Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Logam Berat Adalah Bahan

Logam Berat Adalah Bahan

Ratings: (0)|Views: 45 |Likes:
Published by Eny Yuniy

More info:

Published by: Eny Yuniy on Dec 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2011

pdf

text

original

 
Logam berat adalah bahan-bahan alami yang berasal dan termasuk bahanpenyusun lapisan tanah bumi. Logam berat tidak dapat diurai atau dimusnahkan.Logam berat dapat masuk ke dalam tubuh mahluk hidup melalui makanan, airminum, dan udara. Logam berat berbahaya karena cenderung terakumulasi didalam tubuh mahluk hidup. Laju akumulasi logam-logam berat ini di dalam tubuhpada banyak kasus lebih cepat dari kemampuan tubuh untuk membuangnya.Akibatnya keberadaannya di dalam tubuh semakin tinggi, dan dari waktu kewaktu memberikan dampak yang makin merusak.Beberapa definisi terkait logam berat telah diusulkan oleh para ahli, ada yangmendasarkan pada densitas, ada yang mendasarkan pada nomor atom atauberat atom, dan definisi yang lain lagi menggolongkan logam berat iniberdasarkan sifat toxic nya.Definisi yang umum digunakan saat ini menggolongkan logam berat sebagaigolongan logam yang memiliki densitas melebihi 5,000 kg/m3. Pada dasarnyamahluk hidup juga memerlukan logam berat dengan jumlah takaran yangbervariasi. Manusia misalnya membutuhkan iron, cobalt, copper, manganese,molybdenum, dan zinc pada jumlah tertentu. Akan tetapi, pada jumlah berlebih,keberadaan logam berat tersebut mengakibatkan dampak yang merusak padaorgan tubuh.Saat ini para ahli mulai mengklasifikasikan jenis-jenis logam berat terutama yangperlu menjadi fokus perhatian paling tinggi untuk dikendalikan keberadaannya dilingkungan. Logam-logam berat tersebut diantaranya adalah Ag, As, Cd, Co, Cr,Cu, Hg, Mn, Mo, Ni, Pb, Sn, dan Ti.Beberapa dari logam berat ini , pada takaran jumlah yang sedikit, sebenarnyaberguna bagi mahluk hidup (Co, Cu, Cr, Ni) dan beberapa yang lain bersifatkarsinogen (penyebab cancer) atau beracun/ berefek negatif pada organ-organtertentu, seperti pada sistem saraf pusat (Hg, Pb, As), organ ginjal atau liver (Hg,Pb, Cd, Cu), serta kulit, tulang, atau gigi (Ni, Cd, Cu, Cr). Dalam bahasan kali ini,akan diurai tiga polutan utama logam berat di lingkungan yaitu Lead (Pb),Mercury (Hg) dan Cadmium (Cd)
Lead , “Timbal”
Pada manusia, timbal dapat mengakibatkan bermacam-macam dampak biology,bergantung pada tingkatan dan durasi terpaannya. Dampak yang bervariasiterjadi pada rentang dosis yang luas, dimana janin dan bayi lebih rentan terkenadampak dibanding manusia dewasa. Terpaan pada tingkat yang tinggi dapat mengakibatkan dampak keracunanbiokimia pada manusia, yang selanjutnya dapat mengarah pada berbagaiproblem seperti mengganggu proses sintesa hemoglobin, menyerang ginjal,saluran pencernaan, persendian, dan sistem reproduksi, serta menimbulkankerusakan akut maupun kronis pada sistem saraf.
 
Keracunan berat karena timbal sudah sangat jarang ditemukan. Akan tetapi,pada tingkatan konsentrasi medium, ditemukan bukti-bukti yang cukuppersuasif, bahwa timbal dapat mengakibatkan efek-efek sub-klinis, terutamapada perkembangan otak anak. Beberapa studi menduga, untuk tiap kenaikankonsentrasi timbal dari 10 ke 20/g/dl di dalam darah anak-anak, telah mampumenghilangkan kemampuan intelegensi anak sampai dengan 2 poin IQ.
Dengan cara apa polusi timbal terjadi?
Sebagai ilustrasi, penelitian di UK mengatakan, secara rata-rata tiap hari orangdi UK diperkirakan kemasukan timbal sebesar 1.6/g dari udara, 20/g dari airminum, dan 28/g dari makanan. Meskipun kebanyakan jalan masuk timbal kedalam tubuh adalah melalui makanan, pada beberapa daerah, dimana sistemperpipaan air dan plumbing-nya mengandung timbal, tingkat kontaminasi timbalke dalam tubuh dapat jauh lebih banyak melalu air minum. Demikian juga diarea-area yang terletak berdekatan dengan sumber emisi timbal, tanah, debu,serta cat pada rumah-rumah tua atau tanah yang terkontaminasi timbal,kontaminasi melalui udara dapat lebih tinggi.Pencemaran timbal pada bahan makanan terjadi terutama melalui pengendapandebu yang mengandung bahan timbal ini dari udara serta hujan yang membawabahan ini ke tanaman perkebunan dan lahan pertanian.Di Indonesia dan negara berkembang lain, tidak semua bahan bakar minyakyang digunakan telah bebas timbal. Polusi timbal dari asap kendaraan bermotormenjadi penyumbang yang cukup besar.
Mercury
Mercury adalah bahan beracun yang sampai saat ini tidak diketahui fungsipositifnya bagi metaboilsma biokimia tubuh atau fisiologi mahluk hidup. Mercurysecara alami tidak ditemukan keberadaannya di dalam tubuh mahluk hidup.Keracunan mercury anorganik pada mahluk hidup (termasuk manusia) didugamenyebabkan keguguran atau kecacatan janin atau perubahan2 psikologilainnya. Mono-methyl mercury adalah penyebab kerusakan pada otak dansusunan saraf pusat, yang mana terpaan pada saat kehamilan atau sesudahkelahiran dapat menyebabkan keguguran, kecacatan bayi, dan gangguanpertumbuhan pada anak yang dilahirkan.
Dari mana sumber polusi merkuri ?
Merkuri adalah polutan global dengan sifat fisika dan kimia yang kompleks.Sumber utama alami merkuri adalah dari pelepasan gas dari tanah, emisi darigunung berapi, dan penguapan alami air. Kegiatan penambangan logam-logamsecara global juga secara tidak langsung menyumbang emisi merkuri ke
 
atmosfer. Merkuri digunakan secara luas dalam proses industri dan padabermacam-macam produk (spt batery, lampu, dan thermometer). Merkuri jugabanyak digunakan dalam dunia kedokteran gigi sebagai bahan isian amalgamdan juga di bidang farmasi.Perhatian terhadap keberadaan merkuri di lingkungan hidup meningkat karenamerkuri bisa muncul dalam bentuk dan sifat yang sangat beracun (toxic).Merkuri umumnya berada di atmosfer dalam bentuk gas yang relatif tidakreaktif. Panjangnya life time (umur) merkuri di atmosfer (lebih dari 1 tahun)menyebabkan polusi merkuri di atmosfer menjadi isu global, melewati batasnegara.Proses biologis alami dapat menyebabkan merkuri ini mengalami perubahanbentuk menjadi methylated form yang kemudian akan terakumulasi danterkonsentrasi pada organisma hidup seperti ikan. Bentuk-bentuk merkuri ini:monomethyl mercuriy dan dimethyl mercury bersifat sangat beracun (toxic),menjadi penyebab gangguan keracunan pada saraf pusat. Jalan utama masuknya merkuri ke tubuh manusia adalah melalui rantaimakanan, bukan melalui pernafasan. Sumber utama emisi merkuri adalah darikegiatan manufaktur chlorine di mercury cells, produksi logam-logam non-ferrous, pembakaran batu bara dan krematorium.
Cadmium
Cadmium menurunkan sifat beracunnya dari kesamaan sifat kimia nya denganZinc yang merupakan micronutrient yg esensial untuk tumbuh-tumbuhan,binatang, dan manusia. Cadmium bersifat biopersistent dan sekali diserap olehorganisma, akan menetap selama bertahun-tahun (lebih dari 1 dekade untukmanusia) meskipun sebagian akan juga terbuang melalui sistem pembuanganmahluk hidup.Pada manusia, terpaan jangka panjang (long term) berakibat pada disfungsiginjal. Terpaan pada tingkat yang tinggi bahkan dapat menyebabkan penyakitparu-paru dan dihubungkan dengan kasus-kasus kanker paru-paru, meskipundata-data terkait ini masih sulit diinterpretasikan. Cadmium juga dapatmengakibatkan kerusakan tulang (osteomalacia, osteoporosis) pada manusiadan binatang. Selain itu, juga terbukti menyebabkan tekanan darah tinggi danmyocardium pada binatang, meskipun untuk manusia data-data yang ada belummenunjukkan bukti yang cukup.Rata-rata manusia diperkirakan kemasukan sekitar 0.15/g cadmium dari udaradan 1/g dari air. Disamping itu, merokok 1 pack berisi 20 rokok dapat berartimenghirup sekitar 2 – 4/g cadmium.
Dari mana polusi Cadmium terjadi?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->