Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MANFAAT TUMBUHAN

MANFAAT TUMBUHAN

Ratings: (0)|Views: 105 |Likes:
Published by Camaro Gtr

More info:

Published by: Camaro Gtr on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2012

pdf

text

original

 
MANFAAT TUMBUHAN  JAHE 
 
( Zingiber Officinale )
 Nama daerah jahe antara lain halia (Aceh), beeuing (Gayo), bahing (Batak Karo), sipodeh(Minangkabau), jahi (Lampung), jahe (Sunda), jae (Jawa dan Bali), jhai (Madura), melito(Gorontalo), geraka (Ternate), dsb.Jahe termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), se-famili dengan temu-temuan lainnyaseperti temu lawak (Cucuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcumadomestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain.Manfaat jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional. Jahedibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan ukuran, bentuk dan warna rimpangnya. Umumnya dikenal3 varietas jahe, yaitu :
Jahe putih/kuning besar atau disebut juga jahe gajah atau jahe badak Rimpangnya lebih besar dan gemuk, ruas rimpangnya lebih menggembung dari kedua varietas lainnya. Jenis jahe ini bias dikonsumsi baik saat berumur muda maupun berumur tua, baik sebagai jahesegar maupun jahe olahan.
Jahe putih/kuning kecil atau disebut juga jahe sunti atau jahe emprit Ruasnya kecil, agak rata sampai agak sedikit menggembung. Jahe ini selalu dipanen setelah berumur tua.Kandungan minyak atsirinya lebih besar dari pada jahe gajah, sehingga rasanya lebih pedas, disamping seratnya tinggi. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan, atau untuk diekstrak oleoresin dan minyak atsirinya.
Jahe merahRimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dari pada jahe putih kecil. sama seperti jahekecil, jahe merah selalu dipanen setelah tua, dan juga memiliki kandungan minyak atsiriyang sama dengan jahe kecil, sehingga cocok untuk ramuan obat-obatan.Jahe juga dapat digunakan pada industri obat, minyak wangi, industri jamu tradisional, diolahmenjadi asinan jahe, dibuat acar, lalap, bandrek, sekoteng dan sirup. Adapun manfaat secara pharmakologi antara lain adalah sebagai karminatif (peluruh kentut), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat,anti inflamasi, anti mikroba dan parasit, anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluarangetah lambung dan getah
empedu.
 
KUNYIT 
( Curcuma domestica Val. )
Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar diseluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun.Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatan khususnya di India, Cina Selatan, Taiwan,Indonesia (Jawa), dan Filipina.Jenis Curcuma domestica Val, C. domestica Rumph, C. longa Auct, u C. longaLinn, Amomum curcuma Murs. Ini merupakan jenis kunyit yang paling terkenal dari jenis kunyitlainnya.Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkangatal, dan menyembuhkan kesemutan. Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu:sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyititu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dankolesterol, serta sebagai pembersih darah.
 
TEMULAWAK 
 
( Curcuma xanthorrhiza ROXB. )
Temulawak merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Di daerah JawaBarat temulawak disebut sebagai koneng gede sedangkan di Madura disebut sebagai temu lobak.Kawasan Indo-Malaysia merupakan tempat dari mana temulawak ini menyebar ke seluruh dunia.Tanaman ini ditanam secara konvensional dalam skala kecil tanpa memanfaatkan teknik  budidaya. Hampir di setiap daerah pedesaan terutama di dataran sedang dan tinggi, dapatditemukan temulawak terutama di lahan yang teduh.Di Indonesia satu-satunya bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang temulawak untuk dibuat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi.Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan,anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, anti oksidan, pencegah kanker, dan anti mikroba.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->