Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
karmil-gadik

karmil-gadik

Ratings: (0)|Views: 4,484|Likes:
Published by Magdalena Purnama

More info:

Published by: Magdalena Purnama on Dec 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
OPTIMALISASI PERAN GUMIL SEBAGAI TENAGA PENDIDIKDALAM RANGKA MEWUJUDKAN KEBERHASILANTUGAS LEMBAGA PENDIDIKANBAB IPENDAHULUAN1.Umum.
a.Kemampuan personel TNI AD sebagai abdi negara yang bertanggung jawab dalam pertahanan kedaulatan Republik Indonesia harus dipelihara danditingkatkan untuk membekali dalam melaksanakan tugas. Salah satu metodedan cara untuk memelihara, mengembangkan dan meningkatkan kemampuantersebut dengan pendidikan.b.Pendidikan di masa sekarang dan yang akan datang sangat mutlakdiperlukan dan merupakan prioritas utama yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,dihadapkan dengan tuntutan dan tantangan di masa depan yang semakin beratdan komplek, di mana sumber daya manusia dan profesionalisme adalahpersyaratan utama bagi keberhasilan pelaksanaan tugas.c.Sejak era reformasi bergulir dengan berbagai agendanya, TNI khususnyapimpinan TNI AD menyadari tentang pentingnya sebuah pendidikan sebagaiwadah dan metode guna meningkatkan kualitas dan kemampuan personel TNIAD. Salah satu bukti perhatian yang begitu besar terhadap masalah pendidikanadalah bergabungnya seluruh Pusat Pendidikan Kecabangan TNI AD ke dalamKodiklat TNI AD.d.Salah satu upaya guna mewujudkan keberhasilan pendidikan adalahperlunya “Optimalisasi peran Gumil sebagai Gadik” di dalam pelaksanaan prosesbelajar, mengajar dan berlatih bagi kualitas para Serdiknya. Keberhasilan
 
lembaga pendidikan di dalam mendidik para peserta didiknya sangat dipengaruhipula oleh peran Guru Militer, oleh karena itu penulis ingin menyoroti tentangperan Gumil sebagai tenaga pendidik guna mewujudkan keberhasilan tugaslembaga pendidikan.
2.Maksud dan tujuan.a.Maksud.
Untuk memberikan gambaran tentang upaya OptimalisasiPeran Gumil Sebagai Tenaga Pendidik dalam proses belajar, melatih danmengajar.
b.Tujuan.
Tulisan ini bertujuan untuk bahan masukan dan pertimbangankepada Komando atas dalam rangka menentukan kebijaksanaan yangmenyangkut tentang Gumil.
3.Ruang lingkup dan tata urut.
Ruang lingkup ini dibatasi pada pembahasantentang peran Gumil di lingkungan lembaga pendidikan dalam menunjang danmewujudkan keberhasilan dengan tata urutan sebagai berikut :a.Pendahuluan.b.Latar belakang pemikiran.c.Kondisi peran Gumil saat ini.d.Faktor-faktor yang mempengaruhi.e.Kondisi peran Gumil yang diharapkan.f.Optimalisasi peran Gumil.g.Penutup.
4.Metode dan Pendekatan.
Penulisan menggunakan metode deskriptif analisisdengan pendekatan pengalaman penulis di lapangan selama bertugas di bidangpendidikan.
2
 
5.Pengertian.
a.Guru Militer adalah seseorang anggota militer karena keahliannya dibidang tertentu mengajarkan atau menyampaikan ilmunya kepada orang lainberdasarkan surat perintah yang diterimanya.b.Motivasi adalah dorongan mental, daya bathin dan rangsangan yangtimbul dari dalam diri seseorang yang mendorong seseorang untuk melakukansuatu pekerjaan.c.Pengetahuan adalah teori yang diketahui, dimengerti tersusun secarasistematis dan diuji dengan metoda tertentu atau kekuatan pemikiran yang telahditelaah/diperiksa.
3

Activity (0)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Isa Riyanto liked this
inokis liked this
Wahyu Kusminda liked this
Oetzoe Gumeular liked this
Andi Nurmawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->