Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
50Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
11 internetworking

11 internetworking

Ratings: (0)|Views: 5,451|Likes:

More info:

Published by: Eko Kurniawan Khannedy on Oct 29, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

Diktat Kuliah Komunikasi Data
Internetworking1
B A B XI
INTERNET WORKING
11.1. Pengertian
Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan

komputer local dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputerkomputer yang terhubung ke jaringan tersebut. Internet awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat(US

Departement of Defense) pada sekitar tahun 60\u2019an. Dimulai dari suatu proyek yang

dinamakanARP AN E T atau Advanced Research Project Agency Network. Beberapa universitas di Amerika Serikat diantaranya UCLA, Stanford, UC Santa Barbara dan University of Utah, diminta bantuan dalam mengerjakan proyek ini dan awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi Universitas yang berbeda tersebut. PerkembanganAR P AN ET ini cukup pesat jika dilihat perkembangan komputer pada saat itu. Sebagai gambarannya pada tahun 1977,AR P ANE T telah menghubungkan lebih dari 111 mainframe komputer dan saat ini terdapat sekitar 4 jutahost jaringan yang terhubung pada jaringan ini. Jumlah sebenarnya dari komputer yang terhubung tidak dapat diketahui dengan pasti, karena perkembangan jumlah komputer yang terhubung dengan suatu jaringan semakin lama semakin besar. Karena perkembangannya sangant pesat, jaringan komputer ini tidak dapat lagi disebut sebagaiARP AN E T karena semakin banyak komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung. Konsep ini yang kemudian berkembang dan dikenal sebagai konsep

Internetworking (jaringan antar jaringan). Oleh karena itu istilah Internet menjadi
semakin popular, dan orang menyebut jaringan besar komputer tersebut dengan
istilah Internet.
Protokol

Agar komputer-komputer dalam suatu jaringan dapat berkomunikasi, maka dibutuhkan suatu protocol atau suatu aturan standar komunikasi baik antar komputer maupun antara jaringan komputer. Saat ini terdapat banyak jenis protocol jaringan komputer, seperti IPX/SPX yang biasa digunakan olehNOV EL L Netware,NETBIO S

/ NETBEUI biasa digunakan oleh jaringan Microsoft LAN Manager ataupun Microsoft
Window Networking, AppleTalk yang bias digunakan oleh jaringan komputer Apple
Macintosh, dsb. Ada satu protocol yang dikembangkan olehD ARP A( Defense
Advanced Research Projects Agency), dalam pengembangan dariAR P AN E T dan

juga digunakan oleh jaringan komputer berbasis sistem operasiU NIX yaitu protocol TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protocol TCP/IP ini menjadi standar protocol yang digunakan pada jaringan Internet, karena TCP/IP dikembangkan untuk dapat diterapkan di hampir segala jenisplatform komputer, biasa dikenal dengan konsep open system.

Standar TCP/IP

Internet dapat terbentuk karena sekumpulan besar jaringan komputer memiliki kesepakatan untuk berbicara dalam bahasa yang sama. Kesepakatan ini semata- mata merupakan kesepakatan yang bersifat teknis, karena tidak ada suatu badanpun di dunia ini yang berhak mengatur jalannya internet secara keseluruhan. Yang dapat diatur dalam internet adalah penggunaan protokolnya.

Badan \u2013 badan Pengatur Internet
Ada 4 (empat) badan yang bertanggung jawab dalam mengatur, mengontrol serta
melakukan standarisasi protokol yang digunakan :
Diktat Kuliah Komunikasi Data
Internetworking2
\u2022
\ue000\ue001Internet Society (ISOC), merupakan badan profesional yang memfasilitasi,

mendukung, serta mempromosikan pertumbuhan internet, sebagai infrastruktur komunikasi global untuk riset. Badan ini berurusan tidak hanya dengan aspekaspek teknis, namun juga aspek politik dan sosial dari jaringan internet.

\u2022
\ue000\ue001Internet Architecture Board (IAB), merupakan badan koordinasi dan penasehat

teknis bagi Internet Society. Badan ini bertindak sebagai review teknis dan editorial akhir semua standar Internet. IAB memiliki otoritas untuk menerbitkan dokumen standar Internet yang dikenal sebagai RFC (Request For Comment). Tugas lain dari IAB ialah mengatur angka-angka dan konstanta yang digunakan dalam protokol Internet ( nomor port TCP, kode protokol IP, dan lain-lain).

\u2022
\ue000\ue001Internet Engineering Task Force (IETF), ialah badan yang berorientasi untuk

membentuk standar Internet. IETF ini dibagi dalam 9 kelompok kerja ( misalnya aplikasi, reouting dan addressing, keamanan komputer) dan bertugas menghasilkan standar-standar Internet.

\ue000\ue001Internet Research Task Force (IRTF),
ialah badan yang memiliki orientasi pada riset-riset jangka panjang.
11.2. Kelas IP Address

Untuk mempermudah proses pembagiannya, IP address dikelompokkan dalam kelaskelas. Dasar pertimbangan pembagian IP address ke dalam kelas-kelas adalah untuk memudahkan pendistibusian pendaftaran IP address. Dengan memberikan sebuah ruang nomor jaringan (beberapa blok IP address) kepada ISP(Int ernet

Service Provider) di suatu area diasumsikan pengananan komunitas loca tersebut

akan lebih baik, dibandingkan dengan jika setiap pemakai individual harus meminta IP address ke otoritas pusat, yaitu Internet Assigned Numbers Authority (IANA). IP address ini dikelompokkan dalam lima kelas : Kelas A, Kelas B, Kelas C, Kelas D, dan kelas E. Perbedaan pada tiap kelas tersebut adalah pada ukuran dan jumlahnya. IP Kelas A dipakai oleh sedikit jaringan namun jaringan ini memiliki anggota yang besar. Kelas C dipakai oleh banyak jaringan, namun anggota masing-masing jaringan sedikit. Kelas D dan E juga didefinisikan, tetapi tidak digunakan dalam penggunaan normal. Kelas D diperuntukkan bagi jaringan multicast, dan Kelas E untuk keperluan eksperimental.

Network ID dan host ID
Pembagian kelas-kelas IP address didasarkan pada dua hal : network ID dan host ID
dari suatu IP address. Setiap IP address selalu merupakan sebuah pasangan dari
network-ID (identitas jaringan ) dan host-ID (identitas host dalam jarinangan

tersebut).Netw ork-ID ialah bagian dari IP address yang digunakan untuk menunjukkan jaringan tempat komputer ini berada. Sedangkahhost -ID ialah bagian dari IP address yang digunakan untuk menunjukkan workstation, server, router, dan semua host TCP/IP lainnya dalam jaringan terserbut. Dalam satu jaringan,host - ID ini harus unik (tidak boleh ada yang sama).

\u2022 Kelas A
Karakteristik :
IP address kelas A diberikan untuk jaringan dengan jumlah host yang sangat besar.
Bit pertama dari IP addrtess kelas A selalu di Set 0 (nol) sehingga byte terdepan dari
Diktat Kuliah Komunikasi Data
Internetworking3

IP address kelas A selalul bernilai antara angka 0 dan 117. Pada IP address kelas A, netweork ID ialah delapan bit pertama, sedangkan host ID ialah 24 bit berikutnya. Dengan demikian, cara membaca IP address kelas A, misalnya 113.46.5.6 ialah :

Sehingga IP address di atas berarti host nomor 46.5.6 pada network nomor 113. Dengan panjang host ID yang 24 bit, network dengan IP address kelas A ini dapat menampung sekitar 16 juta host.

\u2022 Kelas B
Karakteristik :

IP address kelas B biasanya dialokasikan untuk jaringan berukuran sedang dan besar. Dua bit pertama dari IP address kelas B selalu di set 11 (satu nol) sehingga byte terdepan dari IP address kelas B selalu bernilai antara 118 hingga 191. Pada IP address kelas B, network ID ialah enam belas bit pertama, sedangkan host ID ialah 16 bit berikutnya. Dengan demikian, cara membaca IP address kelas A, misalnya 132.92.111.1 ialah :

Sehingga IP address di atas berarti host nomor 111.1 Pada network nomor 132.92 Dengan panjang host ID yang 16 bit, network dengan IP address kelas B ini dapat menampung sekitar 65000 host.

\u2022 Kelas C
Karakteristik :

IP address kelas C awalnya digunakan untuk jaringan berukuran kecil (misalnya LAN). Tiga bit pertama dari IP address kelas C selalu berisi 111. Bersama 21 bit berikutnya, angka ini membentuk network ID 24 bit. Host-ID ialah 8 bit terakhir. Dengan konfigurasi ini, bisa dibentuk sekitar dua juta network dengan masing- masing network memiliki 256 IP address.

Activity (50)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Winda Sulistyana liked this
dokter_pc liked this
Endah Jona Sari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->