Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
18Activity
×
P. 1
Tinjauan Makroekonomi Dan Mikroekonomi Di Bidang Kesehatan

Tinjauan Makroekonomi Dan Mikroekonomi Di Bidang Kesehatan

Ratings: (0)|Views: 5,963|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Tara Sefanya Kairupan on Dec 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1 Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalammemenuhi kebutuhannya yang relatif tidak terbatas dengan menggunakan sumberdaya yang terbatas dan masing-masing sumber daya mempunyai alternatif penggunaan (
opportunity cost 
). Menurut George Bernard Shaw
”economy is theart of making the most out of life”,
sedangkan menurut definisi umum ilmuekonomi membahas bagaimana sumber daya dialokasikan di antara berbagaialternatif penggunaan untuk memuaskan keinginan manusia (Katz dan Rosen,1998).Ilmu ekonomi muncul karena adanya tiga kenyataan yaitu (1) kebutuhanmanusia relatif tidak terbatas, (2) sumber daya tersedia secara terbatas, (3)masing-masing sumber daya mempunyai beberapa alternatif penggunaan.Secara garis besar ilmu ekonomi dapat dipisahkan menjadi dua yaitu ilmuekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro.
1.1.1 Ilmu Ekonomi Makro
Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat(keseluruhan). Variabel-variabel tersebut antara lain: pendapatan nasional,kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi,pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional. Ilmu ekonomimakro mempelajari masalah-masalah ekonomi utama sebagai berikut:
 
Sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatanekonomi. Apabila seluruh sumber daya telah dimanfaatkan keadaan inidisebut
 full employment 
. Sebaliknya bila masih ada sumber daya yangbelum dimanfaatkan berarti perekonomian dalam keadaan
under employment 
atau terdapat pengangguran/belum berada pada posisikesempatan kerja penuh.
 
2
 
Sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas dibidang moneter. Apabila nilai uang cenderung menurun dalam jangkapanjang berarti terjadi inflasi. Sebaliknya terjadi deflasi.
 
Sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan dan pertumbuhantersebut disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik antarapertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam distribusi pendapatanterdapat
trade off 
maksudnya bila yang satu membaik yang lainnyacenderung memburuk.
1.1.2 Ilmu Ekonomi Mikro
Ilmu ekonomi mikro mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecilmisalnya perusahaan, rumah tangga. Dalam ekonomi mikro dipelajari tentangbagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimilikinya sehinggatercapai tingkat kepuasan yang optimum. Secara teori, tiap individu yangmelakukan kombinasi konsumsi atau produksi yang optimum bersama denganindividu-individu lain akan menciptakan keseimbangan dalam skala makrodengan asumsi
ceteris paribus
.Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro dapat dilihat dalam Tabel1.1.
Tabel 1.1
Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
Dilihat dari Ekonomi Makro Ekonomi MikroHarga
Harga adalah nilai dari komoditassecara agregat (keseluruhan)Harga ialah nilai dari suatukomoditas (barang tertentu saja)
Unit analisis
Pembahasan tentang kegiatanekonomisecara keseluruhan.Contohnya pendapatan nasional,pertumbu8han ekonomi, inflasi,pengangguran, investasi dankebijakan ekonomi.Pembahasan tentang kegiatanekonomi secara individual.Contohnya permintaan dan danpenawaran, perilaku konsumen,perilaku produsen, pasar,penerimaan, biaya dan laba ataurugi perusahaan
Tujuan analisis
Lebih memfokuskan pada analisistentang pengaruh kegiatanekonomi terhadap perekonomiansecara keseluruhanLebih memfokuskan padaanalisis tentang caramengalokasikan sumber dayaagar dapat dicapai kombinasiyang tepat.
 
3Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi1.
 
Masalah kemiskinanUpaua penanggulangan kemiskinan dapat dilakukan melalui berbagai cara,misalnya program IDT (Inpres Desa Tertinggal), KUK (Kredit UsahaKecil), KMKP (Kredit Modal Kerja Permanen) PKT (Program KawasanTerpadu), GN-OTA dan program wajib belajar.2.
 
Masalah keterbelangkanganMasalah yang dihadapi adalah rendahnya tingkat pendapatan danpemerataannya, rendahnya pelayanan kesehatan, kurang terpeliharanyafasilitas umum, rendahnya tingkat disiplin masyarakat, renddahnya tingkatketerampilan, rendahnya tingkat pendidikan formal, kurangnya modal,produktivitas kerja, lemahnya manajemen usaha. Untuk mengatasimasalah ini pemerintah berupaya meningkatkan kualitas SDM, pertukaranahli, transfer teknologi dari negara maju.3.
 
Masalah pengangguran dan kesempatan kerjaMasalah pengangguran timbul karena terjadinya ketimpangan antara jumlah angkatan kerja dan kesempatan kerja yang tersedia. Untuk mengatasi masalah ini pemerintah melakukan pelatihan bagi tenaga kerjasehingga tenaga kerja memeiliki keahlian sesuai dengan lapangan kerjayang tersedia, pembukaan investasi baru, terutama yang bersifat padatkarya, pemberian informasi yang cepat mengenai lapangan kerja.4.
 
Masalah kekurangan modalKekurangan modal adalah suatu ciri penting setiap negara yang memulaiproses pembangunan. Kekurangan modal disebabkan tingkat pendapatanmasyarakat yang rendah yang menyebabkan tabungan dan tingkatpembentukan modal sedikit. Cara mengatasinya melalui peningkatankualitas SDM atau peningkatan investasi menjadi lebih produktif.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
muliatussaida liked this
Kusyanto liked this
whie_andri liked this
Rosi Erna liked this
Novd Novita liked this
Amber Laan DeZzu liked this
Saya Ramadhani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->