Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
STRUKTUR TEORI AKUNTANSI

STRUKTUR TEORI AKUNTANSI

Ratings: (0)|Views: 920|Likes:
Published by jiahhhh

More info:

Published by: jiahhhh on Dec 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2013

pdf

text

original

 
 1
PAPER DARI KELOMPOK 6Defi Indriani (08121002)Kukuh Suwandi Putro (08121013 )
 
STRUKTUR TEORI AKUNTANSI
1.
 
Hakikat Dari Struktur Teori Akuntansi
Apapun pendekatan dan metodologi yang digunakan dalam formulasi suatu teori akuntansi (deduktif atauinduktif, normatif atau deskriptif), kerangka referensi yang dihasilkan didasarkan pada`sekelompok elemen danhubungan yabg mengatur perkembangan teknik akuntansi. Struktur dari suatu teori akuntansi teerdiri dari elemen-elemen berikut ini :
2.
 
Hakikat Dari Dalil, Konsep Teoritis, Dan Prinsip-Prinsip AkuntansiA. Dalil Akuntansi (
 accounting postulate
)
Dalil akuntansi adalah pernyataan atau aksioma yang sangat jelas, umumnya diterima berdasarkankesesuaiannya terhadap tujuan laporan keuangan, yang menggambarkan lengkungan ekonomi, politik, sosial, danhukum dimana akuntansi harus beroperasi. Dalil-dalil akuntansi antara lain :1)
 
Dalil Entitas (
entity postulate
)Dalil Entitas menganggap bahwa setiap perusahaan adalah suatu unit akuntansi yang terpisah dan berbeda daripemiliknya dan dari perusahaan-perusahaan lain.2)
 
Dalil Kelangsungan Usaha (
going concern postulate)
 Dalil Kelangsungan Usaha atau dalil kontinuitas menganggap bahwa entitas bisnis akan melanjutkan operasinyacukup lama untuk merealisasikan proyek, komitmen, dan aktivitasnya yang berkelanjutan.3)
 
Dalil Unit Pengukuran (
unit of-measure postulate
)Dalil Unit Pengukuran menganggap bahwa akuntansi adalah proses pengukuran dan pengomunikasian aktivitasperusahaan yang dapat diukur dalam satuan uang.4)
 
Dalil Periode Akuntansi (
accounting-period postulate
)Dalil Periode Akuntansi menganggap bahwa laporan keuangan yang menggambarkan perubahan dalam kekayaanperusahaan sebaiknya diungkapkan secara periodik.1.Tuuan dari laoran keuangan2a.Dalil-dalil akuntansi 2b.Konse teoritis dari akuntansi3.Prinsi-rinsi akuntansi4.Teknik-teknik akuntansi
 
 2
B. Konsep Teoritis Akuntansi (
 thoeretical concept
)
Konsep teoritis dari akuntansi juga merupakan pernyataan atau aksioma yang sangat jelas, umumnyaditerima berdasarkan kesesuaiannya terhadap tujuan laporan keuangan, yang menggambarkan hakikat dari entitasakuntansi yang beroperasi dalam suatu perekonomian bebas yang ditandai oleh kepemilikan pribadi atas properti.1)
 
Teori Kepemilikan (
 proprietary theory
)
Tujuan utama dari teori kepemilikan adalah penentuan dan analisis dari “ kekayaan bersih “ (net worth) pemilik,oleh
karena itu persamaan akuntansinya adalah :2)
 
Teory Entitas (
entity theory
)Teory Entitas memandang entitas sebagai suatu yang terpisah dan berbeda dari mereka yang menyediakan modalbagi entitas tersebut. Sederhananya unit bisnis dan bukannya pemilik yang menjadi pusat dari kepentinganakuntansi. Unit bisnis memiliki sumber daya perusahaan dan bertanggung jawab atas klaim pemilik maupun klaimkreditor. Oleh karena itu, persamaan akuntansinya adalah :3)
 
Teory Dana (
 fund theory
)Dalam teori dana, dasar akuntansi bukanlah pemilik entitas, melainkan sekelompok aktiva dan kewajiban sertapembatasan yang terkait, yang disebut dana, yang mengatur penggunaan aktiva tersebut. Dengan demikian teoridana memandang unit bisnis sebagai unit yang terdiri atassumber daya (dana) ekkonomi dan kewajiban sertapembatasan yang terkait dengan penggunaan dari sumber daya ini. Persamaan akuntansinya adalah :
C. Prinsip-Prinsip Akuntansi (
 accounting principles
)
Prinsip-prinsip akuntansi adalah aturan pengambilan keputusan umum, yang diturunkan baik dari tujuanmaupun konsep teoritis akuntansi yang mengatur pengembangan teknik-teknik akuntansi.1)
 
Prinsip BiayaMenurut prinsip biaya (
cost principle
), biaya perolehan/akuisisi (
acquistion cost 
) atau biaya historis adalahdasar penilaian yang sesuai untuk mengkui akuisisi dari seluruh barang dan jasa, beban, biaya, dan ekuitas. APBStatement No.4 mendefinisikan biaya sebagai berikut : Biaya (
cost 
) adalah jumlah yang diukur dalam uang, dari kasyang dikeluarkan atau properti lain yang ditransfer, modal saham yang dikeluarkan, jasa yang diberikan,ataukewajiban yang terjadi, dalam hubungannnya dengan barang atau jasa yang telah diterima. Biaya (dan atauaktiva) yang belum habis masa berlakunya adalah biaya (dan atau aktiva) yang berkaitan dengan produksipendapatan masa depan. Biaya yang sudah habis masa berlakunya tidak berkaitan dengan produksi pendapatandimasa depan, dan oleh karena itu deperlakukan sebagai pengurang dari pendapatan sekarang atau dibebankanterhadap laba ditahan.2)
 
Prinsip PendapatanPrinsip pendapatn (
revenue principle
) menspesifikasi :
Aktiva
 – 
Kewajiban = Ekuitas Pemilik Aktiva = Ekuitas Pemilik Aktiva = Kewajiban + Ekuitas Pemegang SahamAktiva = Pembatasan Aktiva
 
 3
 
Hakikat dari komponen-komponen pendapatan
 
Pengukuran pendapatan
 
Penentuan waktu dari pengakuan pendapatan3)
 
Prinsip PengaitanPrinsip Pengaitan (
matching principle
) menganggap bahwa beban sebaiknya diakui dalam periode yangsama dengan pendapatan terkait yaitu pendapatan diakui dalam suatu periode tertentu menurut prinsip pendapatan,dan beban terkait kemudian diakui.4)
 
Prinsip Objektivitas5)
 
Prinsip KonsistensiPrinsip Konsistensi (
consistency principle
) menganggap bahwa kejadian ekonomi yang serupa dicatat dandilaporkan dengan cara yang konsisten dari periode ke periode. Prinsip konsistensi tidak menghalangi suatuperusahaan untuk mengubah prosedur akuntansinya ketika hal tersebut dibenarkan oleh situasi yang berubah, atau jika prosedur alternatif lebih baik (aturan preferensi). Sesuai dengan APB Opinion No.20 perubahan yangmembenarkan perubahan dalam prosedur adalah :
 
Perubahan dalam prinsip-prinsip akuntansi
 
Perubahan dalam estimasi akuntansi
 
perubahan dalam entitas pelaporan6)
 
Prinsip Pengungkapan PenuhPengungkapan penuh (
 full disclousure
) mengharuskan laporan keuangan dirancang dan disusun untuk menggambarkan secara akrual kejadia-kejadian ekonomi yang telah mempengaruhi perusahaan selama periodeberjalan dan supaya mengandung informasi yang mencukupi guna membuatnya berguna dan tidak menyesatkanbagi investor kebanyakan.7)
 
Prinsip KonservatismePrinsip konservatisme (
conservatism principle
) adalah suatu prinsip pengecualian atau modifikasi dalamhal bahwa prinsip tersebut bertindak sebagai batasan terhadap penyajian data akuntansi yang relevan dan andal.8)
 
Prinsip MaterialitasPrinsip Materialitas adalah suatu prinsip pengecualian atau modifikasi. Prinsip tersebut menganggap bahwaTransaksi dan kejadian yang memiliki dampak ekonomi yang tidak signifikan dapat ditangani secara sangat cepat,tanpa mempedulikan apakah hal tersebut sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum atau tidak.9)
 
Prinsip Keseragaman dan KompabrabilitasPrinsip keseragaman mengacu pada penggunaan prosedur yang sama oleh perusahaan
 – 
perusahaan yangBerbeda . Tujuan yang diinginkan adalah untuk mencapai komparabilitas laporan keuangan dengan mengurangikeragaman yang diciptakan oleh penggunaan prosedur akuntansi yang berbeda oleh perusahaan
 – 
perusahaan yangberbeda.10)
 
Prinsip Ketepatan Waktu Dari Laba dan Konservatisme AkuntansiKetepatan waktu dari laba akuntansi ( timeliness of accounting earnings ) telah didefinisikan sebagai sejauhmana laba akuntansi periode sekarang memasukkan laba ekonomi periode sekarang. Sementara laba ekonomi( economic income ) dan laba akuntansi (accounting income) yang dijumlahkan selama umur dari perusahaanadalah identik, keduanya berbeda dalam jangka pendek. Laba ekonomi segera mengakui perubahan dalam perkiraan
nilai sekarang atas arus kas masa depan, sementara laba akuntansi menggunakan prinsip “pengakuan” untuk 
memasukkan perubahan yang sama secara perlahan
 – 
lahan sejalan dengan waktu.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
SammyMikey liked this
Lia Herliani liked this
Raisa Pratiwi liked this
Meicco Siyupa liked this
Ichsan Oke liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->