Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Rancang Pembangunan Candi Borobudur

Konsep Rancang Pembangunan Candi Borobudur

Ratings: (0)|Views: 1,169|Likes:
Published by Winz Metamorfoza

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Winz Metamorfoza on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2014

pdf

text

original

 
CANDI BOROBUDUR
Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha berukuran 123 x 123 meter yang terletak di Borobudur,Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat dayaSemarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Bangunan Borobudur berbentuk pundenberundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelahdirenovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Enam tingkat paling bawahberbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran dan satu tingkat tertinggi yangberupa stupa Budha yang menghadap ke arah barat. Setiap tingkatan melambangkan tahapankehidupan manusia. Sesuai mahzab Budha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagaiBudha mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.
ARSITEKTUR
Konsep Rancang Bangun
Dalam konsep rancang pembangunannya, Candi Borobudur memiliki tiga tingkatan ranah spiritual dalamkosmologi Buddha yaitu :
KAMADHATU
Bagian kaki Borobudur melambangkan Kamadhatu, yaitu dunia yang masih dikuasai oleh kama atau"nafsu rendah". Bagian ini sebagian besar tertutup oleh tumpukan batu yang diduga dibuat untukmemperkuat konstruksi candi. Pada bagian kaki asli yang tertutup struktur tambahan ini terdapat 160panel cerita Karmawibhangga yang kini tersembunyi. Sebagian kecil struktur tambahan di suduttenggara disisihkan sehingga orang masih dapat melihat beberapa relief pada bagian ini. Struktur batuandesit kaki tambahan yang menutupi kaki asli ini memiliki volume 13.000 meter kubik.
RUPADHATU
Empat undak teras yang membentuk lorong keliling yang pada dindingnya dihiasi galeri relief oleh paraahli dinamakan Rupadhatu. Lantainya berbentuk persegi. Rupadhatu terdiri dari empat lorong dengan1.300 gambar relief. Panjang relief seluruhnya 2,5 km dengan 1.212 panel berukir dekoratif. Rupadhatuadalah dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk.Tingkatan ini melambangkan alam antara yakni, antara alam bawah dan alam atas. Pada bagianRupadhatu ini patung-patung Buddha terdapat pada ceruk atau relung dinding di atas pagar langkanatau selasar. Aslinya terdapat 432 arca Buddha di dalam relung-relung terbuka di sepanjang sisi luar dipagar langkan.
ARUPADHATU
Berbeda dengan lorong-lorong Rupadhatu yang kaya akan relief, mulai lantai kelima hingga ketujuhdindingnya tidak berelief. Tingkatan ini dinamakan Arupadhatu (yang berarti tidak berupa atau tidak

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->