Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU 17 Tahun 2011.pdf

UU 17 Tahun 2011.pdf

Ratings: (0)|Views: 643|Likes:
Published by poetjazz
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Published by: poetjazz on Dec 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/23/2011

pdf

text

original

 
 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 17 TAHUN 2011 TENTANGINTELIJEN NEGARADENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang: a. bahwa untuk terwujudnya tujuan nasional negara yangmelindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruhtumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraanumum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut sertamelaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkankemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosialsebagaimana diamanatkan di dalam PembukaanUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, penting dilakukan deteksi dini danperingatan dini yang mampu mendukung upayamenangkal segala bentuk ancaman yang membahayakaneksistensi dan keutuhan Negara Kesatuan RepublikIndonesia;b. bahwa sejalan dengan perubahan, perkembangansituasi, dan kondisi lingkungan strategis, perlumelakukan deteksi dini dan peringatan dini terhadapberbagai bentuk dan sifat ancaman, baik dari dalamnegeri maupun luar negeri yang bersifat kompleks sertamemiliki spektrum yang sangat luas;c. bahwa untuk melakukan deteksi dini dan peringatandini guna mencegah terjadinya pendadakan dariberbagai ancaman, diperlukan Intelijen Negara yangtangguh dan profesional, serta penguatan kerja samadan koordinasi Intelijen Negara dengan menghormatihukum, nilai-nilai demokrasi, dan hak asasi manusiasebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;d.
 
bahwa untuk memberikan kepastian hukum dan sesuaidengan kebutuhan hukum dalam masyarakat,penyelenggaraan Intelijen Negara sebagai lini pertamadari sistem keamanan nasional perlu diatur secara lebihkomprehensif;e. bahwa . . .
 
 - 2 -e.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf dperlu membentuk Undang-Undang tentang IntelijenNegara;Mengingat: Pasal 20, Pasal 21, Pasal 28I, dan Pasal 28J Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan: UNDANG-UNDANG TENTANG INTELIJEN NEGARA.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Intelijen adalah pengetahuan, organisasi, dan kegiatan yang terkait dengan perumusan kebijakan, strateginasional, dan pengambilan keputusan berdasarkananalisis dari informasi dan fakta yang terkumpulmelalui metode kerja untuk pendeteksian danperingatan dini dalam rangka pencegahan,penangkalan, dan penanggulangan setiap ancamanterhadap keamanan nasional.2.
 
Intelijen Negara adalah penyelenggara Intelijen yangmerupakan bagian integral dari sistem keamanannasional yang memiliki wewenang untukmenyelenggarakan fungsi dan kegiatan IntelijenNegara.3.
 
Personel Intelijen Negara adalah warga negaraIndonesia yang memiliki kemampuan khusus Intelijendan mengabdikan diri dalam dinas Intelijen Negara.4. Ancaman . . .
 
 - 3 -4.
 
Ancaman adalah setiap upaya, pekerjaan, kegiatan,dan tindakan, baik dari dalam negeri maupun luarnegeri, yang dinilai dan/atau dibuktikan dapatmembahayakan keselamatan bangsa, keamanan,kedaulatan, keutuhan wilayah Negara KesatuanRepublik Indonesia, dan kepentingan nasional diberbagai aspek, baik ideologi, politik, ekonomi, sosialbudaya, maupun pertahanan dan keamanan.5.
 
Setiap Orang adalah orang perseorangan atau badanhukum.6.
 
Rahasia Intelijen adalah informasi, benda, personel,dan/atau upaya, pekerjaan, kegiatan Intelijen yangdilindungi kerahasiaannya agar tidak dapat diakses,tidak dapat diketahui, dan tidak dapat dimiliki olehpihak yang tidak berhak.7.
 
Masa Retensi adalah jangka waktu pelindungan danpenyimpanan Rahasia Intelijen.8.
 
Pihak Lawan adalah pihak dari dalam dan luar negeri yang melakukan upaya, pekerjaan, kegiatan, sertatindakan yang dapat mengancam kepentingan dankeamanan nasional.9.
 
Sasaran adalah orang, benda, atau kondisi yang ingindicapai dari fungsi Intelijen.10.
 
Kode Etik Intelijen Negara adalah pedoman bersikap,berbicara, bertindak, dan berperilaku bagi PersonelIntelijen Negara di dalam melaksanakan tugas dandalam pergaulan hidup sehari-hari.Pasal 2Asas penyelenggaraan Intelijen meliputi:a.
 
profesionalitas;b.
 
kerahasiaan;c.
 
kompartementasi;d.
 
koordinasi;e.
 
integritas;f.
 
netralitas;g.
 
akuntabilitas; danh.
 
objektivitas.Pasal 3 . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->