Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perjanjian internasional

perjanjian internasional

Ratings: (0)|Views: 793 |Likes:
Published by jpesiwarissa

More info:

Published by: jpesiwarissa on Dec 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2013

pdf

text

original

 
A. Makna Perjanjian Internasional
Perjanjian internasional adalah perjanjian diadakan oleh subjek-subjekhukum internasional dan bertujuan untuk melahirkan akibat-akibat hukumtertentu. Contoh perjanjian internasional adalah perjanjian yang dibuat olehnegara dengan negara lain, negara dengan organisasi internasional,organisasi internasional dengan organisasi internasional lain, serta TahtaSuci dengan negara.Pengertian perjanjian internasional, diantaranya adalah sebagai berikut :1.Konvensi Wina 1969, perjanjian internasional adalah perjanjian yangdiadakan oleh dua negara atau lebih yang bertujuan untu mengadakanakibat-akibat hukum tertentu.2.Konvensi Wina 1986, Perjanjian internasional sebagai persetujuaninternasional yang diatur menurut hukum internasional dan ditandatangani dalam bentuk tertulis antara satu negara atau lebih dan antarasatu atau lebih organisasi internasional, antarorganisasi internasional.3.UU No 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, perjanjianinternasional adalah perjanjian dalam bentuk dan sebutan apapunyang diatur oleh hukum internasional dan dibuat secara tertulis olehpemerintah RI dengan satu atau lebih negara, organisasi internasionalatau subjek hukum internasional lainnya, serta menimbulkan hak dankewajiban pada pemerintah RI yang bersifat hukum publik.4.UU No. 24 Tahun 2000 tentang Perjanjian Internasional, perjanjianinternasional adalah perjanjian dalam bentukdan nama tertentu yangdiatur dalam hukum internasional yang dibuat secara tertulis sertamenimbulkan hak dan kewajiban di bidang hukum publik.5.Oppenheimer-LauterpactPerjanjian internasional adalah suatu persetujuan antarnegara yangmenimbulkan hak dan kewajiban diantara pihak-pihak yangmengadakan.
PERJANJIAN INTERNASIONAL
 
1
 
6.Dr. B. SchwarzenbergerPerjanjian internasional adalah persetujuan antara subjek hukuminternasional yang menimbulkan kewajiban-kewajiban yang mengikatdalam hukum internasional, dapat berbentuk bilateral maupunmultilateral. Adapun subjek hukum yang dimaksud adalah lembaga-lembaga internasional dan negara-negara.7.Prof. Dr. Muchtar Kusumaatmaja, S.H. LLMPerjanjian internasional adalah perjanjian yang diadakan antarbangsayang bertujuan untuk menciptakan akibat-akibat tertentu.Kerjasama internasional secara hukum diwujudkan dalam bentukperjanjian internasional, yaitu negara-negara dalam melaksanakanhubungan atau kerjasamanya membuat perjanjian internasional.Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, disimpulkan bahwa perjanjianinternasional adalah perjanjian yang dilakukan oleh subjek-subjek hukuminternasional dan mempunyai tujuan untuk melahirkan akibat-akibat hukumtertentu.Perjanjian antarbangsa atau yang sering disebut sebagai perjanjianinternasional merupakan persetujuan internasional yang diatur olehhubungan internasional serta ditandatangani dalam bentuk tertulis. Contohperjanjian internasional diantaranya adalah antarnegara atau lebih,antarorganisasi internasional atau lebih, dan antarorganisasi internasional.Perjanjian internasional pada hakekatnya merupakan suatu tujuan atauagreement. Bentuk perjanjian internasional yang dilakuka antarbangsamaupun antarorganisasi internasional ini tidak harus berbentuk tertulis.Dalam perjanjian internasional ini ada hukum yang mengatur perjanjiantersebut. Dalam perjanjian internasional terdapat istilah subjek dan obyek. Yang dimaksud subjek perjanjian internasional adalah semua subjek hukuminternasional, terutama negara dan organisasi internasional. Sedangkanyang dimaksud dengan obyek hukum internasional adalah semua
PERJANJIAN INTERNASIONAL
2
 
kepentingan yang menyangkut kehidupan masyarakat internasional,terutama kepentingan ekonomi, sosial, politik, dan budaya.
B. Macam-Macam Perjanjian Internasional
Perjanjian internasional sebagai sumber formal hukum internasionaldapat diklasifikasikan sebagai berikut.1. Berdasarkan Isinya, yaitu :a) Segi politis, seperti pakta pertahanan dan fakta perdamaian.b) Segi ekonomi, seperti bantuan ekonomi dan bantuan keuangan.c) Segu hukumd) Segi batas wilayahe) Segi kesehatan.Contoh :- NATO, ANZUS, dan SEATO- CGI, IMF, dan IBRD2.Berdasarkan Proses/ Tahapan Pembuatannya, yaitu :a)Perjanjian bersifat penting yang dibuat melalui proses perundingan,penandatanganan, dan ratifikasi.b)Perjanjian bersifat sederhana yang dibuat melalui dua tahap, yaituperundingan dan penandatanganan.Contoh :- Status kewarganegaraan Indonesia-RRC, ekstradisi.- Laut teritorial, batas alam daratan.- Masalah karantina, penanggulangan wabah penyakit AIDS.3. Berdasarkan Subjeknya, yaitu :a)Perjanjian antarnegara yang dilakukan oleh banyak negara yangmerupakan subjek hukum internasional.
PERJANJIAN INTERNASIONAL
 
3

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
aal liked this
Maulida Rima liked this
Clara Nak Mandja liked this
magnifiqo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->