Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Dasar Konversi Energi

Konsep Dasar Konversi Energi

Ratings: (0)|Views: 4,278|Likes:
Published by Unaya Engiineering

More info:

Published by: Unaya Engiineering on Dec 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2013

pdf

text

original

 
1
A.
 
KONSEP DASAR KONVERSI ENERGI
a.
 
EnergiEnergi adalah sesuatu yang diperlukan untuk melakukan suatu kegiatan,dalam pengertiannya energi ini bisa berarti sangat luas. jika kita membicarakan energiberarti banyak sekali sumber energi yang timbul dalam pikiran kita. Menurutsumbernya energi terbagi 2 yaitu:1.
 
Renewable energi2.
 
Non-renewable energi1. Renewable energiRenewable energi adalah sumber energi yang dapat diperbarui/dapatdihasilkan kembali dalam jangka waktu yang relatif tidak lama,contoh:air,angin,sinarmatahari,dll.air merupakan sumber energi yang tidak terbatas ketersediaannya,ini dikarenakan airmengalami siklus jadi jumlah air yang ada di bumi ini tetap.2.Non renewable energiNon renewable energi adalah sumber energi yang tidak dapatdiperbaharui/membutuhkan waktu relatif yang sangat lama untuk dihasilkankembali,contoh:minyak bumi,batu bara,gas bumi,dll. Minyak bumi merupakantimbunan dari fosil yang telah terpendam jutaan tahun yang lalu dan melalui prosesalam sehinnga menghasilkan minyak bumi sehingga ketersediannya terbatas.b.
 
Konversi EnergiKonversi energi adalah proses perubahan energi dari energi yang satu keenergi yang lain biasanya melalui media perantara. contoh: pembangkit listrik tenagalombang laut,penggunaan gelombang laut pembangkit listrik memiliki banyak keuntungan daripada penggunaan sumber energi angin atau matahari karena wilayah
 
2
laut indonesia sangat potensial,ketersediaan dan kerapatan energinya,sertapenggunaan gelombang laut tidak menyebabkan polusi yang berlebihan. menurutpenelitian negara-negara maju energi gelombang laut ini menggunakan pasang surutair laut untuk menggerakan turbin kemudian dari turbin ke gearbox diteruskan kegeneratordan terakhir ke pembangkit listrik dan juga penggunaan gelombang laut punrelatif murah.tetapi masih terdapat kelemahan akibat goyangan ombak dan masihdalam tahap penelitian.c.
 
Sistem Konversi Energi dalam Suatu SistemEnergi dalam suatu sistem tertentu dapat dirubah menjadi usaha, artinyakalau energi itu dimasukkan ke dalam sistem dan dapat mengembang untuk menghasilkan usaha. Sebagai contoh sistem konversi energi, apabila bahan bakarbensin (premium) yang dimasukkan ke dalam silinder mesin konversi energi jenismotor pembakaran dalam, misalnya sepeda motor. Energi (C8H18/iso-oktan ataunilai kalor) yang tersimpan sebagai ikatan atom dalam molekul bensin/premiumdilepas pada waktu terjadi pembakaran dalam silinder, hasil pembakaran ini ditransfermenjadi energi panas/kalor.Energi panas yang dihasilkan ini akan mendorong torak/piston yang adadalam silinder, akibatnya torak/piston akan bergerak. Bergeraknya torak/piston terjaditransformasi energi, yaitu dari energi panas menjadi energi kinetik. Selanjutnyaenergi kinetik ditransfer menjadi energi mekanik yang menghasilkan usaha (kerja).Kerja yang merupakan hasil kemampuan dari sistem yang berguna bagi kepentinganmanusia, yaitu dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang jauh jaraknya.
 
Macam-macam Energia. Energi Mekanik Energi yang tersimpan dalam energi kinetik atau energi potensial dan dapatditransisi atau transfer untuk menghasilkan usaha/kerja.
 
3
b. Energi Listrik Energi yang berkaitan dengan akumulasi arus elektron dan bentuk transisiatau transfernya adalah aliran elektron melalui konduktor jenis tertentu. Energi listrik dapat disimpan sebagai energi medan elektrostatis dan merupakan energi yangberkaitan dengan medan listrik akibat terakumulasinya muatan elektron pada pelat-pelat kapasitor. Energi medan listrik ekivalen dengan energi medan elektromagnetisyang sama dengan energi yang berkaitan dengan medan magnet yang timbul akibataliran elektron melalui kumparan induksi.c.
 
Energi KimiaEnergi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron di mana dua atau lebihatom/molekul berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil.Energi kimia hanya dapat terjadi dalam bentuk energi tersimpan. Bila energi dilepasdalam suatu reaksi maka reaksinya disebut reaksi eksotermis yang dinyatakan dalamkJ, BTU, atau kkal. Bila dalam reaksi kimia energinya terserap maka disebut denganreaksi endotermis. Sumber energi bahan bakar yang sangat penting bagi manusiaadalah reaksi kimia eksotermis yang pada umumnya disebut reaksi pembakaran.Reaksi pembakaran melibatkan oksidasi dari bahan bakar fosil.d. Energi NuklirEnergi nuklir adalah energi dalam bentuk energi tersimpan yang dapatdilepas akibat interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom. Energi ini dilepassebagai hasil usaha partikel-partikel untuk memperoleh kondisi yang lebih stabil.Satuan yang digunakan adalah juta-an elektron reaksi. Reaksi nuklir dapat terjadipada peluluhan radioaktif, fisi, dan fusi.e. Energi Termal (Panas)Merupakan bentuk energi dasar di mana dalam kata lain adalah semua energiyang dapat dikonversikan secara penuh menjadi energi panas. Sebaliknya,

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
helmiutp liked this
Ahcmad Fauzan liked this
Ragil Ajii liked this
Nandoo Aie liked this
Satu Dua liked this
Taufik Muhammad liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->