Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
61Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis-jenis Gigi Tiruan

Jenis-jenis Gigi Tiruan

Ratings: (0)|Views: 3,235|Likes:
Published by Nurul Zannah
korosi
korosi

More info:

Published by: Nurul Zannah on Dec 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2013

pdf

text

original

 
 
1
BAB I
PENGERT
IA
N
DASA
 
Setelah mempelajari bab ini Anda akan dapat menjelaskan pengertian dasartentang gigitiruan cekat, tujuan pembuatan gigitiruan cekat, serta semua jenismahkota tiruan dan gigitiruan jembatan sesuai indikasi dan kontra indikasinya .
PEN
DAHULUA
N
 
Prostodonsi cekat meliputi restorasi struktur gigi yang rusak sebagain atau seluruhnya dengan pembuatan mahkota atau menggantikan gigi yang hilang melalui pembuatangigitiruan jembatan. Restorasi yang biasanya dibuat yaitu mahkota tuang penuh yangdikenal dengan Full Casted Crown ( FCC) biasanya dikonstruksi dengan aloi campuranemas dan menutupi seluruh mahkota klinik.Ada banyak jenis restorasi mahkota yang berbeda. FCC adalah tipe restorasi mahkotayang terbuat dari aloi campur emas ( gambar 1 ). Restorasi mahkota penuh dapat jugaterbuat dari metal keramik, atau jenis lain dari keramik seperti
all ceramic.
Sebelumdibuatkan restorasi mahkota penuh, maka gigi penyangga harus dipreparasi dalam suatu bentuk preparasi yang dapat menjamin retensi restorasi agar tidak terlepas.
Gambar1 .1 : mahkota tuang penuh ( Sumber : Rossentiel SF, Land FM, Fujimoto J Contemporary Fixed Prosthodonstics 3
rd 
edition. 2001, p. 12)
Restorasi gigitiruan cekat meliputi konstruksi restorasi yang menggantikan satu atau lebihgigi asli yang hilang, dan dipasang secara tetap pada gigi penyangga. Pada gambar 1.2tampak suatu restorasi gigitiruan jembatan ( GTJ) yang menggantikan satu gigi asli yanghilang.
 
 
2
Gambar1.2 : restorasi gigitiruan jembatan pada gigi penyangga dengan restorasi ( Sumber : Rossentiel SF, Land FM, Fujimoto J Contemporary Fixed  Prosthodonstics 3
rd 
edition. 2001, p. 12)
Restorasi ini terdiri dari dua retainer  yang dipasang secara cekat pada gigi penyangga,dan gigitiruan yang menggantikan posisi gigi asli yang hilang dikenal sebagai pontik dihubungkan dengan retainer melalui hubungan yang disebut konektor .Sebelum dibuatkan restorasi GTJ, maka kedua gigi penyangga harus dipreparasi.Preparasi yang dilakukan harus sejajar satu sama lain dan dengan bentuk yang sama, agar supaya memudahkan melakukan insersi GTJ.
Gambar 1.3 :Akhiran serfikal pada gigi penyangga dengan tambalanamalgam yang besar. ( Sumber : Rossentiel SF, Land FM, Fujimoto J Contemporary Fixed Prosthodonstics 3
rd 
edition. 2001, p. 12)
Kesejajaran preparasi juga dibutuhkan untuk mempertahankan kedudukan restorasisetelah dilakukan sementasi. Pada gigi penyangga dengan restorasi amalgam yang cukup besar, akhiran preparasi di serfikal harus berada pada gigi asli. ( gambar 1.3)
 
 
3
TERM
I
NO
L
OG
I
Agar supaya dapat memahami tentang gigitiruan cekat, maka ada beberapa terminologiyang berkaitan dengan pembuatan gigitiruan cekat harus dipelajari.
M
ahkota tiruan
adalah suatu restorasi artifisial yang berfungsi untuk mengembalikan bentuk anatomi mahkota gigi yang rusak, dapat terbuat dari bahan aloi tuang, porselenatau kombinasai aloi dengan porselen. ( gambar 1.4 )
Gambar 1.4 : Mahkota tiruan pada gigi 11 , sebelum insersi dan setelah insersi. ( sumber :klinik bagian Prostodonsia ± Fakultas Kedokteran Unhas, Makassar )
G
igitiruan jembatan
adalah restorasi yang dibuat untuk menggantikan satu atau lebihgigi asli asli yang hilang, dan komponen yang membentuk gigitiruan jembatan terdiri dariretainer dan pontik. ( gambar 5 )
Gambar 1.5 : Restorasi GTJ pada gigi 35 dan 37 , sebelum insersi dan setelah insersi. ( sumber :klinik bagian Prostodonsia ± Fakultas Kedokteran Unhas, Makassar ).

Activity (61)

You've already reviewed this. Edit your review.
Popy Sandra liked this
Cut Aya Raden liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Ari Wahyuda liked this
Chechae Chaerika liked this
Dwi Sartika liked this
Insan Kamil liked this
Anita Billy added this note
nice info

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->