Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
53Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
JENIS JENIS TURBIN AIR DAN KARAKTERISTIKNYA

JENIS JENIS TURBIN AIR DAN KARAKTERISTIKNYA

Ratings: (0)|Views: 6,119|Likes:
jenis jenis turbin air dan karakteristiknya
jenis jenis turbin air dan karakteristiknya

More info:

Published by: Silvi Wildia Hariadi Pribadi on Dec 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/10/2013

pdf

text

original

 
-Turbin Air-Disusun untuk memenuhi salah satu tugasmatakuliah Mesin FluidaDisusun Oleh:Silvi wildia hariadi2B/ 101711062Tanggal Pengumpulan: 05 desember 2011Jurusan Teknik Konversi EnergiPoliteknik Negeri Bandung 2011Turbin adalah sebuah mesin berputar yang mengambil energi dari aliran fluida. Turbin sederhana memiliki satu bagian yang bergerak, "asembli rotor-blade". Fluidayang bergerak menjadikan baling-baling berputar dan menghasilkan energi untuk menggerakkan rotor. Contoh turbin awal adalah kincir angin dan roda air.Sebuah turbin yang bekerja terbalik disebut kompresor atau pompa turbo.Turbin gas, uap dan air biasanya memiliki "casing" sekitar baling-baling yang memfokus dan mengontrol fluid. "Casing" dan baling-baling mungkin memiliki geometri variabel yang dapat membuat operasi efisien untuk beberapa kondisi aliran fluid.Energi diperoleh dalam bentuk tenaga "shaft" berputar.Penggunaan paling umum dari turbin adalah pemroduksian tenaga listrik. Hampir seluruh tenaga listrik diproduksi menggunakan turbin dari jenis tertentu.Turbin kadangkala merupakan bagian dari mesin yang lebih besar. Sebuah turbin gas, sebagai contoh, dapat menunjuk ke mesin pembakaran dalam yang berisi sebuah turbin, kompresor, "kombustor", dan alternator.Turbin dapat memiliki kepadatan tenaga ("power density") yang luar biasa (berbanding dengan volume dan beratnya). Ini karena kemampuan mereka beroperasi pada kecepatan sangat tinggi. Mesin utama dari Space Shuttle menggunakan turbopumps (mesin yang terdiri dari sebuah pompa yang didorong oleh sebuah mesin turbin) untukmemberikan propellant (oksigen cair dan hidrogen cair) ke ruang pembakaran mesin. Turbopump hidrogen cair ini sedikit lebih besar dari mesin mobil dan memproduksi 70.000 hp (52,2 MW). Turbin juga merupakan komponen utama mesin jet.JENIS JENIS TURBIN AIRBerdasaran model aliran air masuk runner, maka turbin air dapat dibagi menjadi tiga tipe yaitu1.Turbin Aliran TangensialPada kelompok turbin ini posisi air masuk runner dengan arah tangensial atau tegak lurus dengan poros runner mengakibatkan runner berputar, contohnya Turbin Pelton dan Turbin Cross-Flow. 2.Turbin Aliran AksialPada turbin ini air masuk runner dan keluar runner sejajar dengan poros runner,Turbin Kaplan atau Propeller adalah salah satu contoh dari tipe turbin ini. 3.Turbin Aliran Aksial - RadialPada turbin ini air masuk ke dalam runner secara radial dan keluar runner secaraaksial sejajar dengan poros. Turbin Francis adalah termasuk dari jenis turbin ini. 1.2. Berdasarkan Perubahan Momentum Fluida Kerjanya.
 
Dalam hal ini turbin air dapat dibagi atas dua tipe yaitu :1.Turbin Impuls.Semua energi potensial air pada turbin ini dirubah menjadi menjadi energi kinetis sebelum air masuk/ menyentuh sudu-sudu runner oleh alat pengubah yang disebutnozel. Yang termasuk jenis turbin ini antara lain : Turbin Pelton dan Turbin Cross-Flow.2.Turbin Reaksi.Pada turbin reaksi, seluruh energi potensial dari air dirubah menjadi energi kinetis pada saat air melewati lengkungan sudu-sudu pengarah, dengan demikian putaran runner disebabkan oleh perubahan momentum oleh air. Yang termasuk jenis turbin reaksi diantaranya : Turbin Francis, Turbin Kaplan dan Turbin Propeller.1.3. Berdasarkan Kecepatan Spesifik (ns)Yang dimaksud dengan kecepatan spesifik dari suatu turbin ialah kecepatan putaran runner yang dapat dihasilkan daya effektif 1 BHP untuk setiap tinggi jatuh 1 meter atau dengan rumus dapat ditulis ( Lal, Jagdish, 1975 ) :ns = n . Ne 1/2 / Hefs5/4Dimana :ns=kecepatan spesifik turbinn=Kecepatan putaran turbin ....... rpmHefs=tinggi jatuh effektif ...... mNe = daya turbin effektif ...... HPSetiap turbin air memiliki nilai kecepatan spesifik masing-masing, tabel 1. menjelaskan batasan kecepatan spesifik untuk beberapa turbin kovensional ( Lal, Jagdish, 1975 )Turbin francisTurbin francs termasuk salah satu turbin reaksi artinya fluida bekerja mengubahtekanan bersamaan dengan gerak dari turbin tersebut. Inletnya berbentuk spiral.Turbin Kaplan1.4. Berdasarkan Head dan Debit.Dalam hal ini pengoperasian turbin air disesuaikan dengan potensi head dan debityang ada yaitu :1.Head yang rendah yaitu dibawah 40 meter tetapi debit air yang besar, maka Turbin Kaplan atau propeller cocok digunakan untuk kondisi seperti ini.2.Head yang sedang antara 30 sampai 200 meter dan debit relatif cukup, maka untuk kondisi seperti ini gunakanlah Turbin Francis atau Cross-Flow.3.Head yang tinggi yakni di atas 200 meter dan debit sedang, maka gunakanlah turbin impuls jenis Pelton.
 
 Turbin PletonGambar 7. menjelaskan bentuk kontruksi empat macam runner turbin konvensional.Manfaat turbin air :Turbin air bermanfaat sebagai alat untuk memutar beban (generator Listrik) sehingga dapat menghasilkan listrik.
Sebagai penghasil listrik di PLTA
Turbin lebih efisien dan mudah mengontrolnya
Turbin mempunyai umu yang panjang
Turbin dapat dikontrol scara otomatis
Tidak memerlukan bahan bakar
Biyaya operasi rendahkavitasiKavitasi adalah peristiwa terbentuknya gelembung-gelembung uap di dalam cairan yang dipompa akibat turunnya tekanan cairan sampai di bawah tekanan uap jenuh cairan pada suhu operasi pompa. Gelembung uap yang terbentuk dalam proses ini mempunyai siklus yang sangat singkat. Knapp (Karassik dkk, 1976) menemukan bahwa mulai terbentuknya gelembung sampai gelembung pecah hanya memerlukan waktu sekitar 0,003 detik. Gelembung ini akan terbawa aliran fluida sampai akhirnya berada padadaerah yang mempunyai tekanan lebih besar daripada tekanan uap jenuh cairan. Pada daerah tersebut gelembung tersebut akan pecah dan akan menyebabkan shock padadinding di dekatnya. Cairan akan masuk secara tiba-tiba ke ruangan yang terbentuk akibat pecahnya gelembung uap tadi sehingga mengakibatkan tumbukan. Peristiwaini akan menyebabkan terjadinya kerusakan mekanis pada pompa.Satu gelembung memang hanya akan mengakibatkan bekas kecil pada dinding namun bila hal itu terjadi berulang-ulang maka bisa mengakibatkan terbentuknya lubang-lubang kecil pada dinding. Bahkan semua material bisa rusak oleh kavitasi bila dibiarkan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Adanya benda asing yang masuk ke dalam pompa akan lebih memperparah kerusakan sebab akan menyebabkan erosi pada dinding impeler. Bagian dari pompa sentrifugal yang paling rawan terkena kavitasi adalah sisi impeler dekat sisi isap yang bertekanan rendah juga tutup impeler bagian depan yang berhubungan dengan sisi isap. Hammit (Karassik dkk, 1976) menemukan hubungan yang rumit antara kecepatan aliran dengan kerusakan pada pompa akibat kavitasi. Kerusakan tersebut akan meningkat seiring dengan kenaikan kecepatanaliran.Kavitasi dinyatakan dengan cavities atau lubang di dalam fluida yang kita pompa.Lubang ini juga dapat dijelaskan sebagai gelembung-gelembung, maka kavitasi sebenarnya adalah pembentukan gelembung-gelembung dan pecahnya gelembung tersebut.Gelembung terbentuk tatkala cairan mendidih. Hati-hati untuk menyatakan mendidihitu sama dengan air yang panas untuk disentuh, karena oksigen cair juga akan mendidih dan tak seorang pun menyatakan itu panas.Mendidihnya cairan terjadi ketika ia terlalu panas atau tekananya terlalu rendah. Pada tekanan permukaan air laut 1 bar (14,7 psia) air akan mendidih pada suhu212oF (100oC). Jika tekanannya turun air akan mendidih pada suhu yang lebih rendah. Ada tabel yang menyatakan titik didih air pada setiap suhu yang berbeda. Seb

Activity (53)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adi Setiadi liked this
Merah Hitam liked this
Merah Hitam liked this
Asep Andi S liked this
Iefa Naz liked this
Hari Kurniawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->