Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fungsi sistem pelumasan

Fungsi sistem pelumasan

Ratings: (0)|Views: 239 |Likes:
Published by Mahreza Mah Retta

More info:

Published by: Mahreza Mah Retta on Dec 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2014

pdf

text

original

 
 
Bantalan adalah suatu elemen mesin yang digunakan untuk menumpuporos atau beban yang bekerja pada suatu mesin.Pada bantalan luncur terjadigesekan luncur yaitu gesekan antara poros dengan bantalan dimana poros ditumpuoleh permukaan bantalan dengan perantara lapisan pelumas.Bantalan luncurmampu menumpu poros pada putaran yang tinggi dengan beban besar,konstruksinya sederhana, dan cepat dipasang dengan mudah. Karena gesekannyabesar pada waktu beroperasi, maka bantalan luncur ini panas. Panas dapat timbuloleh gesekan yang besar terutama pada beban besar yang memerlukanpendinginan khusus.Bantalan luncur mempunyai keuntungan dibandingkan gelinding yaitu mampumenumpu poros putaran tinggi dan beban besar, konstruksinya sederhana danmudah dipasang.Bantalan luncur lebih disukai karena :
 
Tidak bising dan tenang dalam beroperasi
 
Cocok untuk putaran tinggi
 
Tahan terhadap goncangan dan getaran yang kuat.Klasifikasi bantalan menurut bentuk dan letak bagian poros yang ditumpu denganbantalan,Maka bantalan dapat dibagi atas :
 
Bantalan radial, yang dapat berbentuk silinder, belahan silinder
 
Bantalan aksial, yang berbentuk engsel
 
Bantalan khusus, yang berbentuk khusus misalnya bola
Klasifikasi berdasarkan pelumasan
 Bantalan tanpa pelumasan terdapat dalam bentuk bantalan plastik, bantalan yangmengandung minyak dan bantalan pelumas zat padat.a. Bantalan plastik Plastik adalah suatu bahan yang mempunyai sifat dapat melumasi sendiri denganbaik, sifatnya tahan korosi yang memungkinkan bahan-bahan ini dapat bekerjadengan baik di dalam air.b. Bantalan yang dilumasi minyak Contoh khas dari bantalan ini adalah besi cor dan logam sinter yang diserapiminyak dipakai besi cor yang beroperasi dengan perlakukan panas yang berulangkali.c. Bantalan pelumas zat padatBantalan pelumas ini dipakai untuk keadaan khusus diluar batas pemakaiantertentu. Bahan pelumas dapat dipakai sebagai batas dasar, dimana digunakanpada temperatur tertentu.
 
 
Klasifikasi bantalan menurut gesekan bantalan terhadap poros
 1.
 
Bantalan luncur, terjadinya gesekan luncur antara poros dengan bantalankarena adanya lapisan pelumas antara kedua permukaan2.
 
Bantalan gelinding, terjadinya gesekan menggelinding antara bagian yangberputar dengan yang diam melalui elemen gelinding seperti bola, rol, rol jarum.3.
 
Kelebihan dan kekurangan bantalan luncur dan gelinding
1. Bantalan luncur
 a. Kelebihan
 
Mampu menumpu poros berputaran tinggi dengan beban besar
 
Konstruksinya sederhana dan dapat dibuat serta dipasang dengan mudah
 
Dapat meredam tumbukan dan getaran sehingga hampir tidak bersuara
 
Tidak memerlukan ketelitian tinggi sehingga harga lebih murah
 
b. Kekurangan
 
Gesekan besar pada waktu mulai jalan
 
Memerlukan momen awal yang besar
 
Pelumasannya tidak begitu sederhana
 
Panas yang timbul dari gesekan besar sehingga memerlukan pendinginankhusus
2. Bantalan gelinding
 a. Kelebihan
 
Cocok untuk beban kecil
 
Gesekannya rendah
 
Pelumasannya sederhanab. Kekurangan
 
Harganya lebih mahal karena ketelitiannya tinggi
 
Pada putaran tinggi bantalan ini agak gadu
Petunjuk pelumasan
 Bantalan yang dilumasi secar betul tidak akan aus, karena pelumasmencegah terjadinya kontaak langsung antara komponen bantalan yang satudengan yang lain yang terbuat dari logam.Bantalan gelinding dapat dilumasidengan oli atau gemuk/grease. Bantala rol sferis-aksial biasanya harus dilumasidengan oli, dan hanya boleh dilumasi dengan gemuk jika angka putarannya
 
 rendah. Bantalan yang ber sil atau berperapat logam suadh dilumasi untuk 
“seumur hidup” dari pabriknya.
 Pemilihan jenis pelumas pada dasarnya berdasarkan temperatur dan angka putarankerja dari bantalan. Gemuk digunakan bila kondisi kerjanya dibawah normal, dangemuk juga berfungsi untuk melindunngi bantalan dari kotoran yang masuk.Pelumasan dengan oli dianjurkan untuk angka putaran yang tinggi.Pelumas harus selalu disimpandi tempat yang bersih dan tertutup, sertaditempatkan di dalam gudang yang kering.
Jenis pelumasan bantalan
 
Pelumasan oli
Oli meneral yang tidak mengandung bahan pelarut harus digunakan untuk melumasi bantalan gelinding. Pada temperatur diatas +125C didianjurkanmenggunakan oli sintetis, misalnya poyglycol. Bahan-bahan yang ditambahkanuntuk mempertinggi kemampuan pelumas hanya bila kondisi kerjanya sangatistimewa. Sebagai pelumas biasanya digunakan oli yang memiliki indeksviskositas dari yang menengah sampai tinggi. Bagaimanapun juga, pada angkaputaran yang tinggi boleh digunakan oli berviskositas rendah, agar tempraturbantalan tetap rendah.
Kontrol rutin bantalan gelinding :1. MendengarkanLetakkanlah sepatang kayu atu obeng atau benda lain yang sejenis menempel padarumah bantalan, sedekat mungkin pada lokasi dekat bantalan. Letakkanlah telingaanda pada ujung batang yang lain dan dengarkan. Jika bantalan masih bagus makaakan terdengar suara yang lembut, tapi jika rusak makaa akan terdengar suaraberisik.2. Merasakan (meraba)Kontrol ini suhu bantalan gelinding dilakukan ddengan termometer, atu dengancara sederhana dengan menempelkan tangan pada rumah bantalan. Jika suhu naik tidak seperti biasanya, maka hal tersebut merupakan indikasi ketidakberesan,seperti: kotoran, kelonggaran, kelebihan beban, keausan, dan gesekan padabantalan3. MelihatPeriksalah kondisi sil yang yang berada didekat bantalan untuk memastikan cairanpanas atau kotoran maupun pengkarat tidak dapat memasuki bantalan.4. MelumasiPelumasan dengan gemuk : bersihkan dulu nipel dan rumah bantalan dengan lap,kemudian buka cover rumah bantalan dan bersihkan dari gemuk yang lama hinggabersih, lalu masukkan grease yang baru.Pelumasan dengan minyak (oli) : periksalah kembali ketinggian oli dan isikembali bila kurang, jika oli harus diganti maka oli lama harus di tap dandibersihkan dengan oli yang sejenis sebelum diisi kembali. Oli yang terdapatdalam bak pelumas cukup diganti sekali saja dalam setahun asalkan temperaturtidak lebih dari 50C dan tidak terjadi pencemaran oli selama itu.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ecko Priyanda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->