Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Value Engineering

Value Engineering

Ratings: (0)|Views: 282 |Likes:
Published by architecturetheory

More info:

Published by: architecturetheory on Dec 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/06/2014

pdf

text

original

 
VALUE ENGINEERING
Pengertian Value Engineering
Value engineering adalah manajemen teknis yang menggunakan pendekatan sistematik, dalam mencari fungsi balance antara biaya, kenyataan,dan pengerjaan dari sebuah proyek.
Value engineering merupakan suatu profesi untuk mengevaluasirancangan bangunan, pemilihan sistem, peralatan, dan material denganmengambil alternatif-alternatif yang ekonomis dengan maksud menekan ataumenghemat biaya konstruksi serta biaya perawatan suatu bangunan tanpamengurangi kualitas atau mutu pekerjaan serta sesuai dengan waktu kerja yangtelah ditetapkan.
Latar Belakang
Latar belakang munculnya value engineering adalah sebagai berikut :1.Perang dunia ke 2 mengakibatkan kurangnya tenaga kerja yang terampil sertakurangnya bahan baku dan komponen proyek.2.Adanya usaha menemukan solusi terbaik atas keadaan tersebut dengan penggantian komponen, tenaga kerja, serta bahan bakuy yang memilikikualitas sepadan dan cocok dengan yang biasa digunakan.3.Adanya anggapan bahwa dengan penggantian tersebut dapat menekan biayayang dikeluarkan serta dapat meningkatkan mutu dari proyek.Faktor-faktor yang menjadi bahan pertimbangan untuk dianalisa oleh VE adalah :
Initial price (Biaya awal proyek)
Maintenace cost dari awal hingga akhir pelaksanaan suatu proyek 
Operational cost selama periode waktu pelaksanaan proyek 
Anticipated life span
Time value of money (nilai uang berdasarkan waktu)
Replacement cost
Frecuency of replacement
 
Salvage valuePeranan VE dalam hal ini adalah memberikan solusi terhadap life cycle darisuatu bangunan yakni mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta pemanfaatan bangunan dikemudian hari sehingga dapat menguntungkan semua pihak.Teknik VE sebagai alat untuk menganalisis biaya adalah :1. Analisis fungsi2. Ide kreatif 3. Rencana kerja VE4. Contoh perhitungan5. Daur putar biaya6.Hasil evaluasi7. Sistem teknik analisis fungs8. Biaya dan nilai9. Kebiasaan, rintangan dan sikap10.Managing the owner/ designer / value consultant relationship.Pendekatan sistematik VE adalah rencana kerja, dimana rencana kerja juga membantumengidentifikasi tingginya biaya dalam sebuah desain.Sehingga value engineering adalah :1. Sistem oriented, sebuah rencana kerja untuk mengidentifikasikan danrnenghapus biaya yang tidak perlu.2. Multi disciplined Team Approach, tim yang berpengalarnan dalam perancangan dan konsultan VE.3. Life cycle oriented, memeriksa biaya total dari kepemilikan dan operasidari fasilitas yang ada.4. Suatu teknik manajemen yang terjamin.5. Function oriented, memaparkan fungsi yang dibutuhkan dalarn nilalyang diterima.Dan, value enginering bukan merupakan :
 
1.Design review, tidak terang-terangan memeriksa kesalahan yang dibuatdalam desain, tidak meriview perhitungan yang ibuat oleh perencna.2.A cheaping process, VE tidak memotong biaya penghematan dalamkenyataan dan kinerjanya.3.A requirement done on all design, VE bukan bagian dari jadwal pemeriksaandalam perancangan.4.Quality control, yang merupakan pemeriksaan kegagalan status keamananyang terpercaya dari produk desain.
Pemanfaatan Jasa Value Engineering
Dapat dibagi dua, yaitu :a.Sebelum pelaksanaan konstruksi proyek, yang bertujuan menekan biaya yangtidak diperlukan melalui peninjauan kembali rancangan bangunan, analisa pemanfaatan material, system konstruksi dan metode pelaksanaan konstruksi. b.Pada saat pelaksanaan proyek, yang bertujuan untuk menekan biaya yang tidak diperlukan dengan cara peninjauan kembali terhadap metode pelaksanaankonstruksi di lapangan.Delapan prosedur yang harus diikuti dalam pelaksanaan VE mencakup tahap persiapan, tahap informasi, tahap analisa, tahap penciptaan, tahap evaluasi, tahap pengembangan, tahap presentasi, dan follow up.Sedangkan empat tahapan dasar pelaksanaan VE adalah :a.Tahap pengumpulan informasiPada tahap ini akan muncul pertanyaan apa yang harus dilakukan, apa yangsebaiknya dilakukan, apa yang bisa dilakukan, dan apa yang seharusnya tidak dilakukan. b.Alternatif yang dapat diciptakanPada tahap ini akan muncul pertanyaan apakah ada jalan alternatif yang dapatdilakukan ?c.Tahap evaluasiPada tahap ini semua alternatif akan dievaluasi, seberapa besar pengaruh penggantian alternatif-alternatif tersebut terhadap mutu dan biaya proyek.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
bayubisworo liked this
yasintad liked this
Robertus Aditya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->