Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
42Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Senyawa Ion dan Kovalen

Senyawa Ion dan Kovalen

Ratings: (0)|Views: 5,374|Likes:
Published by Lelo Susilo

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Lelo Susilo on Dec 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
 
MEMBANDINGKAN SENYAWA IONIK DAN SENYAWAKOVALEN
 
&REAKSI PEMANASAN SENYAWA ORGANIK
IRENE FITRIA ROSITA (108114054)YOHANES STEVAN ARIANTO (108114055)MARIA REZTI DAFRIDA (108114056)NELLY WULANDARI (108114057)LELO SUSILO (108114058)AGNES KURNIA (108114059)
 
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatNya yangdilimpahkan kepada kami sehingga kami mampu menyelesaikan makalah ini dengan tepatwaktu.Makalah ini kami susun guna memenuhi tugas Praktikum Kimia Dasar sebagai salah satusyarat untuk penilaian. Dalam makalah ini berisi tentang perbedaan senyawa kovalen dengansenyawa ionik serta pemanasan senyawa organik. Dimana didalamnya kami juga mengambilbeberapa teori dari beberapa sumber guna menunjang pembahasan.Kami ucapkan terima kasih atas bantuan dari asisten dosen serta pihak-pihak yang telahmembantu terselesaikannya makalah ini. Semoga makalah ini bisa berguna bagi para pembacaterutama mahasiswa fakultas farmasi. Kami sangat mengharapkan kritik dan saran demikesempurnaan makalah kami di masa mendatang.Yogyakarta, 6 Oktober 2010Hormat kami,Penyusun
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 TUJUAN PRAKTIKUMTujuan percobaan praktikum ini adalah membandingkan senyawa kovalen dengansenyawa ionik serta mengamati reaksi pemanasan senyawa organik.1.2 DASAR TEORIIkatan kimia adalah daya tarik-menarik antara atom yang menyebabkan suatu senyawakimia dapat bersatu. Macam-macam ikatan kimia yang dibentuk oleh atom tergantung daristruktur elektron atom. Misalnya, energi ionisasi dan kontrol afinitas elektron dimana atommenerima atau melepaskan elektron. Ikatan kimia dapat dibagi menjadi dua kategori besar :ikatan ion dan ikatan kovalen. Ikatan ion terbentuk jika terjadinya perpindahan elektron di antaraatom untuk membentuk partikel yang bermuatan listrik dan mempunyai daya tarik-menarik.Daya tarik menarik di antara ion-ion yang bermuatan berlawanan merupakan suatu ikatan ion.Ikatan kovalen terbentuk dari terbaginya (sharing) elektron di antara atom-atom. Denganperkataan lain, daya tarik-menarik inti atom pada elektron yang terbagi di antara elektron itumerupakan suatu ikatan kovalen (Brady, 1999).Ikatan ion adalah ikatan antara ion positif dan negatif. Atom yang melepaskan elektronakan menjadi ion positif, sebaliknya yang menerima akan menjadi ion negatif. Senyawa ion yangterbentuk dari ion positif dan negatif tersusun selang seling membentuk molekul raksasa (Syukri,1999).Beberapa sifat senyawa ion yang penting adalah sebagai berikut: larutan atauleburannya dapat menghantarkan arus listrik, mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi,sangat keras dan getas, pada umumnya larut dalam pelarut polar dan tidak larut dalam pelarutnon polar (Baroroh, 2004).Sifat-sifat senyawa kovalen antara lain kebanyakan menunjukkan titik leleh rendah, padasuhu kamar berbentuk cairan atau gas, larut dalam pelarut non polar dan sedikit larut dalam air,sedikit menghantarkan listrik, mudah terbakar dan banyak yang berbau (Syukri, 1999).
 
Pirolisis adalahdekomposisi kimiabahan organik melalui prosespemanasantanpa atau sedikitoksigenataureagenlainnya, di mana material mentah akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi fasegas.Pirolisis adalah kasus khusustermolisis.Pirolisis ekstrim, yang hanya meninggalkankarbonsebagairesidu,disebutkarbonisasi(Syukri, 1999).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->