Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prinsip-Prinsip Penyuluhan Pertanian dan Pemberdayaan Masyarakat

Prinsip-Prinsip Penyuluhan Pertanian dan Pemberdayaan Masyarakat

Ratings: (0)|Views: 566 |Likes:

More info:

Published by: Wendi Irawan Dediarta on Dec 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2013

pdf

text

original

 
PRINSIP-PRINSIP PENYULUHAN PERTANIAN DAN PEMBERDAYAANMASYARAKAT
 Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Penyuluhan Pertanian
Disusun Oleh :
Wendi Irawan Dediarta150310080137Dedy Napitupulu150310080138Rina Paramita150310080139Annisa Wahyurani P150310080140
PROGRAM STUDI AGRIBISNISFAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS PADJADJARAN2011
 
BAB IPENDAHULUAN
Penyuluhan pertanian merupakan bagian dari system pembangunan pertanian yangmerupakan system pendidikan di luar sekolah (pendidikan non formal) bagi petani besertakeluarganya dan anggota masyarakat lainnya yang terlibat dalam pembangunan pertanian,dengan demikian penyuluhan pertanian adalah suatu upaya untuk terciptanya iklim yangkondusif guna membantu petani beserta keluarga agar dapat berkembang menjadi dinamis sertamampu untuk memperbaiki kehidupan dan penhidupannya dengan kekuatan sendiri dan padaakhirnya mampu menolong dirinya sendiri ( Soeharto, N.P.2005).Sedangkan pemberdayaan masyarakat merupakan upaya yang disengaja untuk memfasilitasi masyarakat lokal dalam merencanakan, memutuskan dan mengelola sumberdayalokal yang dimiliki melalui collective action dan networking sehingga pada akhirnya merekamemiliki kemampuan dan kemandirian secara ekonomi, ekologi, dan sosial”. (Subejo danSupriyanto 2004)Dalam melakukan suatu kegiatan diperlukan prinsip untuk dijadikan pedoman agar tujuandari kegiatan tersebut dapat terlaksana, begitu pula dengan kegiatan penyuluhan pertanian dan pemberdayaan masyarakat.Mathews menyatakan bahwa: Prinsip adalah suatu pernyataan tentang kebijaksanaanyang dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan dan melaksanakan kegiatan secarakonsisten. Karena itu, prinsip akan berlaku umum, dapat diterima secara umum, dan telahdiyakini kebenarannya dari berbagai pengamatan dalam kondisi yang beragam. Dengandemikian “prinsip” dapat dijadikan sebagai landasan pokok yang benar, bagi pelaksanaankegiatan yang akan dilaksanakan.
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1Prinsip penyuluhan pertanian
Dalam tugas sebelumnya telah dinyatakan bahwa penyuluhan merupakan bagian dari proses pendidikan. Bertolak dari pemahaman penyuluhan sebagai salah satu sistem pendidikan, maka penyuluhan memiliki prinsip-prinsip:
Mengerjakan, artinya kegiatan penyuluhan harus sebanyak mungkin melibatkan masyarakatuntuk mengerjakan/ menerapkan sesuatu. Karena melalui “mengerjakan” mereka akanmengalami proses belajar 
Akibat, artinya kegiatan penyuluhan harus memberikan akibat atau pengaruh yang baik atau bermanfaat, sebab perasaan akan mempengaruhi semangatnya untuk mengikuti kegiatan penyuluhan dimasa-masa mendatang.
Asosiasi, artinya setiap kegiatan penyuluhan harus dikaitkan dengan kegiatan lainnya. Sebabsetiap orang cenderung untuk mengaitkan/menghubungkan kegiatannya dengankegiatan/peristiwa yang lainnya.Secara lebih lanjut, Dahama dan Bhatnagar (1980) meng-ungkapkan prinsip-prinsip penyuluhan yang lain yang mencakup:
Minat dan Kebutuhan, artinya penyuluhan akan efektif jika selalu mengacu kepada minat dankebutuhan masya-rakat. Mengenai hal ini, harus dikaji secara mendalam: apa yang benar- benar menjadi minat dan kebutuhan setiap individu maupun segenap warga masyarakatnya
Organisasi masyarakat bawah artinya penyuluhan akan efektif jika mampu melibatkanorganisasi masyarakat bawah, sejak dari setiap keluarga.
Keragaman budaya, artinya penyuluhan harus memperha-tikan adanya keragaman budaya.Perencanaan penyuluhan harus selalu disesuaikan dengan budaya lokal yang beragam.
Perubahan budaya, artinya setiap kegiatan penyuluhan akan mengakibatkan perubahan budaya. Kegiatan penyuluhan harus dilaksanakan dengan bijak dan hati-hati agar perubahanyang terjadi tidak menimbulkan kejutan-kejutan budaya.

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Maria Lestarie liked this
Midun Sihombing liked this
Rahma Be Patient liked this
Shafira Sophia liked this
mardian03 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->