Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Protozoa

Protozoa

Ratings: (0)|Views: 765|Likes:
Published by Ayundha Nabilah

More info:

Published by: Ayundha Nabilah on Dec 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
Uraian
Tubuh protista ada yang tersusun atas satu sel saja (uniseluler) contohnya protozoadan euglenophyta, ada pula yang tersusun atas banyak sel contohnya protista yangmirip jamur (tumbuhan). Organisme protista berdasarkan ciri yang dimikilinya adayang mirip hewan, seperti tumbuhan dan ada yang seperti jamur. Berdasarkan polaperolehan atau pengolahan makanannya, maka protista dikategorikan dalam tigakelompok dasar yaitu:
 
Kelompok Protozoa (Protista mirip hewan)
 
Kelompok Alga (Protista mirip tumbuhan)
 
Kelompok Jamur lendir
 
Atas dasar pengelompokkan di atas marilah kita pelajari satu persatu yang pertamatentang:
A.Protozoa (Protista mirip hewan)
 
a.
Ciri-ciri dan tempat tinggalProtozoa merupakan hewan bersel tunggal, berinti sejati (eukariotik)dan tidak memiliki dinding sel. Protozoa berasal dari kata protos yangberarti pertama dan zoom yang berarti hewan sehingga disebut sebagaihewan pertama. Ukurannya antara 3 – 1000 mikron dan merupakanorganisme mikroskopis bersifat heterotrof. Tempat hidupnya adalahtempat yang basah yang kaya zat organik, air tawar atau air lautsebagai zooplakton, beberapa jenis bersifat parasit dan menyebabkanpenyakit pada manusia dan hewan ternak.Bentuk tubuh protozoa berbeda-beda pada fase yang berbeda dalamsiklus hidupnya. Protozoa memiliki alat gerak yaitu ada yang berupakaki semu, bulu getar (cillia) atau bulu cambak (flagel). Beberapaprotozoa memiliki fase vegetatif yang bersifat aktif yang disebuttropozoit dan fase dorman dalam bentuk sista. Tropozoit akan aktif mencari makan dan berproduksi selama kondisi lingkunganmemungkinkan. Jika kondisi tidak memungkinkan kehidupan tropozoitmaka protozoa akan membentuk sista. Sista merupakan bentuk selprotozoa yang terdehidrasi dan berdinding tebal mirip denganendospora yang terjadi pada bakteri. Pada saat sista protozoa mampubertahan hidup dalam lingkungan kering maupun basah. Padaumumnya berkembangbiak dengan membelah diri.Selanjutnya untuk lebih mengenal tentang bentuk-bentuk protozoacobalah lakukan kegiatan praktikum bersama teman kelompok Andayaitu “Organisme Protozoa yang ada di lingkungan kita”.TujuanLangkah kerja :
:
Mengidentifikasi dan mendiskripsikan organismeProtista dan menempatkannya pada tingkat klasifikasiyang tepat.
 
1.Potong-potonglah jerami (rumput kering), kemudian masukkan kedalam botol hingga ¼ bagian.
 
2.Masukkan air sawah (sungai) kedalam botol ± ¾ bagian.
 
 
3.Biarkan botol terbuka, simpan di tempat yang tidak kena sinarmatahari selama 1 minggu.
 
4.
Pada hari ke delapan ambil setetes air dari dalam botol tadi denganpipet, teteskan pada kaca benda dan tutup dengan kaca penutup.
 
5.
Amati di bawah mikroskop, gambarkan protozoa yang Anda temukan.
 
6.
Cocokkan dengan gambar yang ada dalam buku dan berikan nama jenisnya.
 
Tabel Hasil Pengamatan
 
NO.Gambar Protozoa Nama Jenis
Pertanyaan:
 
1.
Jenis protozoa apa yang paling banyak Anda temukan?
 2.
Jelaskan cara perkembangbiakan jenis protozoa yang Anda temukan!Setelah Anda jawab dan mengerjakan kegiatan di atas buatlahlaporannya kemudian serahkan laporan tersebut kepada Guru BinaAnda. Selanjutnya mari kita teruskan pelajaran ini dengan materiberikut inib.Penggolongan ProtozoaBerdasarkan alat gerak yang dimilikinya Protozoa dibedakan menjadi 4fillum yaitu:
 
 
1.
 
Fillum Mastigophora atau Flagellata (Flagellum = Cambuk)memilikialat gerak berupa cambuk dan disebut cambuk getarContohnya:
Trypanosoma
.
 
2.
 
Sarcodina atau Rhizopoda (Rhizoid = akar, podos = kaki) yaituprotozoa yang bergerak dengan menggunakan pseudopodia (kakisemu), misal
 Amoeba
.
 
3.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->