Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah kel 2 jadi

makalah kel 2 jadi

Ratings: (0)|Views: 267|Likes:
Published by Meiria Sari

More info:

Published by: Meiria Sari on Dec 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2014

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Osteogenesis Imperfecta (OI) juga dikenal sebagai penyakit tulang rapuh. OImerupakan kelainan genetik (warisan) yang ditandai dengan tulang-tulang yang mudah patahtanpa sebab tertentu. Data UMM menunjukkan, diperkirakan 20.000 hingga 50.000 orang diAmerika Serikat mempunyai penyakit ini. Kelainan terjadi pada satu dari 20.000 anak yanglahir hingga satu dari 60.000 kelahiran hidup. OI dapat mempengaruhi pria dan wanita darisemua ras. Penyebab OI diyakini karena cacat genetik yang menyebabkan tidak sempurnaanbentuk, atau jumlah yang tidak memadai, tulang kolagen - protein yang ditemukan dalam jaringan ikat.
LAPORAN KASUS
 Bayi perempuan yang bernama Adzka , yang berusia 3,5 bulan dirawat di rumah sakitDR. M Djamil Padang. Dikarenakan menderita 10 tempat patah tulang, sehingga tidak bisadigendong seprti bayi normal lainnya. Setelah diperiksa oleh dokter ditemukan kelainandengan diagnosa Osteogenesis Imperfecta.
PEMBAHASANOsteogenesis Imperfecta
Yang dimaksut dengan Osteogenesis Imperfecta adalah suatu kondisi genetik yangmemperngaruhi perkembangan kolagen, suatu protein dalam tulang, kulit dan jaringan.
Kolagen
Kolagen adalah suatu protein yang menyusun tubuh manusia. Kata kolagen sendiriberasal dari bahasa Yunani yang artinya
“bersfat lekat atau menghasikkan pelekat”.
Kolagenmerupakan protein alami terbanyak dalam tubuh manusia, mencakup 30% dari seluruhprotein tubuh dan terdiri dari 29 tipe. Terdapat di tulang, tulang rawan, kulit, dan tendon.Kolagen tersusun atas 3 zat utama dari asam amino yaitu glisin (33,5%), prolin (12,5%), danhidroksiprolin (10%).
[1]
 
 
Tipe tipe kolagen
Tipe tipe kolagen dari protein kolagen saat ini ada 29 macam. Berikut tipe danlokasinya:Tipe kolagen LokasiI Kulit, tendon, tulang fibrosit dentinII Kartilagi, badan vitreous, ulang rawan hialin, tulang rawan elastisIII Kulit, otot, pembuluh darah, urterus, limfa, ginjal, ususIV Membran baslisV Jaringan pada janin, kulit, tulang, plasenta, korneaVI Ginjal, hati, korneus, urterusVII EpitelVIII Lamina basal tipis dari epitel korneaIX Tulang rawan, corpus pitellusX Tulang rawanXI Tulang rawamXII Tendo embryo, kulitXIV Kulit, tendo embryo
Macam macam jaringan ikat
Klasifikasi jaringan ikat berdasarkan bagian sel-sel terhadap serat dan pada susunan serat jenis serat:A.
 
Jaringan ikat embrional:1.
 
Jaringan mukosa (jeli wharton)Jaringan ini terdapat di sebelah dalam dari kulit janin dan ditali pusat yangmengelilingi pembuluh-pembuluh tali pusat2.
 
Jaringan mesenkimJaringan ini hanya di temukan di embrio yang terdiri atas matriks amorf seperti jeli yang hanya sedikit mengandung serat-serat retkulin yang tersebarB.
 
Jaringan ikat sejati1.
 
Jaringan ikat jarang (jaringan areolar)
 
Jaringan ini adalah jaringan yang mengisi cela-cela tepat yang berada di sebelahdalam kulit2.
 
Jaringan ikat padatDiklasifikasikan oleh arah berkas serat menjadi dua jenis yaitu:a.
 
Jaringan ikat padat tidak beraturanJaringan ini khas untuk dermis dan kapsula banyak organb.
 
Jaringan ikat padat beraturanJaingan ini hanya terdapat di tendo dan ligamen dan jaringan ini berupa kolageatau elastis3.
 
Jaringan elastis jaringan ini terdapat di dermis, paru, tulang rawan elastis, ligamen elastis, danpada arteri besar dimana jaringan ini membentuk jaringan yang berlubang4.
 
Jaringan retikularSerat-serat retikular seluruhnya bercabang (kolagen tipe III) dan jaringan inimenyusupi sinusiod hati, sel-sel otot polos, sel-sel lemak, dan membentuk stromaorgan limfatik, sumsum tulang dan kelenjar endokrin5.
 
Jaringan lemak Tempat utama untuk penyimpanan energi dalam bentuk trigliserida danmempunyai banyak percabangan neurovaskulara.
 
Jaringan lemak putihJaringan ini terdiriatas sel-sel lemak unilkular serta menyusun seluruh jaringanlemak orang dewasa seleuruh tubuhb.
 
Jaringan lemak coklatJaringan ini terdiri atas sel lemak multilokular yang banyak mengandungmitokondria yang besar serta sering ditemukan pada bayi dan banyak berkurang pada orang dewasaC.
 
Jaringan ikat khusus1.
 
Tulang rawan dan tulang2.
 
Darah
Sel yang memproduksi protein kolagenKolagen
 adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaankolagen adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Serpika Chihuy liked this
Yelsa Yulanda liked this
Yulia Syarifa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->