Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pendayagunaan Sumber Daya Air

Pendayagunaan Sumber Daya Air

Ratings: (0)|Views: 947 |Likes:
Published by Rizky Hadijah Fahmi
Ada berbagai macam pendayagunaan sumber daya air, diantaranya:
1. Air Minum
2. Hydropower
3. Irigasi
4. Industri
5. Navigasi
6. Wisata
Ada berbagai macam pendayagunaan sumber daya air, diantaranya:
1. Air Minum
2. Hydropower
3. Irigasi
4. Industri
5. Navigasi
6. Wisata

More info:

Published by: Rizky Hadijah Fahmi on Dec 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

 
Pengembangan Sumber Daya Air
 
2011
1
Kelompok II 
PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA AIR
Pendayagunaan sumber daya air dilakukan melalui kegiatan penatagunaan, penyediaan,penggunaan, pengembangan, dan pengusahaan sumber daya air dengan mengacu pada polapengelolaan sumber daya air yang ditetapkan pada setiap wilayah sungai.Pendayagunaan sumber daya air ditujukan untuk memanfaatkan sumber daya air secaraberkelanjutan dengan mengutamakan pemenuhan kebutuhan pokok kehidupan masyarakat secaraadil.Pendayagunaan sumber daya air sebagaimana dimaksud di atas dikecualikan padakawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam.Pendayagunaan sumber daya air diselenggarakan secara terpadu dan adil, baik antarsektor, antarwilayah maupun antarkelompok masyarakat dengan mendorong pola kerjasama.Pendayagunaan sumber daya air didasarkan pada keterkaitan antara air hujan, airpermukaan, dan air tanah dengan mengutamakan pendayagunaan air permukaan.Setiap orang berkewajiban menggunakan air sehemat mungkin.Pendayagunaan sumber daya air dilakukan dengan mengutamakan fungsi sosial untuk mewujudkan keadilan dengan memperhatikan prinsip pemanfaat air membayar biaya jasapengelolaan sumber daya air dan dengan melibatkan peran masyarakat.
 
Pengembangan Sumber Daya Air
 
2011
2
Kelompok II 
Pengaturan Hak Atas AirPengaturan hak atas air diwujudkan melalui penetapan hak guna air, yaitu hak untuk memperoleh dan memakai atau mengusahakan air untuk berbagai keperluan. Hak guna airdengan pengertian tersebut bukan merupakan hak pemilikan atas air, tetapi hanya terbatas padahak untuk memperoleh dan memakai atau mengusahakan sejumlah (kuota) air sesuai denganalokasi yang ditetapkan oleh pemerintah kepada pengguna air, baik untuk yang wajibmemperoleh izin maupun yang tidak wajib izin. Hak guna air untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari¬hari, pertanian rakyat, dan kegiatan bukan usaha disebut dengan hak guna pakai air,sedangkan hak guna air untuk memenuhi kebutuhan usaha, baik penggunaan air untuk bahanbaku produksi, pemanfaatan potensinya, media usaha, maupun penggunaan air untuk bahanpembantu produksi, disebut dengan hak guna usaha air. Jumlah alokasi air yang ditetapkan tidak bersifat mutlak dan harus dipenuhi sebagaimana yang tercantum dalam izin, tetapi dapat ditinjaukembali apabila persyaratan atau keadaan yang dijadikan dasar pemberian izin dan kondisiketersediaan air pada sumber air yang bersangkutan mengalami perubahan yang sangat berartidibandingkan dengan kondisi ketersediaan air pada saat penetapan alokasi.Kebutuhan Masyarakat Terhadap AirKebutuhan masyarakat terhadap air yang semakin meningkat mendorong lebihmenguatnya nilai ekonomi air dibanding nilai dan fungsi sosialnya. Kondisi tersebut berpotensimenimbulkan konflik kepentingan antarsektor, antarwilayah dan berbagai pihak yang terkaitdengan sumber daya air. Di sisi lain, pengelolaan sumber daya air yang lebih bersandar padanilai ekonomi akan cenderung lebih memihak kepada pemilik modal serta dapat mengabaikanfungsi sosial sumber daya air. Berdasarkan pertimbangan tersebut undang¬undang ini lebihmemberikan perlindungan terhadap kepentingan kelompok masyarakat ekonomi lemah denganmenerapkan prinsip pengelolaan sumber daya air yang mampu menyelaraskan fungsi sosial,lingkungan hidup, dan ekonomi.
 
Pengembangan Sumber Daya Air
 
2011
3
Kelompok II 
1.
 
AIR MINUM
( Oleh : Yanti Destisari / Idar Gembira Deden Yahya )
Air minum adalahairyang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemenkesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandungmikroorganismeyang berbahaya, dan tidak mengandunglogam berat.Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhisyarat kesehatan dan dapat langsung di minum (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun2002).Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat risiko bahwa airini telah tercemar olehbakteri(misalnyaEscherichia coli)atau zat-zat berbahaya. Bakteri dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, namun banyak zat berbahaya,terutama logam, yang tidak dapat dihilangkan dengan cara ini. Saat ini terdapat krisis air minumdi berbagainegara berkembangdi dunia akibat jumlah penduduk yang terlalu banyak danpencemaran air.Air merupakan kebutuhan utama mahluk hidup. Air juga dibutuhkan oleh manusia tidak hanya sebagai bahan baku tetapi juga dibutuhkan sebagai media produksi, sebagai air irigasiuntuk keperluan budidaya pertanian, sebagai media produksi industri dan tenaga listrik. Air yangada di bumi ini tidak hanya dibutuhkan oleh manusia tetapi juga oleh alam guna menjagastabilitas ekosistemnya. Dalam suatu sistem sungai, selain untuk mencukupi kebutuhan hidupmanusia, air juga dibutuhkan untuk menjaga stabilitas sungai dengan kemampuan untuk membawa dan mengendapkan sedimen, untuk menjaga kualitas lingkungan dan lain-lain. Olehkarena itu keberadaan air dalam kuantitas, kualitas dan waktu tertentu sangat diharapkan gunamenjamin kelestarian hidup manusia dan lingkungan.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 thousand reads
1 hundred reads
Kartini Idris liked this
dzikryaulia liked this
vertikalalinemen liked this
HenDrix ODe liked this
Yuddi Yudistira liked this
Erigas Ekaputra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->