural) adalah kedaruratanbedah neuro yang memerlukan perawatan segera. Keadaan ini biasanyamengikuti fraktur tengkorak dengan robekan arteri tengah arteri meningeslain, dan pasien harus diatasi dalam beberapa jam cedera untuk mempertahankan hidup.2)
 
Haemorhagi subdural pada dasarnya sama dengan haemorrhagi epidu ral,kecuali bahwa hematoma subdural biasanya jembatan vena robek. Karenanyaperiode pembentukan hematoma lebih lama dan menyebabkan tekanan padaotak. Beberapa pasien mungkin mengalami haemorrhagi subdural kronik tanpa menunjukkan tanda atau gejala.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->