Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Trauma Dada KGD

Makalah Trauma Dada KGD

Ratings: (0)|Views: 904 |Likes:
Published by Dewi Sartika

More info:

Published by: Dewi Sartika on Dec 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Trauma adalah penyebab kematian terbanyak pada dekade 3 kehidupan diseluruhkota besar didunia dan diperkirakan 16.000 kasus kematian akibat trauma per tahunyang disebabkan oleh trauma toraks di Amerika. Sedangkan insiden penderita traumatoraks di Amerika Serikat diperkirakan 12 penderita per seribu populasi per hari dankematian yang disebabkan oleh trauma toraks sebesar 20-25% . Dan hanya 10-15% penderita trauma tumpul toraks yang memerlukan tindakan operasi, jadi sebagian besar hanya memerlukan tindakan sederhana untuk menolong korban dari ancamankematian. Canadian Study dalam laporan penelitiannya selama 5 tahun pada "UrbanTrauma Unit" menyatakan bahwa insiden trauma tumpul toraks sebanyak 96.3% dariseluruh trauma toraks, sedangkan sisanya sebanyak 3,7% adalah trauma tajam.Penyebab terbanyak dari trauma tumpul toraks masih didominasi oleh korbankecelakaan lalu lintas (70%). Sedangkan mortalitas pada setiap trauma yang disertaidengan trauma toraks lebih tinggi (15.7%) dari pada yang tidak disertai trauma toraks(12.8%).Pengelolaan trauma toraks, apapun jenis dan penyebabnya tetap harus menganutkaidah klasik dari pengelolaan trauma pada umumnya yakni pengelolaan jalan nafas, pemberian ventilasi dan kontrol hemodinamik .Pada trauma dada biasanya disebabkan oleh benda tajam, kecelakaan laulintasatau luka tembak. Bila tidak mengenai jantung, biasanya dapat menembus rongga paru-paru. Mekanisme penyebabnya bisa satu tusukan kuat ataupun satu gerakanmendadak yang hebat. Akibatnya, selain terjadi peradarahan dari rongga paru-paru,udara juga akan masuk ke dalam rongga paru-paru. Oleh karena itu, paru-paru padasisi yang luka akan mengempis. Penderita nampak kesakitan ketika bernapas danmendadak merasa sesak dan gerakan iga disisi yang luka menjadi berkurang (Kartono,M. 1991).
B.Rumusan Masalah
Penulis membatasi penulisan masalah ini dalam dua bagian yaitu mengenaikonsep penyakit dan asuhan keperawatan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1
 
1.Konsep penyakit yang membahas tentang anatomi dan fisiologi,definisi, etiologi, patofisiologi, manifestasi klinis, dan pemeriksaan diagnostic pada pasien dengan Trauma Dada.
2.
Asuhan Keperawatan yang membahas tentang pengkajian, rumusandiagnostic, intervensi keperawatan, dan evaluasi dari pasien dengan TraumaDada.
C.Tujuan Penulisan
-Tujuan UmumUntuk menyelesaikan tugas pada mata kuliah Keperawatan Gawat Darurat-Tujuan KhususUntuk mengetahui tentang Konsep Penyakit dan Asuhan Keperawatan GawatDarurat yang tepat dan sesuai dalam mengatasi klien dengan kasus Trauma Dada.
D.Metode Penulisan
Metode penulisan yang dilakukan dalam pembuatan makalah ini adalah denganmereview dari berbagai literatur, baik dari buku-buku keperawatan dan internet.
2
 
BAB IIKONSEP PENYAKITA.Anatomi Fisiologi
1.Sistem pernafasanPernapasan adalah peristiwa menghirup udara dari luar yang mengandung O
2
kedalam tubuh ( inspirasi ) serta menghembuskan udara yang banyak yang mengandungCO
2
sebagai sisa dari oksidasi keluar dari tubuh ( ekspirasi ).Dalam paru-paru terjadi pertukaran zat antara O
2
dan CO
2
. O
2
ditarik dari udaramasuk ke dalam darah dan CO
2
akan dikeluarkan dari darah secara osmose.Organ-organ pernapasan, yaitu :a.HidungMerupakan saluran udara yang pertama mempunyai dua lubang dipisahkan olehsekat hidung. Di dalamnya terdapat bulu-bulu yang berguna untuk menyaringudara, debu, dan kotoran-kotoran yang masuk lubang hidung. Fungsi hidung, bekerja sebagai saluran udara pernapasan. b.FaringMerupakan tempat persimpangan antara jalan pernapasan dan jalan makananterdapat di bawah dasar tengkorak, di belakang rongga hidung dan mulut sebelahdepan ruas tulang leher.c.LaringMerupakan saluran udara dan bertindak sebagai pembentukan suara terletak didepan bagian faring sampai ketinggian vertebra servikalis dan masuk ke dalamtrakea di bawahnya.d.TrakeaMerupakan lanjutan dari laring yang dibentuk oleh 16-20 cincin yang terdiri daritulang-tulang rawan yang berbentuk seperti kuku kuda ( C ). Sebelah dalamdiliputi oleh selaput lendir yang berbulu getar yang disebut sel bersilia, hanya bergerak ke arah luar.e.BronkusMerupakan lanjutan dari trakea ada dua buah yang terdapat pada ketinggianvertebra thorakalis ke IV dan ke V. Mempunyai struktur serupa dengan trakea dandilapisi oleh jenis sel yang sama.
3

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Redi Putra liked this
Ainil 'Beynix' liked this
21586 liked this
Nining Ratnasari liked this
uje liked this
Erviyana Imoutdz liked this
Jevri Bule Doang liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->