Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
66Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pembersihan, Sortasi, dan Grading Bahan Hasil Pertanian

Pembersihan, Sortasi, dan Grading Bahan Hasil Pertanian

Ratings: (0)|Views: 7,361|Likes:

More info:

Published by: Wendi Irawan Dediarta on Dec 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/24/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUMTEKNIK PENANGANAN HASIL PERTANIANPEMBERSIHAN, SORTASI, DAN GRADING
 
BAHAN HASILPERTANIAN
Oleh :Nama : Wendi Irawan DediartaNPM : 150310080137Hari, Tanggal Praktikum : Rabu, 20 April 2011Waktu : 16.00
 – 
17.00Co. Ass. : Citra PratiwiWince Widaningsih
LABORATORIUM TEKNIK PASCA PANENJURUSAN AGRIBISNISFAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS PADJADJARAN2011
 
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Penanganan pascapanen Bahan Hasil Pertanian (BHP) harus dilakukandengan baik dan benar agar BHP dapat sampai kepada tangan konsumen dengankualitas yang baik pula. Salah satu BHP yang banyak disoroti di Indonesia adalahberas. Beras merupakan komoditas vital bagi Indonesia, hal ini dapat dilihat dariketergantungan sebagian besar masyarakat Indonesia akan komoditas ini sebagaimakanan pokok. Tidak heran jika tiap waktu beras selalu menjadi sorotan baik dari segi kualitas ataupun kuantitasnya.Setiap kota atau daerah di Indonesia pada umumnya mempunyai pusatindustri beras, karena beras merupakan makanan pokok yang dibutuhkan di setiapdaerah. Pusat industri beras merupakan daerah yang menjadi transaksi pembeliandan penjualan beras. Pembelian dilakukan setelah dilakukan pengiriman daridaerah-daerah untuk ditampung sementara. Sedangkan penjualan dilakukansetelah produk yang dibeli tersebut mengalami perubahan sebagai perwujudannilai tambah melalui perbaikan kualitas dengan rekayasa teknologi, sepertipengemasan, pensortiran, grading dan lain-lain.Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dari BHP adalah denganperlakuan pascapanen yakni sortasi dan grading. Dalam praktikum kali ini prosessortasi dan grading akan diujicobakan terhadap komoditas beras guna menilaikualitas dari beras tersebut.
1.2
 
Tujuan Percobaan
 
Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengukur dan mengamati prosessortasi dan grading Bahan Hasil Pertanian (BHP).
 
Melakukan perhitungan kualitas dan variabel kualitas untuk mengkajikelas kualitas (
grade
), kerusakan yang tampak (
visible
), kerusakan tidak tampak (
invisible damager 
), bahan asing (
 foreign materials
), keretakan(
sound grain and crack 
).
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1. Pembersihan
Pembersihan dalam penanganan bahan hasil pertanian adalahmengeluarkan/memindahkan benda asing (kotoran) dan bahan-bahan yang tidak diinginkan dari bahan utama (produk yang diinginkan). Perbersihan bertujuanuntuk menghilangkan kotoran-kotoranyang menempel pada hasil pertanian.Kebersihan sangat mempengaruhi kenampakan. Oleh karena itu sebelumdipasarkan, hasil pertanian harus dibersihkan dari kotoran-kotoran dan bagian-bagian yang tidak diperlukan. Kotoran pada hasil pertanian sering dianggapsebagai sumber kontaminasi, karena kotoran dapat mengandung mikroorganismeyang dapat merusak hasil panen.Jenis kotoran pada bahan hasil pertanian, berdasarkan wujudnya dapatdapat dikelompokkan menjadi :
 
Kotoran Berupa TanahKotoran ini biasanya merupakan kotoran hasil ikutan yang menempel padabahan hasil pertanian pada saat bahan dipanen. Kotoran ini dapat berupa :tanah, debu, dan pasir. Tanah merupakan media yang baik sebagai tempattumbuh dan berkembangnya mikroorganisme yang dapat mengkontaminasibahan hasil pertanian. Adanya tanah pada bahan hasil pertanian kadang-kadang sukar dihindarkan, karena beberapa hasil pertanian terdapat di dalamtanah, seperti umbi-umbian.
 
Kotoran Berupa Sisa Pemungutan HasilKotoran jenis ini meliputi kotoran-kotoran sisa pemungutan hasil tanamanyaitu bagian tanaman yang bukan bagian yang dipanen, antara lain berupa :dahan, ranting, biji, kulit.
 
Kotoran Berupa Benda-Benda AsingAdanya kotoran yang berupa benda-benda asing seperti : unsur logam akanmemberi kesan ceroboh dalam penanganan hasil panen.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->