Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
penyakit gizi lebih

penyakit gizi lebih

Ratings: (0)|Views: 198 |Likes:
Published by Rizkia Dara Febrina

More info:

Published by: Rizkia Dara Febrina on Dec 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2014

pdf

text

original

 
0
PAPER PATOLOGI MANUSIA
PENYAKIT GIZI LEBIH
 
RIZKIA DARA FEBRINA
2BPOLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA IIJURUSAN GIZI
 
1
DAFTAR ISI
a.
 
Batu ginjal (Penyakit kelebihan kalsium)b.
 
Diare (Penyakit kelebihan vitamin C)c.
 
Diabetes Mellitus (Penyakit kelebihan karbohidrat)
 
d.
 
Edema (Penyakit kelebihan natrium)e.
 
Fluorosis (Penyakit kelebihan fluor)f.
 
Hemokromatosis (Penyakit kelebihan zat besi)g.
 
Hiperkalemia (Penyakit kelebihan kalium)h.
 
Hiperlipidemia (Penyakit kelebihan lemak)i.
 
Hipermagnesemia (Penyakit kelebihan magnesium)j.
 
Hipernatrenia (Penyakit kelebihan natrium)k.
 
Obesitas (Penyakit kelebihan lemak)l.
 
Overhidrasi (Penyakit kelebihan cairan)m.
 
Penyakit Wilson (Penyakit kelebihan tembaga)n.
 
Tremor (Penyakit kelebihan mangan)
 
2
a.
 
Batu Ginjal (Penyakit Kelebihan Kalsium)
Batu Ginjal
di dalamsaluran kemih(kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang
 
terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan,penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal)
 
maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini
 
disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).
Gejala
Batu, terutama yang kecil, bisa tidak menimbulkan gejala. Batu di dalam kandung kemihbisa menyebabkan nyeri di perut bagian bawah. Batu yang menyumbat ureter,pelvisrenalis maupun tubulus renalis bisa menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis (nyerikolik yang hebat). Kolik renalis ditandai dengan nyeri hebat yang hilang-timbul, biasanya didaerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluandan paha sebelah dalam. Gejala lainnya adalah mual dan muntah, perut menggelembung,demam, menggigil dandarahdi dalam air kemih. Penderita mungkin menjadi seringberkemih, terutama ketika batu melewati ureter. Batu bisa menyebabkan infeksi salurankemih. Jika batu menyumbat aliran kemih, bakteri akan terperangkap di dalam air kemihyang terkumpul diatas penyumbatan, sehingga terjadilah infeksi. Jika penyumbatan iniberlangsung lama, air kemih akan mengalir balik ke saluran di dalam ginjal, menyebabkanpenekanan yang akan menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya bisaterjadi kerusakan ginjal.
Diagnosa
Batu yang tidak menimbulkan gejala, mungkin akan diketahui secara tidak sengaja padapemeriksaan analisa air kemih rutin (urinalisis). Batu yang menyebabkan nyeri biasanyadidiagnosis berdasarkan gejala kolik renalis, disertai dengan adanya nyeri tekan dipunggung dan selangkangan atau nyeri di daerah kemaluan tanpa penyebab yang jelas.Analisa air kemih mikroskopik bisa menunjukkan adanya darah, nanah atau kristal batuyang kecil. Biasanya tidak perlu dilakukan pemeriksaan lainnya, kecuali jika nyeri menetaplebih dari beberapa jam atau diagnosisnya belum pasti. Pemeriksaan tambahan yang bisamembantu menegakkan diagnosis adalah pengumpulan air kemih 24 jam dan pengambilancontoh darah untuk menilai kadar kalsium, sistin, asam urat dan bahan lainnya yang bisamenyebabkan terjadinya batu. Rontgen perut bisa menunjukkan adanyabatukalsiumdanbatu struvit.Pemeriksaan lainnya yang mungkin perlu dilakukan adalah urografi intravena dan urografi retrograd.
Pengobatan
Batu kecil yang tidak menyebabkan gejala, penyumbatan atau infeksi, biasanya tidak perludiobati. Minum banyak cairan akan meningkatkan pembentukan air kemih dan membantumembuang beberapa batu; jika batu telah terbuang, maka tidak perlu lagi dilakukanpengobatan segera. Kolik renalis bisa dikurangi dengan obat pereda nyeri golongannarkotik. Batu di dalam pelvis renalis atau bagian ureter paling atas yang berukuran 1sentimeter atau kurang seringkali bisa dipecahkan oleh gelombang ultrasonik (extracorporeal shock wave lithotripsy, ESWL). Pecahan batu selanjutnya akan dibuangdalam air kemih. Kadang sebuah batu diangkat melalui suatu sayatan kecil di kulit (percutaneous nephrolithotomy, nefrolitotomi perkutaneus), yang diikuti denganpengobatan ultrasonik. Batu kecil di dalam ureter bagian bawah bisa diangkat denganendoskopi yang dimasukkan melalui uretra dan masuk ke dalam kandung kemih. Batu asam

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rico Aditya liked this
Heni Kurniawati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->