Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Betawi

Betawi

Ratings: (0)|Views: 3,644|Likes:
Published by yaman-indonesia

More info:

Published by: yaman-indonesia on Dec 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/07/2014

pdf

text

original

 
 
BudNus
Kebudayaan betawi
 
 
[  
KEBUDAYAAN BETAWI 
]
 |2
BAB IPENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang
Indonesia merupakan satu dari banyak negara kepulauan yang unik dengan beragamkultur budayanya. Dari beragam kultur budaya tersebut, ternyata negeri ini dapatmenyatukan dan tetap memelihara banyak sekali perbedaan dalam suatu kesatuan yangdinamakan Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI memiliki Ibukota di Jakarta. Walau jelas sebagai ibukota, Jakarta tentunya berisi berbagai elemen suku dari berdagai daerah asal yang tersebar di berbagai belahangeografis Indonesia. Namun, hal itu bukan berarti bahwa di Jakarta tidak memiliki penduduk asli yang dianggap telah lama mendiami daerah ini. Orang Betawi, begitulahmereka (penduduk asli) menyebut dirinya.Dengan menilik dari berbagai banyak penelitian yang dilakukan oleh banyak sekali pakar, dapat disebutkan bahwa Masyarakat Betawi memiliki kekayaan adat budaya yangluar biasa. Oleh karenanyalah makalah berjudul ”
Oase, Budaya di Tengah-tengahKaum Urban Jabodetabek 
” dibuat sebagai referensi orang-orang yang belum banyak tahu mengenai Betawi namun diharuskan berhubungan erat dengan Betawi, khususnya bagi teman-teman mahasiswa yang menuntut ilmu di daerah ini atau bagi teman-temanmahasiswa sekolah kedinasan yang bukan tidak mungkin kelak jika lulus di tempatkan didaerah yang sangat dekat dengan kebudayaan Betawi.
B.
 
Tujuan
Tujuan dituliskannya makalah ini adalah agar mampu:1.
 
Menjelaskan secara jelas sejarah yang berkaitan dengan Orang Betawi;2.
 
Mengidentifikasi berbagai hal yang berhubungan dengan masyarakat Betawi;3.
 
Menjelaskan lebih jauh mengenai mata pencaharian yang ditekuni olehmasyarakat Betawi kebanyakan;4.
 
Memahami sistem kemasyarakatan yang berkembang di Suku Betawi;5.
 
Mengidentifikasi berbagai produk budaya khas Betawi;6.
 
Menjelaskan pembangunan dan modernisasi yang terjadi di Betawi besertadampak ataupun masalah-masalah yang timbul karenanya.
 
 
[  
KEBUDAYAAN BETAWI 
]
 |3
BAB II
 
SEJARAHA.
 
Jakarta Tempo Dulu
Betawi sangatlah identik dengan Jakarta, walaupun saat ini warga suku Betawi sudahtersebar tidak hanya di kota Jakarta saja, melainkan tersebar juga di sekitar Jabodetabek.Kota Jakarta pada awalnya hanyalah sebuah bandar kecil bernama Sunda Kelapa, terletak di muara Sungai Ciliwung pada sekitar 500 tahun silam. Pada abad ke-14 wilayah inimasuk dalam bagian kekuasaan dari Kerajaan Pajajaran, yang berfungsi sebagai kota perdagangan, kemudian berkembang menjadi pusat perdagangan Internasional yangcukup ramai dikunjungan para saudagar dari berbagai mancanegara. Bangsa Eropa pertama yang datang ke bandar Kalapa pada tahun 1522 berasal dari para pedagangPortugis dalam rangka mengembangkan perdagangannya di Asia Tenggara. Mereka lalu berusaha bekerja sama dengan Kerajaan Padjajaran yang dipimpin Sri Baduga Maharaja.Kala itu, Raja Padjajaran sedang menggalang kekuatan dan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk bantuan kekuatan armada dari bangsa Portugis.Dukungan kekuatan itu, diperlukan untuk mengantisipasi adanya perluasan kekuasaandari kerajaan-kerajaan yang sedang berkembang di Jawa bagian Timur melakukanekspansi ke Jawa bagian Barat. Munculnya kekhawatiran Raja seperti itu, memangterbukti. Beberapa tahun kemudian Kerajaan Demak yang terkenal dengan kekuatanagama Islam-nya, melakukan perluasan kekuasaan dan menyebarkan pengaruhnya keJawa bagian Barat.Pemimpin perluasan itu, dipimpinan oleh Falatehan, atau lebih dikenal sebagaiFatahilah, seorang guru agama terkenal dan kharismatik dari Kerajaan Demak, yangmemimpin penyerangan, kemudian merebut Banten dan Sunda Kelapa dari tanganKerajaan Padjadjaran yang ketika itu beribukota di daerah pedalaman, dekat kota Bogor sekarang (Batu Tulis).Fatahillah kemudian mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta yang berarti"Kemenangan Akhir" pada 22 Juni 1527. Tanggal inilah yang kini diperingati sebagaihari lahir kota Jakarta
.
Kekuasaan Fatahillah, kemudian direbut oleh orang-orang Belandayang tiba di Sunda Kalapa pada tahun 1596. Kota ini kemudian dihancurkan oleh VOC.Di bawah pimpinan Jan Pieter Coen pada tahun 1619 setelah Pangeran Jayakarta yang berkuasa. Lumpuh akibat pertentangannya dengan Banten.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
Imam Ari Pangestu added this note|
lengkap gan
1 hundred reads
Hari Agung liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->