Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metode Pemberdayaan Masyarakat

Metode Pemberdayaan Masyarakat

Ratings: (0)|Views: 937 |Likes:

More info:

Published by: Wendi Irawan Dediarta on Dec 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/28/2013

pdf

text

original

 
TUGAS 3METODE PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
“ 
 Mengidentifikasi Definisi dan Tahapan-tahapan, Metode , Teknik dan Alat  Analisis Perencanaan Pemberdayaan
 
Disusun Oleh Kelompok 9 :Wendi Irawan D 150310080137Deria Hadianisa 150310080147Januar Irfansyah 150310080168Karnati 150310080174
PROGRAM STUDI AGRIBISNISFAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS PADJADJARAN2010
 
PEMBAHASAN
 
Definisi Pemberdayaan Masyarakat
Pengertian pemberdayaan masyarakat menurut Pemerintah Republik Indonesiadalam hal ini Kementerian Koordinasi Kesejahteraan Rakyat ketika membahas soalProgram Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri, mengutarakan bahwapemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan atau meningkatkan kapasitasmasyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagaipersoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraannya.Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkatpemerintah daerah serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjaminkeberlanjutan berbagai hasil yang dicapai.Menurut Shardlow sebagaimana yang dikutip oleh Isbandi, melihat bahwa berbagaipengertian yang ada mengenai pemberdayan pada intinya membahas bagaimanaindividu, kelompok ataupun komunitas berusaha mengontrol kehidupan mereka sendiridan mengusahakan untuk membentuk masa depan sesuai dengan keinginan mereka.Dari dua definisi tentang pemberdayaan di atas, jadi dapat disimpulkan bahwapemberdayaan masyarakat merupakan sebuah proses yang direncanakan, dirancang,kemudian diimplementasikan oleh negara sebagai fasilitator melalui aparat-aparatnyadengan masyarakat sebagai pelaku sekaligus objek dari proses ini guna membantumenyelesaikan segala bentuk permasalahan yang berada di lingkungan masyarakatmelalui program-program kerja kemudian memandirikan masyarakat agar bisamenyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungannya secara berkesinambungan.Sehingga masyarakat dapat mengatasi segala bentuk permasalahan yang ada dengan baik secara mandiri untuk kemudian dapat mengembangkan diri ke arah yang lebih baik, baik dalam hal kesejahteraan, kualitas hidup, dan lain-lain.
 
Tahapan-tahapan Pemberdayaan Masyarakat
Isbandi Rukminto Adi mempunyai rumusan strategi yang menjadikan beberapatahap dalam melakukan pemberdayaan yakni :1.
 
Tahap persiapan (
engagement 
), tahap persiapan ini memiliki substansi penekananpada dua hal elemen penting yakni penyiapan petugas dan penyiapan lapangan.
 
Tahapan ini adalah tahapan prasyarat sukses atau tidaknya sebuah programpemberdayaan berlangsung.2.
 
Tahap pengkajian (
assestment 
), sebuah tahapan yang telah terlibat aktif dalampelaksanaan program pemberdayaan karena masyarakat setempat yang sangatmengetahui keadaan dan masalah ditempat mereka berada. Tahapan ini memilikipenekanan pada faktor identifikasi masalah dan sumber daya yang ada dalam sebuahwilayah yang akan menjadi basisi pemberdayaan serta pelaksanaan program.3.
 
Tahap perencanaan alternatif program atau kegiatan (
designing
), dalam tahap iniprogram perencanaan dibahas secara maksimal dengan melibatkan peserta aktif daripihak masyarakat guna memikirkan solusi atau pemecahan atas masalah yangmereka hadapi di wilayahnya. Dalam tahap ini dipikirkan secara mendalam agarprogram pemberdayaan yang ada nantinya tidak melulu berkisar pada program amal(
charity
) saja dimana demikian itu tidak memberikan manfaat secara pasti dalam jangka panjang.4.
 
Tahap pemformulasian rencana aksi (
designing
), pada tahap ini masyarakat danfasilitator menjadi bagian penting dalam bekerjasama secara optimal. Hal inidisebabkan masyarakat telah menjabarkan secara rinci dalam bentuk tulisan tentangapa-apa yang akan mereka laksanakan baik tujuan jangka pendek maupun jangkapanjang.5.
 
Tahap pelaksanaan program atau kegiatan (
implementasi
), tahap ini merupakanbentuk pelaksanaan serta penerapan program yang telah dirumuskan sebelumnyabersama para masyarakat. Tahapan ini berisi tindakan aktualisasi bersinergi antaramasyarakat dengan pelaku pemberdayaan (dalam bahasa Isbandi disebut sebagaipetugas).6.
 
Tahap evaluasi, tahapan yang memiliki substansi sebagai proses pengawasan dariwarga dan petugas terhadap program pemberdayaan masyarakat yang sedangberjalan dengan melibatkan warga. Tahapan ini juga akan merumuskan berbagaiindikator keberhasilan suatu program yang telah diimplementasikan serta dilakukanpula bentuk-bentuk stabilisasi terhadap perubahan atau kebiasaan baru yangdiharapkan terjadi.7.
 
Tahap terminasi (disengagement), sebuah tahapan dimana seluruh program telahberjalan secara optimal dan petugas fasilitator pemberdayaan masyarakat sudah akanmengakhiri kerjanya. Tahapan ini disebut sebagai tahap pemutusan hubungan antarapetugas dengan para masyarakat yang menjadi basis program pemberdayan ketika

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wisni Septiarti liked this
Miyana Purbosari liked this
putusuntea liked this
Nabila Khairina liked this
Maria Lestarie liked this
Rani Hasyim liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->