Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
10Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komunikasi Pada Anak

Komunikasi Pada Anak

Ratings: (0)|Views: 1,578|Likes:
Published by Lainatussifah Qamal

More info:

Published by: Lainatussifah Qamal on Dec 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/14/2012

pdf

text

original

 
Perkembangan Bicara dan Bahasa yang Normal
 Sangat penting untuk mengerti perkembangan bicara dan bahasa pada anak anda. Terkadangsulit untuk membedakan apakah anak hanya imatur di dalam kemampuannya berkomunikasiatau anak memiliki gangguan yang membutuhkan bantuan profesional.
Perkembangan berbicara dan bahasa anak adalah:
 
 
Sebelum 12 bulan : Mengoceh atau „babbling‟ adalah tahap awal dari perkembangan
berbicara. Apabila bayi beranjak besar (sekitar 9 bulan), mereka mulai untuk menggunakan nada yang berbeda-
 beda untuk berbicara, berkata „mama‟ dan „dada‟
(tanpa mengerti artinya). Sebelum usia 12 bulan, anak mulai tertarik pada suara.
 
Usia 12-15 bulan : Anak pada usia ini memiliki variasi babbling mereka dan minimal1-2 kata yang dimengerti sudah
dikeluarkan (tidak termasuk „mama‟ dan „dada‟) .Anak usia ini sudah dapat mengerti dan mengikuti petunjuk tunggal (seperti: “Tolong berikan saya mainan itu”) atau mengerti perintah dan sedikit pertanyaan (contoh :
Mana hidungmu?)
 
Usia 18-24 bulan : Anak sudah memiliki sekitar 20 kata pada usia 18 bulan, dansekitar 50 kata atau penggalan kata pada usia 24 bulan. Pada usia 24 bulan, anak harus
 belajar mengkombinasikan 2 kata seperti “Susu sapi”. Usia 2 tahun seharusnya juga
sudah dapat mengikuti 2 macam per
intah (seperti : “Tolong ambilkan mainan itu dan bawakan saya gelasmu”)
 
 
Usia 2-3 tahun : Koleksi kata-kata anak sudah meningkat, dapat mengkombinasikan 3atau lebih kata menjadi kalimat, mengerti berbagai macam perintah, dapatmengidentifikasikan warna dan mengerti konsep deskriptif (contoh : besar vs kecil)
Apa yang dimaksud dengan gangguan komunikasi?
 Yang dimaksud dengan gangguan komunikasi meliputi berbagai lingkup masalah yaitugangguan bicara, bahasa, dan mendengar. Gangguan bahasa dan bicara melingkupi gangguanartikulasi, gangguan mengeluarkan suara, afasia (kesulitan menggunakan kata-kata, biasanyakarena memar atau luka pada otak), dan keterlambatan di dalam berbicara atau berbahasa.Keterlambatan bicara dan bahasa tergantung dari beberapa penyebab, termasuk di dalamnyaadalah faktor lingkungan atau gangguan pendengaran.
Berapa banyak anak memiliki gangguan komunikasi?
 Gangguan bicara pada anak adalah salah satu kelainan yang sering dialami oleh anak-anak dan terjadi pada 1 dari 12 anak atau 5
 – 
8 % dari anak-anak presekolah. Hal ini mencakupgangguan berbicara (3%) dan gagap (1%). Konsekuensi yang diambil pada gangguan wicarayang terlambat ditangani adalah perubahan yang signifikan dalam hal tingkah laku, gangguankejiwaan, kesulitan membaca, dan gangguan prestasi akademik termasuk penurunan prestasi
 
di sekolah sampai drop-out. Sampai saat ini, gangguan bicara pada anak merupakan masalahyang sulit terdeteksi pada pusat pelayanan primer.Gangguan pendengaran bervariasi sekitar 5% dari anak usia sekolah dengan levelpendengaran di bawah normal. Dari jumlah ini, 10-20% memerlukan pendidikan khusus.Sekitar 1/3 dari anak yang memiliki gangguan pendengaran, bersekolah di sekolah biasa, 2/3dari mereka memasuki pendidikan khusus atau sekolah luar biasa untuk tuna rungu.
Apa penyebab gangguan komunikasi?
 Banyak gangguan komunikasi muncul dari kondisi lain seperti gangguan pembelajaran,cerebral palsy, retardasi mental, atau sumbing bibir dan palatum. Anak dengan keterlambatanbicara memiliki gangguan pengucapan, yang berarti terdapat komunikasi tidak efektif padaarea otak yang bertanggungjawab untuk berbicara. Anak dapat mengalami kesulitan di dalammenggunakan bibir, lidah, dan rahang untuk memproduksi suara. Tidak mampu berbicaradapat merupakan masalah satu-satunya atau dapat diikuti dengan masalah lainnya sepertikesulitan menelan. Keterlambatan berbicara dapat mengindikasikan keterlambatanperkembangan.Gangguan pendengaran umumnya berkaitan dengan keterlambatan berbicara, bila anak memiliki gangguan pendengaran, dia juga dapat memiliki gangguan mengerti pembicaraandan gangguan menirukan dan menggunakan bahasa. Gangguan pendengaran terbagi atasgangguan pendengaran parsial dan ketulian total. Ketulian dapat didefinisikan sebagaikesulitan berkomunikasi secara auditori atau memerlukan alat bantuan berupa amplifikasi.Terdapat 4 tipe dari gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran konduktif yangdisebabkan penyakit atau sumbatan pada liang telinga maupun telinga tengah, biasanya dapatdibantu dengan hearing aid. Gangguan pendengaran sensorineural terjadi Karena kerusakanpada sel rambut sensori dari telinga dalam atau kerusakan dari saraf telinga, umumnya tidak dapat dibantu dengan hearing aid. Gangguan pendengaran campuran yaitu kombinasigangguan dari telinga luar atau telinga tengah, dan telinga dalam. Gangguan pendengaransentral yang berasal dari kerusakan saraf atau otak.
Apa karakteristik dari anak-anak dengan gangguan komunikasi?
 
Bayi yang tidak berespon dengan suara atau tidak bisa‟bubbling‟ atau
mengoceh merupakanhal yang perlu diperhatikan. Pada usia 12-24 bulan, perhatian lebih perlu diberikan pada anak dengan :
 
Tidak dapat menggunakan bahasa tubuh seperti menunjuk atau melambai pada usia12 bulan
 
 
Memilih bahasa tubuh dibandingkan vokalisasi untuk berkomunikasi pada usia 18bulan
 
Memiliki kesulitan menirukan suara atau kata pertama tidak muncul pada usia 18bulan
Pada anak usia lebih dari 2 tahun, anda harus mencari bantuan apabila :
 
 
Hanya dapat mengulang kata atau suara tanpa mampu menghasilkan kata atau kalimatsendiri
 
Hanya mengucapkan beberapa kata atau suara berulang-ulang
 
Tidak dapat mengikuti petunjuk sederhana
 
Memiliki suara yang tidak biasa (suara hidung)
 
Lebih sulit dimengerti dibandingkan sebayanya, orangtua dan pengasuh sebaiknyamengerti separuh dari yang diucapkan anak pada usia 2 tahun, sekitar ¾ dari yangdiucapkan pada anak 3 tahun, dan pada usia 4 tahun, anak anda seharusnya sudahdapat dimengerti seluruh kata-kata yang dia keluarkanAnak dengan keterlambatan bicara dan bahasa memiliki berbagai karakteristik termasuk ketidakmampuan untuk mengikuti petunjuk, lambat dalam berbicara, kesulitan artikulasi, dankesulitan dalam membuat kalimat.Gagap adalah gangguan dalam berbicara atau lambat di dalam berbicara, umumnya munculantara usia 3-4 tahun dan dapat berkembang menjadi kasus yang kronik apabila tidak ditangani secara adekuat. Gagap dapat secara spontan menghilang pada usia remaja, namunterapi bicara dan bahasa sebaiknya dilakukan sebelumnya.Anak dengan kemungkinan gangguan pendengaran dapat muncul dengan kurangnyakemampuan pendengaran, perlunya pengulangan pertanyaan sebelum dapat menjawab yangbenar, berbicara dalam kata-kata yang kurang tepat, atau mengalami kebingungan dalamdiskusi. Deteksi dan diagnosis dini gangguan pendengaran sebaiknya segera dilakukan danditangani dengan segera.
Apa yang harus dilakukan pada anak dengan gangguan komunikasi?
 Apabila anda atau dokter anak anda mencurigai adanya gangguankomunikasi, maka evaluasi dini oleh profesional sebaiknya segeradilakukan. Suatu evaluasi yang dilakukan oleh ahli patologi bicara danbahasa diantaranya adalah melihat kemampuan berbicara dan berbahasaanak anda menggunakan tes dan skala yang sudah distandarisasi. Ahlipatologi tersebut juga akan mengamati apa yang anak mengerti, apa yanganak dapat katakan, komunikasi bahasa tubuh seperti menunjuk,menggeleng, dan status oral-motor anak (bagaimana bentuk bibir, lidah,langit-langit mulut, apakah mereka dapat bekerjasama di dalam berbicara,makan, dan menelan).Apabila ahli tersebut menyatakan bahwa anak anda memerlukan terapi bicara makaketerlibatan orangtua sangat berperan. Suatu tim yang terdiri dari guru, terapis bicara danbahasa, audiologis, dan orangtua diperlukan untuk menangani gangguan komunikasi pada

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Astuti Lila liked this
Mouli Sahri liked this
Ai Siti Nurjanah liked this
Sri Kistianah liked this
Desy Luphfamily liked this
Adin Mujahid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->