Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fakultas Dan Program Studi Iaid Ciamis

Fakultas Dan Program Studi Iaid Ciamis

Ratings: (0)|Views: 226 |Likes:
Published by Aby Setiawan

More info:

Published by: Aby Setiawan on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2012

pdf

text

original

 
 
FAKULTAS DAN PROGRAM STUDIINSTITUT AGAMA ISLAM DARUSALAM (IAID)CIAMIS JAWA BARAT
A.
 
FAKULTAS SYARI’AH
 
Fakultas Syari’ah adalah fakulutas tertua di IAID, bahkan merupkan fakultas pertama yang ada di
Kabupaten Ciamis. Fakultas Syari'ah IAID didirikan berdasarkan SK Direktur Direktorat Perguruan TinggiAgama No. Dd/I/PT/3/Nc.B-IV/3/50.336/1972 tanggal 14 Mare
t 1972. Visi Fakultas Syari’ah adalahmenjadi Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang ilmu syari’ah yang berwawasan keindonesiaan, keilmuan
yang maju dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan akhlakul karimah untuk memajukan peradabandan memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya.
Sementara itu misi Fakultas Syari’ah adalah menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu syari’ah dan ilmu lainnya yang terkait yang berwawasan ke
-Indonesiaan, keilmuan yang maju dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan akhlakul karimahuntuk memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya.
Demi mendukung tercapainya visi dan misi tersebut, Fakultas Syari’a
h IAID Ciamis Jawa Barattelah memiliki berbagai fasilitas yang cukup memadai untuk kegiatan belajar dan mengajar, seperti ruangkuliah, laboratorium, perpustakaan, ruang dosen yang representatif untuk konsultasi, ruang pertemuanilmiah, ruang sidang munaqasyah, juga tempat parkir yang luas dan aman.
Fakultas Syari’ah memiliki dua jurusan/program studi, yaitu :
 
 Al-Akhwal asy-Syakhsiyyah
(Hukum Keluarga). Jurusan/I”rogram Studi ini merupakan pengembangan
dari jurusan Peradilan Agama . Jurusan/Program Studi ini mendidik mahasiswa untuk menjadi sarjana yangmenguasai ilmu hukum Islam dengan konsentrasi pada hukum keluarga Islam. Mereka diarahkan untuk memiliki kompetensi sebagai praktisi dan konsultan hukum di Pengadilan Agama dan peneliti muda dibidang hukum keluarga Islam.
 Jinayah Siyasah
(Hukum Pidana dan Ketatanegaraan Islam). Jurusan/Program Studi ini diarahkan untuk mendidik mahasiswa untuk menjadi sarjana yang menguasai ilmu Hukum Islam dengan konsentrasi padahukum pidana dan hukum tata negara Islam. Mereka diarahkan untuk memiliki kompetensi sebagai praktisidan konsultan hukum di Pengadilan Agama dan peneliti muda di bidang Hukum Pidana dan Tata NegaraIslam.
 
 
B.
 
FAKULTAS TARBIYAH
Fakultas Tarbiyah diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 109 Tahun1989 tanggal 27 Mei 1989. Fakultas Tarbiyah dalam perannya sebagai penyelenggara pendidikan bidangkependidikan Islam telah banyak melahirkan pemikir, pengembang dan praktisi pendidikan Islam yangturut berperan membangun Indonesia. Seiring dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat global,Fakultas Tarbiyah terus menerus melakukan inovasi dan pengembangan secara sistemik danberkesinambungan sehingga diharapkan dapat memantapkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi danmampu memberikan pembinaan dan pelayanan kepada sivitas akademika secara profesional.Visi Fakultas Tarbiyah IAID adalah menjadi Fakultas Tarbiyah terkemuka dalampenyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang ketarbiyahan yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak,keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.Misi Fakultas Tarbiyah IAID adalah (1) menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik di lingkungan masyarakat, madrasah/sekolah, pondok pesantren, danmasyarakat luar sekolah, (2) mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kedalaman spiritual,keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, (3) mengembangkan pengelolaankelembagaan yang kondusif dan atmosfir masyarakat akademis religius dalam pengelolaan pendidikan danpengembangan kompetensi Jurusan/Program Studi , (4) mengembangkan penelitian yang dapat melahirkanteori-teori pendidikan Islam di lingkungan masyarakat, madrasah/sekolah, pondok pesantren danmasyarakat luar sekolah, (5) mengembangkan pengabdian masyarakat dengan fokus pada usahamemberikan kontribusi dalam penyelesaian berbagai persoalan pendidikan aktual yang timbul dimasyarakat, (6) mengembangkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, dan (7) meembangkan danmenjaga nilai-nilai, etika profesional, dan moral akademis dalam menyelenggarakan proses pendidikan.Saat ini Fakultas Tarbiyah memiliki tiga Jurusan/Program Studi , yaitu Jurusan/Program StudiPendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) , dan ProgramStudi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->