Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peluang Energi Terbarukan Indonesia, Pengganti Energi Fosil

Peluang Energi Terbarukan Indonesia, Pengganti Energi Fosil

Ratings: (0)|Views: 28 |Likes:
Published by Ndeyex One

More info:

Published by: Ndeyex One on Dec 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2012

pdf

text

original

 
Peluang Energi Terbarukan Indonesia, Pengganti Energi Fosil
(Vibiznews - Commodity) Pernyataan Menteri ESDM,Darwin Zahedy Saleh setelah membuka RiauEnergi Expo 2011,di Riau,yang menyatakan kalo cadangan energi dari fosil di Indonesia ternyatahanya bisa bertahan untuk 23 tahun kedepan,terlebih jika tidak ada efisiensi maka cadangan tersebutakan lebih cepat lagi habis membuat kita semua harus lebih lagi memikirkan energi alternatif yangsifatnya renewable atau dapat diperbaharui.Memang kita sudah waktunya untuk tidak terlalumenggantungkan diri pada non-renewable atau fosil base energi, dalam hal ini minyak bumi, gas, danbatu bara,kita sudah harus mengembangkan energi alternatif yang dapat diperbaharui,jika tidak kitaakan mengalamai krisis energi di masa mendatang.Sumber
 – 
sumber energi dapat tergantikan (renewable energy), seperti angin, sinar matahari danhydropower, menawarkan alternatif energi yang jauh lebih bersih dari bahan bakar fosil. Energitersebut menghasilkan sedikit atau tidak sama sekali polutan atau gas-gas yang mengakibatkan efek rumah kaca, dan energi tersebut tidak akan pernah habis. Untuk hal tersebut maka sudah saatnya kitamulai menngembangkan Pembangkit Listrik yang energinya berasal energi yg dapat tergantikan ini.
1. Energi Matahari
Matahari merupakan sumber energi yang sangat potensial. Sinar matahari atau yang sering disebutsebagai energi solar dapat digunakan untuk menghangatkan rumah, memberi penerangan,membangkitkan energi listrik, pemanas air, dan proses industri lainnya. Sebagian besar energi yangdapat tergantikan baik secara langsung maupun tidak langsung berasal dari energi matahari. Sebagaicontoh,sudah banyak sekarang dipasang panel-panel surya matahari untuk menyimpan energi panasmatahari tersebut dan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yang lain.,bahkan dapat dijadikanpembangkit listrik untuk daerah-daerah terpencil dengan mendirikan banyak panel-panel suryatersebut.
 2. Energi Angin
Untuk Indonesia,secara geografis diberbagai tempat di Indonesia Angin terjadi karena pergerakanudara panas/hangat naik dan digantikan dengan udara dingin. Energi angin telah digunakan selamaberabad-abad pada kapal layar dan menggerakkan kincir angin pada ladang-ladang gandum. Saat ini,energi angin ditangkap menggunakan turbin angin untuk menghasilkan listrik dan dapat juga diubahmenjadi energi yang lain.
 3. Hydropower (Sumber daya air)
Untuk pembangkit listrik tenagad air (PLTA) Indonesia memang sudah memiliki,tapi perlu ditambahdengan PLTA yang baru.Masih banyak aliran air sungai di Indonesia yang belum dimanfaatkan untuk PLTA .Air terjun memiliki daya yang sangat besar. Air merupakan salah satu sumber daya alam yangtak ada habisnya, secara konstan tersedia melalui siklus global, penguapan (evaporasi) danpengembunan (presipitasi). Panas dari sinar matahari, menyebabkan air danau dan air laut menguap,membentuk awan. Air kemudian jatuh kembali ke bumi melalui hujan atau salju, dan mengalirmelalui sungai kemudian kembali ke laut. Aliran air ini dapat digunakan untuk menggerakkan rodaatau kincir yang digerakkan melalui proses mekanik, melalui turbin dan generator, ditampung dalambendungan seperti yang terdapat dibanyak tempat dibeberapa negara, dan menghasilkan energi listrik.
 4. Energi Biomasa (Biomass Energi)
Yang dimaksud dengan energi biomassa adalah energi yang tersimpan dalam tumbuh mahluk hidupatau agregatnya. Energi dari biomassa menjadi penting pada saat orang membakar kayu untuk 
 
memasak atau menghangatkan tubuh. Kayu dibeberapa negara berkembang, masih merupakan sumberbahan bakar yang utama, tetapi ada banyak lain, yang merupakan sumber energi biomassa, seperti sisapakan, gandum, dan tanaman lainnya, hasil hutan dan residu, komponen organik dari hasil buanganindustri dan rumah tangga, juga gas methan yang keluar dari pembuangan akhir. Biomasa dapatdigunakan sebagai pembangkit energi listrik dan sebagai bahan bakar untuk sarana transportasi, atausebagai produk manufaktur lainnya, yang saat ini masih menggunakan bahan bakar fossil.
 5. Hidrogen
Hidrogen memiliki potensi yang amat besar sebagai bahan bakar dan sumber energi, namun tehnologiyang dibutuhkan untuk mewujudkan potensi ini masih jauh dari harapan. Hidrogen merupakan unsurutama di bumi, seperti air, dua pertiga bagiannya merupakan unsur hidrogen, dialam biasanyaditemukan dalam senyawa element lainnya. Setelah dipisahkan dari element lain, hidrogen dapatdigunakan untuk menggerakkan kendaraan, menggantikan gas alam untuk pemanas ruangan ataumemasak, atau pembangkit energi listrik.
6. Energi Geothermal 
Panas dalam perut bumi, menghasilkan tekanan uap dan air panas yang dapat digunakan sebagaigenerator dan menghasilkan energi listrik, atau untuk aplikasi lainnya di negara empat musim dapatdigunakan sebagai pemanas ruangan, dan penggerak mesin-mesin industri. Energi geothermal dapatditarik dari dalam perut bumi dengan pengeboran, atau dari reservoar geothermal dekatpermukaan.Untuk Indonesia sendiri,memiliki potensi yang besar sekali untuk energi geothermal ,tapipemanfaatannya sangat belum maksimal.Ini harus menjadi fokus pemerintah supaya potensigeothermal Indonesia dapat dimanfaatkan untuk keperluan energi di masa mendatang.
7. Energi Dari Laut (Ocean Energy)
Lautan menyediakan beberapa bentuk energi terbarukan (renewable energy), dan satu dengan yanglainnya digerakkan oleh energi yang berbeda. Energi gelombang, atau pasang surut air laut dapatdigunakan untuk membangkitkan energi listrik, dan energi panas air laut (ocean thermal energy)
 – 
 yang berasal dari panas yang tersimpan dalam air laut, dapat juga dikonversikan menjadi energilistrik. Untuk saat ini energi dari lautan masih belum ekonomis dibandingkan dengan energiterbarukan lainnya, tetapi lautan memiliki potensi yang besar dikemudian hari.Untuk hal ini Indonesiamasih memerlukan tehnologi dan juga modal yang besar agar dapat mengembangkan energi dari"deepsea water" tersebut.Pasokan potensial seperti energi panas bumi, matahari, angin, tenaga air mikro dan energi biomassadiperkirakan akan menghasilkan kapasitas listrik sebesar 160 gigawatt
 — 
tujuh kali lebih besar darikapasitas listrik Indonesia saat ini. Sebagai contoh, pada saat ini terdapat 4.200 megawatt listrik tenaga air yang telah dihasilkan, yang masih dibawah nilai 6% dari perkiraan potensial sebesar 76.000megawatt di Indonesia. Indonesia sendiri kaya dengan potensi panas bumi: rencana saat ini telahmerancang agenda pembangunan instalasi listrik dengan kapasitas 9500 megawatt pada tahun 2025,dibandingkan dengan 800 megawatt yang telah digunakan saat ini.Seminar WALHI/BPPT mengidentifikasikan kendala-kendala dalam mencapai target 20% sumberenergi terbaharui, dan menekankan pentingnya perencanaan pemerintah dan dukungan peraturan bagisumber energi tersebut.Tidak semua sumber terletak dekat wilayah yang membutuhkannya. Sebagai contoh, 25% potensi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->