Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Skripsi Penjualan swalayan Menggunakan Visual Basic6 6.0

Skripsi Penjualan swalayan Menggunakan Visual Basic6 6.0

Ratings: (0)|Views: 1,648 |Likes:
Published by Emo^_^cute

More info:

Published by: Emo^_^cute on Dec 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
ABSTRAKANIK YHULAIKAH
, Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 dalam Pembuatan Basis DataSistem Penjualan di Swalayan Luwes Pati, Tugas Akhir, Statistika Terapan danKomputasi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri SemarangSwalayan merupakan salah satu bentuk dari organisasi yang di dalamnya terdapatkegiatan jual beli barang, di mana semuanya berada di bawah tanggung jawab padaseorang manajer toko. Untuk itulah pengorganisasian dengan perancangan basis datadapat menjawab pertanyaan yang muncul. Dalam hal pendataan Swalayan Luwes masihdibilang sederhana, di mana masih menggunakan catatan buku. Maka dari itu penulismemberikan solusi menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0 denganaplikasinya untuk membantu pendataan secara komputerisasi yang lebih efektif danefisien. Dapat dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana penerapan program MicrosoftVisual Basic 6.0 sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan di Swalayan LuwesPati. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menerapkan Microsoft Visual Basic6.0 dalam pembuatan sistem penjualan di Swalayan Luwes Pati.Pengembangan sistem penjualan dibuat melalui lima tahapan yaitu studikelayakan, rencana pendahuluan, analisis sistem, perancangan sistem dan implementasi.Metode yang digunakan untuk mendapatkan data dalam pembuatan sistem penjualanyaitu dengan metode observasi, dan metode literatur.Hasil kegiatan studi kelayakan didapatkan bahwa Swalayan Luwes dalammenjalankan kegiatannya terbagi dalam tiga bagian yaitu bagian gudang, administrasidan bagian penjualan. Pada tahap rencana pendahuluan proses pembuatan sistempenjualan dimulai dengan pembuatan diagram alir konteks. Pada tahap analisis sistemmerupakan tahap lanjutan dari rencana pendahuluan yaitu dengan menjabarkan sistempenjualan ke arah yang lebih detail. Pada tahap implementasi merupakan tahappembuatan kode program dan cara kerja program.Simpulan dari penelitian ini adalah, penerapan program sistem informasi dapatdiawali dengan tahap sosialisasi program kepada karyawan pada bagian penjualan. Tahapsosialisasi tersebut meliputi pengenalan Software Mocrosoft Visual Basic, carapemakaian aplikasi program, dan pembuatan buku panduan pemakaian aplikasi programsistem penjualan. Dengan diadakannya tahap sosialisasi diharapkan karyawan padabagian penjualan mampu menerapkan aplikasi sistem penjualan secara efektif untuk kepentingan Swalayan Luwes Pati.
 
MOTTO DAN PERSEMBAHANMOTTO
 
 
“Genius 1% ilham 99% kerja keras”.
 
“Pengalaman adalah guru yang berharga dalam hidup”.
 
“Orang yang menanam pohon berarti menanam harapan, tapi menanam pohonbukan untuk kita sendiri melainkan milik generasi muda”(Cerillus.P).
 
“Orang pintar pandai menemukan sesuatu, orang bodoh pandai menyebarkannya”. (Plato)
PERSEMBAHAN
 
 
papa dan Mama yang selalu mengasihiku;
 
adikku Wiwin dan kakakku Agus;
 
kekasihku yang selalu aku sayangi;
 
teman-temanku staterkomp’02;
 
anak-anak kos “ Wisma ayu”;
 
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat danhidayah-Nya karena penulis dapat menyelesaikan Laporan Tugas Akhir (TA) ini dengantepat waktu. Penulis menyusun TA ini sebagai syarat kelulusan Diploma III StatistikaTerapan dan Komputasi.Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan TA ini tidak lepas daribantuan semua pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis menyampaikanterima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan setinggi-tingginya kepada.1.
 
Drs. Kasmadi, M.Si, Dekan FMIPA UNNES.2.
 
Drs. Supriyono, M.Si, Ketua jurusan Matematika FMIPA UNNES.3.
 
Dra. Nurkharomah D, M.Si, Ketua Program Studi Statistika Terapan dan Komputasi.4.
 
Prof. Dr. Y.L. Sukestiyarno, M.S., selaku dosen pembimbing Utama.5.
 
Drs. Amin Suyitno. M.Pd, selaku dosen Pembimbing Pembantu6.
 
Agus Ariyanto, SH, Kepala Personalia Swalayan Luwes7.
 
Semua Pihak yang telah membantu penyusunan Tugas Akhir ini, baik secaralangsung maupun tidak langsung.Semoga dengan semua jasa dan bantuan yang telah diberikan mendapatkanbalasan dari Allah SWT.Akhirnya penulis berharap semoga laporan TA ini beramanfaat bagi semua pihak yangmembutuhkan.Semarang, Agustus 2005Penulis

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Endriko Putra liked this
Endriko Putra liked this
Endriko Putra liked this
Hasanudin Cristiano added this note
jnj
Tyna Soares liked this
Little Turtle liked this
Ah Mas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->