Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Refreshing Karsinoma Mammae

Refreshing Karsinoma Mammae

Ratings: (0)|Views: 584|Likes:
Published by Dadang Acep

More info:

Published by: Dadang Acep on Dec 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
I.I. Latar Belakang
Menurut WHO 8-9% wanita akan mengalami kanker payudara. Ini menjadikan kankerpayudara sebagai jenis kanker yang paling banyak ditemui pada wanita. Setiap tahun lebihdari 250,000 kasus baru kanker payudara terdiagnosa di Eropa dan kurang lebih 175,000 diAmerika Serikat. Masih menurut WHO, tahun 2000 diperkirakan 1,2 juta wanita terdiagnosiskanker payudara dan lebih dari 700,000 meninggal karenanya. Belum ada data statistik yangakurat di Indonesia, namun data yang terkumpul dari rumah sakit menunjukkan bahwa kankerpayudara menduduki ranking pertama diantara kanker lainnya pada wanita.Kanker payudara merupakan penyebab utama kematian pada wanita akibat kanker.Setiap tahunnya, di Amerika Serikat 44,000 pasien meninggal karena penyakit ini sedangkandi Eropa lebih dari 165,000. Setelah menjalani perawatan, sekitar 50% pasien mengalamikanker payudara stadium akhir dan hanya bertahan hidup 18
 – 
30 bulan.
I.2. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan laporan ini untuk memennuhi tugas refreshing kepaniteraan klinik, juga untuk menambah wawasan penulis dan pembaca mengenai karsinoma mammae.
 
2
BAB IIPEMBAHASAN
2.1. Sejarah Penyakit
Karsinoma mammae dengan sebab yang tidak pasti, telah menarik perhatian ahlibedah selama bertahun-tahun. Meskipun telah dilakukan penelitian sejak berabad-abad baik secara teoritis maupun ilmiah,dan pengembangan penatalaksanaan sesuai perkembanganzaman, kanker payudara tetap menjadi penyakit nomor satu yang paling ditakuti banyak orangkhususnya kaum wanita.
1
 Bedah Papyrus Smith (3000-2500 SM) merupakan dokumen tertua yang menjadirujukan tentang karsinomar mammae. Merujuk mengenai masalah karsinoma ini, penulis
mengambil kesimpulan “tidak bisa
 
diobati”. Sampai akhirnya pada abad ke
-19, Moore dariRumah Sakit Middlesex, London menyarankan pengangkatan seluruh payudara dan kelenjarlimfe sekitar yang terlibat untuk menangani karsinoma mammae. Radioterapi dan kemoterapi juga mulai dikembangkan saat itu.
1
 Akhirnya, mulai tahun 1970-an diapat kemajuan besar dalam mengintegrasikanoperasi, radioterapi dan kemoterapi untuk mengendalikan karsinoma mammae. Dan hinggasaat ini masih terus dilakukan penelitian-penelitian dan upaya-upaya untuk menangani kasuskarsinoma mammae secara tepat dan sesuai.
1
 Mengenai penyebab karsinoma mammae, pada tahun 1990, Marrie-Clare Kingmelaporkan melalui sebuah penelitian , bahwa faktor yang paling berperan dalamperkembangan karsinoma mammae adalah mutasi gen.
2
Diperkirakan sekitar 5-10% kasuskarsinoma mammae disebabkan oleh faktor herediter terutama pada wanita yang mengidapkarsinoma mammae pada usia muda (usia < 40 tahun), akibat adanya mutasi gen BRCA-1 danBRCA-2.
1
 Sampai detik ini, evaluasi awal karsinoma mammae dan keterlibatan pembuluh limfeaxilla merupakan hal yang paling penting untuk menentukan tingkat kelangsungan hidup danstadium penderita karsinoma mammae.
 
3
2.2. Epidemiologi
Karsinoma mammae adalah kanker yang paling sering terjadi pada wanita diseluruhdunia. Insiden karsinoma mammae yang sangat tinggi terjadi hampir disemua negara,termasuk AS, Canada, Australia dan negara-negara Eropa, menunjukkan angka kejadiansebesar 67,3-86,3/100.000 populasi per tahun kecuali jepang. Sedangkan di negara-negaraSub-Saharan Afrika dan Asia angka kejadian pertahunnya mencapai 30/100.000 populasi.
1
 ACS (American Cancer Society) memperkirakan insiden kanker mammae sebesar 29% dan16% dari jumlah tersebut diperkirakan meninggal dunia. Data dari Surveilance EpidemiologyEnd Result (SEER) melaporkan bahwa, wanita kulit putih di Amerika Serikat mempunyairesikoterkena karsinoma mammae sebesar 13,1% dibandingkan dengan wanita kulit hitam diAfrika hanya sebesar 9,6%.
3
 Angka kejadian karsinoma mammae diperkirakan terus meningkat sesuai umur. Padausia 25 tahun karsinoma mammae menyerang 5/100.000 populasi, pada usia 50 tahunmenyerang 150/100.000 populasi dan pada usia 75 tahun karsinoma mammae pada priadiperkirakan < 1% yaitu sebesar 2,5/100.000 populasi.
4
 
2.3. Anatomi dan Fisiologi Payudara2.3.1. Embriologi
Pada minggu ke lima atau enam embrional kehamilan, terdapat dua ventral band daripenebalan ektoderm (mammary ridges, milk lines). Pada mammalia, penebalan ini terbentangbilateral dari axila ke inguinal.
2
 Pada minggu kesembilan, milk lines ini menjadi atrofi, kecuali di daerah pectoralis danmulai tampak tunas putting susu (primordium payudara). Pada minggu ke duabelas tunasputting susu diinvasi oleh epitel skuamosa ektodermis. Pada bulan ke lima, jaringan ikatmesenkim menginfiltrasi primordium payudara dan berdiferensiasi menjadi l5 sampai 20filamen padat yang terdistribusi simetris dibawah kulit tunas puting susu. Ductulus mammaberkembang sebagai pertumbuhan ke dalam ventral dari sisa embriologi ini, yang terbagi kedalam duktus susu primer dan berahir dalam tunas lobulus. Tunas putting susu akan terbukadan membentuk mammary pit;yang selanjutnya akan terelevasi dan membentuk puting susu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->