Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Klasifikasi Sumber Daya Alam

Klasifikasi Sumber Daya Alam

Ratings: (0)|Views: 1,108 |Likes:

More info:

Published by: Wendi Irawan Dediarta on Dec 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Sumber daya alam adalah segala potensi alam yang dapat dikembangkan untuk  proses produksi. Sumber daya alam ialah semua kekayaan alam baik berupa benda matimaupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhikebutuhan manusiaSumber daya alam dan lingkungan hidup merupakan sumber yang penting bagikehidupan umat manusia dan makhluk hidup lainnya. Sumber daya alam menyediakansesuatu yang diperoleh dari lingkungan fisik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginanmanusia, sedangkan lingkungan merupakan tempat dalam arti luas bagi manusia dalammelakukan aktifitasnya. Dalam tulisan ini akan dijelaskan mengenai profil Sumber DayaAlam berdasarkan kriterianya dan keterkaitannya terhadap berapa lama dan dalamkondisi apa kehidupan manusia berlangsung di bumi ini.
1.2Tujuan
Tujuan dibuatnya makalah ini adalah adalah agar kami sebagai mahasiswa dan para pembaca dapat memahami lebih mendalam mengenai pentingnya sumber daya alamyang ada di bumi ini dan mengetahui klasifikasi atau penggolongannya.
1.3Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan adalah melalui berbagai studi pustaka yang bersumber dari media cetak dan media elektronik.
BAB II
1
 
PEMBAHASAN2.1Exhaustability
Berdasarkan klasifikasi sumber daya alam, Exhaustability dibagi kedalam dua jenisyaitu Exhaustability dan Inexhaustability.
a.Exhaustible resource
Adalah Sumber daya alam
 
yang memiliki kuantitas terbatas, sehingga setiap lajukonstan ekstraksi harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Karena kuantitasnya yangsedikit dan proses pengolahannya relative mahal, maka pemanfaatan sumber dayaalam jenis ini dapat dikurangi atau dihentikan dalam konteks lebih lanjut sesuaidengan keadaan yang berlangsung saat ini.Jenis sumber daya alam yang termasuk exhaustible resources adalah : penggunaan kayu bakar sebagai bahan bakar. Jumlah kayu yang terus berkurang, danlebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan industry mebel, membuat penggunaankayu bakar sebagai bahan bakar untuk kebutuhan memasak menjadi tidak efisien dandinilai sebagai pemborosan SDA. Munculnya gas LPG membuat kayu bakar tidak lagi digunakan sebagai bahan bakar, karena selain tidak efisien juga menimbulkan polusi bagi lingkungan. Sehingga penggunaannya bisa dihentikanApabila pemanfaatan terhadap exhaustible resources dapat diawasi dengan baik,maka kehidupan manusia dipercaya dapat berlangsung lebih lama. Karena denganmengawasi penggunaan SDA tersebut mampu mendorong manusia untuk berfikir kreatif mencari SDA yang lebih efisien baik dari segi produksi maupun pemanfaatannya. SDA yang mahal dan kegunaannya tidak sebanding tidak akandigunakan dan kemudian beralih ke SDA yang mudah pengolahannya serta siklus pertumbuhannya cepat. Hal ini akan mendorong penghematan SDA yang tidak dapatdiperbaharui. Namun apabila penggunaan SDA jenis ini tidak diawasi dan malahdihambur-hamburkan maka tidak menutup kemungkinan kondisi sseperti inimembuat kehidupan manusia tidak berlangsung lama.
b.Inexhaustible resource
Adalah SDA yang tidak memiliki keterbatasan, baik dari kuantitas maupun cara pengolahannaya. SDA jenis ini pemanfaatanya bisa berkelanjutan karena secaraekonomis layak serta penggunaan SDA per satuan waktu relatif kecil. Karena
2
 
 batasan dalam pemanfaatannya relative kecil maka SDA ini cenderung mudahditemui dan dipilih untuk menggantikan pemanfaatan SDA fosil.Contoh SDA jenis inexhaustible resource adalah sinar matahari. Jumlahnya tidak terbatas serta pemanfaatannya yang tiidak mahal membuat energy ini diminati.Dalam aplikasinya saat ini mulai dikembangkan mobil tenaga sutya untumenggantikan mobil dengan bahan bakar bensin. Alternative ini dipilih karena lebihramah lingkungan dan dapat mengefisienkan penggunaan SDA yang tidak dapatdiperbaharui seperti minyak bumi.Keterkaitan kondisi manusia di bumi dengan penggunaan SDA jenis ini misalnyaapabila dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan SDA inexhaustible resourcesmaka akan memperpanjang kondisi kehidupan di bumi, karena manusia dapat denganmudah memperoleh SDA untuk kepentingan dan kebutuhan hidupnya. Karena itu penggunaan SDA jenis ini harus lebih di maksimalkan. Selain jumlahnya yang banyak, secara ekonomis SDA ini juga dinilai layak untuk terus digunakan
2.2Karakteristik Fisi
Berdasarkan ketersediaanya, sumber daya alam digolongkan menjadi sumber dayayang tidak pulih dan sumber daya alam yang dapat pulih.
a)SDA yang tidak dapat pulih
Sumber daya alam yang tidak dapat pulih yaitu segala kekayaan alam yang dapatdigunakan untuk kepentingan mausia, namun jumlah dan ketersediaannya di alamterbatas dan untuk memperbahuruinya diperlukan waktu yang relative panjang serta biaya yang besar. SDA jenis ini Terpengaruh signifikan oleh kerusakan alam. Contohminyak & gas bumi, air dlm reservoir. Sedangkan SDA yang tidak dapatdiperbaharui namun Tidak terpengaruh signifikan oleh kerusakan alam yaitu: batu bara, batu, tanah liat. Ketersediaan SDA jenis ini harus dihemat dan ketersediaannyaterpengaruh oleh cara pemanfaatnya.
b)SDA yang dapat pulih
Sumber daya alam yang dapat pulih yaitu segala kekayaan alam yang diberikankepada manusia melalui alam dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.SDA jenis ini jumlah ketersediannya dialam berlimpah dan mudah diperbaharuidalam waktu singkat. SDA yang dapat pulih terbagi atas :
3

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ksbgroup liked this
Ozie Ji liked this
Eghoe Jie liked this
Boyke Maleh liked this
Ikhamah Delia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->