Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU 5 Tahun 2011

UU 5 Tahun 2011

Ratings: (0)|Views: 31 |Likes:
Published by poetjazz
UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2011 TENTANG AKUNTAN PUBLIK
UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2011 TENTANG AKUNTAN PUBLIK

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: poetjazz on Dec 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2011

pdf

text

original

 
 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 5 TAHUN 2011 TENTANGAKUNTAN PUBLIKDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa pembangunan nasional yang berkesinambunganmemerlukan perekonomian nasional yang sehat dan efisienserta memenuhi prinsip pengelolaan yang transparan danakuntabel untuk mewujudkan masyarakat adil danmakmur sesuai dengan Pancasila dan Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;b. bahwa jasa akuntan publik merupakan jasa yangdigunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi danberpengaruh secara luas dalam era globalisasi yangmemiliki peran penting dalam mendukung perekonomiannasional yang sehat dan efisien serta meningkatkantransparansi dan mutu informasi dalam bidang keuangan;c. bahwa sampai saat ini belum ada undang-undang yangkhusus mengatur profesi akuntan publik yang memberikanperlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat danprofesi akuntan publik;d. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a, huruf b, dan huruf c perlu membentukUndang-Undang tentang Akuntan Publik;Mengingat : Pasal 5 ayat (1) dan Pasal 20 Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG AKUNTAN PUBLIK.
BAB I …
 
 
 
- 2 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Akuntan Publik adalah seseorang yang telah memperolehizin untuk memberikan jasa sebagaimana diatur dalamUndang-Undang ini.2.
 
Akuntan Publik Asing adalah warga negara asing yangtelah memperoleh izin berdasarkan hukum di negara yangbersangkutan untuk memberikan jasa sekurang-kurangnya jasa audit atas informasi keuangan historis.3.
 
Asosiasi Profesi Akuntan Publik adalah organisasi profesiAkuntan Publik yang bersifat nasional.4.
 
Asosiasi Profesi Akuntan adalah organisasi profesiAkuntan yang bersifat nasional.5.
 
Kantor Akuntan Publik, yang selanjutnya disingkat KAP,adalah badan usaha yang didirikan berdasarkanketentuan peraturan perundang-undangan danmendapatkan izin usaha berdasarkan Undang-Undang ini.6.
 
Organisasi Audit Indonesia, yang selanjutnya disingkatOAI, adalah organisasi di Indonesia yang merupakan jaringan kerja sama antar-KAP.7.
 
Kantor Akuntan Publik Asing, yang selanjutnya disingkatKAPA, adalah badan usaha yang didirikan berdasarkanhukum negara tempat KAPA berkedudukan danmelakukan kegiatan usaha sekurang-kurangnya di bidang jasa audit atas informasi keuangan historis.8.
 
Organisasi Audit Asing, yang selanjutnya disingkat OAA,adalah organisasi di luar negeri yang didirikanberdasarkan peraturan perundang-undangan di negara yang bersangkutan, yang anggotanya terdiri dari badanusaha jasa profesi yang melakukan kegiatan usahasekurang-kurangnya di bidang jasa audit atas informasikeuangan historis.9.
 
Pihak Terasosiasi adalah Rekan KAP yang tidakmenandatangani laporan pemberian jasa, pegawai KAP yang terlibat dalam pemberian jasa, atau pihak lain yangterlibat langsung dalam pemberian jasa.10.
 
Rekan adalah sekutu pada KAP yang berbentuk usahapersekutuan.11. Standar
 
 
 
- 3 -11.
 
Standar Profesional Akuntan Publik, yang selanjutnyadisingkat SPAP, adalah acuan yang ditetapkan menjadiukuran mutu yang wajib dipatuhi oleh Akuntan Publikdalam pemberian jasanya.12.
 
Menteri adalah menteri yang tugas dan tanggung jawabnya di bidang keuangan.Pasal 2Wilayah kerja Akuntan Publik meliputi seluruh wilayah NegaraKesatuan Republik Indonesia.BAB IIBIDANG JASABagian Kesatu Jenis JasaPasal 3(1)
 
Akuntan Publik memberikan jasa asurans, yang meliputi:a.
 
 jasa audit atas informasi keuangan historis;b.
 
 jasa reviu atas informasi keuangan historis; danc.
 
 jasa asurans lainnya.(2)
 
 Jasa asurans sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanyadapat diberikan oleh Akuntan Publik.(3)
 
Selain jasa asurans sebagaimana dimaksud pada ayat (1),Akuntan Publik dapat memberikan jasa lainnya yangberkaitan dengan akuntansi, keuangan, dan manajemensesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.Bagian KeduaPembatasan Pemberian JasaPasal 4(1)
 
Pemberian jasa audit oleh Akuntan Publik dan/atau KAPatas informasi keuangan historis suatu klien untuk tahunbuku yang berturut-turut dapat dibatasi dalam jangka waktu tertentu.(2) Ketentuan
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->