Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Rimpang Kel IX D3

Materi Rimpang Kel IX D3

Ratings: (0)|Views: 640|Likes:
Published by nugrah_angraini

More info:

Published by: nugrah_angraini on Dec 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/19/2012

pdf

text

original

 
Rimpang
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 Rizoma  jahe.Dari batang yang termodifikasi ini tumbuh akar dan tunas.  Dalam botani, 
rimpang
atau
rizoma
adalah sebuah bentuk modifikasi batang tanaman yang biasanya menjalar di dalam tanah dan dapat menghasilkan tanaman baru dari ruasnya. Dari ruasdapat tumbuh tunas dan akar,sehingga terbentuk tanaman baru. Temu-temuan (Zingiberaceae) dan paku-pakuan (Pteridophyta) adalah contoh dari jenis-jenís tanaman yang memiliki organ ini. Rizoma biasanya juga menjadi tempat penyimpanan produk metabolisme tertentu. Pada temu-temuan, rizoma menyimpan banyak  alkaloid.Rizoma yang membesar dan menjadi penyimpanan cadangan makanan (biasanya dalam bentuk  pati)dinamakan tuber. Kentang yang dimakan manusia adalah tuber.Stolon  juga merupakan modifikasi batang sebagaimana rizoma. Berbeda dengan rizoma, stolonmenjalar di sekitar permukaan tanah.
Dari Wikipedia,ensiklopedi gratis Dalam botani, 
rimpang
atau
rizoma
adalah sebuah bentuk modifikasi batang tanaman yang biasanya menjalar di dalam tanah dan dapat menghasilkan tanaman baru dari ruasnya. Dari ruasdapat tumbuh tunas dan akar,sehingga terbentuk tanaman baru. Temu-temuan (Zingiberaceae) dan paku-pakuan (Pteridophyta) adalah contoh dari jenis-jenís tanaman yang memiliki organ ini. Rizoma biasanya juga menjadi tempat penyimpanan produk metabolisme tertentu. Pada temu-temuan, rizoma menyimpan banyak  alkaloid.Rizoma yang membesar dan menjadi penyimpanan cadangan makanan (biasanya dalam bentuk  pati)dinamakan tuber. Kentang yang dimakan manusia adalah tuber. Stolon  juga merupakan modifikasi batang sebagaimana rizoma. Berbeda dengan rizoma, stolon menjalar di sekitar permukaan tanah.
 
Khasiat rimpang Kencur untuk pengobatan
25-11-2011Kencur (Kaempferia galanga) termasuk suku tumbuhan Zingiberaceaedan digolongkan sebagai tanaman jenis empon-empon yang mempunyai daging buah palinglunak dan tidak berserat. Kencur merupakan terna kecil yang tumbuh subur di daerah dataranrendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Rimpang kencurmempunyai aroma yang spesifik. Daging buah kencur berwarna putih dan kulit luarnya berwarnacoklat. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar dengan susunan berhadapan.Bunganya tersusun setengah duduk dengan mahkota bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah,bibir bunga berwara lembayung dengan warna putih lebih dominan. Kencur tumbuh danberkembang pada musim tertentu, yaitu pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam potatau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan di tempat terbuka.Nama Lokal :Kencur (Indonesia, Jawa), Cikur (Sunda), Ceuko (Aceh); Kencor (Madura), Cekuh (Bali),Kencur, Sukung (Minahasa); Asauli, sauleh, soul, umpa (Ambon), Cekir (Sumba);Penyakit Yang Dapat Diobati :Radang Lambung, Radang anak telinga, Influenza pada bayi; Masuk angin, Sakit Kepala, Batuk,Menghilangkan darah kotor; Diare, Memperlancar haid, Mata Pegal, keseleo, lelah;Pemanfaatan :1. Radang LambungBahan: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari.Cara membuat: kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah;Cara menggunakan: ditelan airnya, ampasnya dibuang, kemudianminum 1 gelas air putih, dan diulangi sampai sembuh.2. Radang Anak TelingaBahan: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan ½ biji buah pala.Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus dan diberi 2sendok air hangat;Cara menggunakan: dioleskan/dibobokkan di seputar hidung.
 
3. Influenza pada bayiBahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daunkemukus (lada berekor/ Cubeb)Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudianditambah beberapa sendok air hangat.Cara menggunakan: dioleskan/dibobokkan di seputar hidung.4. Masuk AnginBahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya.Cara membuat: kencur dikuliti bersih.Cara menggunakannya: kencur dimakan dengan garam secukupnya,kemudian minum 1 gelas air putih.Dapat dilakukan 2 kali sehari.5. Sakit KepalaBahan: 2-3 lembar daun kencur.Cara membuat: daun kencur ditumbuk sampai halus.Cara menggunakannya: dioleskan (sebagai kompres/pilis) pada dahi.6. Batuk a. Bahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya.Cara membuat : kencur diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring.Cara menggunakan : diminum dengan ditambah garam secukupnya.b. Bahan : 1 rimpang kencur sebesar ibu jari.Cara membuat : kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah;Cara menggunakan : airnya ditelan, ampasnya dibuang. Dilakukan setiap pagi secara rutin.7. Diarea. Bahan : 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya.Cara membuat : kencur diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring.Cara menggunakan : diolsekan pada perut sebagai bedak.b. Bahan : 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya.Cara membuat : kencur diparut, kemudian ditambah garam secukupnya.Cara menggunakan : dioleskan pada perut sebagai bedak.8. Menghilangkan Darah KotorBahan : 4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering,adas pulawaras secukupnya.Cara membuat : semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidihkemudiandisaring.Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari secara teratur.9. Memperlancar haidBahan : 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->