Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengolahan Air Asin

Pengolahan Air Asin

Ratings: (0)|Views: 471|Likes:
Published by Camaro Gtr

More info:

Published by: Camaro Gtr on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/26/2012

pdf

text

original

 
 
Pengolahan Air Asin Atau Payau Dengan SistemOsmosis Balik
 
ABSTRAK
 
Proses mengolah air asin/payau menjadi air tawar atau sering dikenal dengan istilahdesalinasi dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu 1. Proses destilasi (suling). 2.Proses penukar ion dan 3. Proses filtrasi. Proses destilasi memanfaatkan energi panas untuk menguapkan air asin. Uap air tersebut selanjutnya didinginkan menjadi titik-titik air danhasil ditampung sebagai air bersih yang tawar. Proses desalinasi menggunakan teknik  penukar ion memanfaatkan proses kimiawi untuk memisahkan garam dalam air. Pada proses ini ion garam (Na Cl) ditukar dengan ion seperti Ca+2 dan SO4-2 . Materi penukar ion berasal dari bahan alam atau sintetis. Materi penukar ion alam misalnya zeolit sedangkan yang sintetis resin (resin kation dan resin anion). Proses desalinasi yang ke tigamenggunakan filter semipermeabel untuk memisahkan molekul garam dalam air. Prosesketiga ini lebih dikenal dengan sistem osmose balik (Reverse Osmosis). Keistimewaan dari  proses ini adalah mampu nyaring molekul yang lebih besar dari molekul air. Model  pengolahan air asin/payau yang diuraikan pada tulisan ini adalah hasil rancangan timKelompok Air Bersih dengan kapasitas 7,5 - 10 m3/hari. Unit ini sudah dipasang di Kepulauan Seribu Jakarta Utara (Pulau Tidung, Pramuka dan Kelapa), di Palembang (Unit RO bergerak) dan di Cilacap Jawa Tengah.
 
KATA KUNCI :
Reverse Osmosis, Destilasi, Filtrasi, Mobile RO
JENIS TEKNOLOGI :
Teknologi Pengolahan Air Bersih
TARGET PENGGUNAAN :
Rumah Tangga, Komunal (kelompok)
I. PENDAHULUAN
 
1.1. Latar Belakang
 
Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan di bumi.Sumber air tersebut ada yang diperoleh dari air tanah, mata air air sungai, danau dan airlaut. Sumber air di bumi tersebut berasal dari suatu siklus air dimana tenaga mataharimerupakan sumber panas yang mampu menguapkan air. Air baik yang berada di daratmaupun laut akan menguap oleh panas matahari. Uap kemudian naik berkumpul menjadiawan. Awan mengalami kondensasi dan pendinginan akan membentuk titik-titik air danakhirnya akan menjadi hujan. Air hujan jatuh kebumi sebagian meresap kedalam tanahmenjadi air tanah dan mata air, sebagian mengalir melalui saluran yang disebut air sungai,sebagian lagi terkumpul dalam danau/rawa dan sebagian lagi kembali ke laut.Manusia sering dihadapkan pada situasi yang sulit dimana sumber air tawar sangatterbatas dan di lain pihak terjadi peningkatan kebutuhan. Bagi masyarakat yang tinggaldidaerah pantai, pulau kecil seperti kepulauan seribu air tawar merupakan sumber air yangsangat penting. Sering terdengar ketika musim kemarau mulai datang maka masyarakatyang tinggal di daerah pantai atau pulau kecil-kecil mulai kekurangan air. Air hujan yangmerupakan sumber air yang telah disiapkan di bak penampung air hujan (PAH) sering tidakdapat mencukupi kebutuhan pada musim kemarau.Padahal kita mengetahui bahwa sebenarnya sumber air asin itu begitu melimpah,kenyataan menunjukkan bahwa ada banyak daerah pemukiman yang justru berkembangpada daerah pantai. Melihat kenyataan semacam itu manusia telah berupaya untukmengolah air asin/payau menjadi air tawar mulai dari yang menggunakan teknologisederhana seperti menyuling, filtrasi dan ionisasi (pertukaran ion). Sumber air asin/payauyang sifatnya sangat melimpah telah membuat manusia berfikir untuk mengolahnyamenjadi air tawar.
 
Untuk memenuhi kebutuhan akan air tawar manusia telah mengembangkan sistempengolahan air asin/payau dengan teknologi membran semipermeabel. Membran (selaput)semipermeabel adalah suatu selaput penyaring skala molekul yang dapat ditembus olehmolekul air dengan mudah, akan tetapi tidak dapat atau sulit sekali dilalui oleh molekul lainyang lebih besar dari molekul air.Teknologi pengolahan air asin/payau yang akan dibahas pada tulisan ini terutamayang menggunakan teknologi filtrasi membran semipermeabel. Teknologi pengolahan airasin/payau ini lebih dikenal dengan sistem osmosa balik (Reverse Osmosis disingkat RO).Teknologi ini menerapkan sistem osmosis yang dibalik yaitu dengan memberikantekanan yang lebih besar dari tekanan osmosis air asin/payau. Air asin/payau tersebutditekan supaya melewati membran yang bersifat semi permeabel, molekul yang mempunyaidiameter lebih besar dari air akan tersaring.
1.2. Tujuan dan Sasaran 
Tujuan penerapan teknologi RO adalah :
 
Pemenuhan kebutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan air bersih. Maksudnya adalahuntuk mencukupi kebutuhan akan air bersih sebagai bagian dari kebutuhan dasarsetiap manusia.
 
 
Pengenalan teknologi pengolahan air asin/payau. Teknologi pengolahan airasin/payau ada tiga macam yaitu : 1. Penyulingan. 2. Penyaringan dan 3. Pertukaranion. Pengenalan yang dilakukan disini adalah yang menggunakan teknik penyaringantingkat molekul.
 
Sasaran dari penerapan teknologi ini adalah:
 
Pemenuhan air minum yang sehat, sebab air hasil olahan dengan teknologi iniberupa air bersih yang sehat, tidak berbau, jernih, tidak berasa, bebas bakteri, dantidak asin.
 
 
Pemanfaatan sumberdaya yang ada, maksudnya adalah memanfaatkan sumberdayaair yang berasal dari air payau, atau asin. Padahal kita mengetahui bahwa sumberair asin merupakan sumberdaya yang sangat melimpah.
 
1.3. Manfaat
 
Alat pengolah air sistem RO mempunyai fungsi untuk mengolah air asin/payaumenjadi air tawar dengan cara filtrasi tingkat molekul, dengan demikian alat inimemberikan manfaat yang sangat besar bagi manusia. Pemanfaatan teknologi ini akanmemberi kemudahan bagi manusia untuk mendapatkan air bersih yang diperoleh daripengolahan air asin/payau.Manfaat lainnya yang dapat dinikmati oleh manusia dengan diterapkannya pengolahair sistem RO berupa peningkatan mutu kualitas air hasil olahan. Hasil tersebut dapat dilihatpada Tabel 1.
 
Tabel 1. Pandual Kualitas Air Hasil Pengolahan Sistem ROTabel 2. Paduan Kualitas Air Hasil Uji Coba di Kelapa Gading Jakarta Utara
Tekanan Membran :300 Psi
,
Temperatur Air : 20-28
o
C
,
Laboratorium : PAM Jaya
 
ParameterSatuanAir BakuIAirOlahan IAir BakuIIAirOlahanIIFisik
 
1. Warna
 
Ppm Pt-Co 15 5 10 52. Turbidity
 
Ppm SiO2 - - 7,7 03. Bau
 
Tdk Tdk Tdk Tdk4. Rasa
 
Asin Tdk Asin Tdk5. D.H.L
 
m m 7500 350 7520 350
Kimia
 
6. pH
 
7,5 6,3 7,6 67. ZatPadat
 
ppm - - 5340 1388. ZatOrganik
 
ppmKmnO43,79 1,58 4,74 1,589. CO2bebas
 
ppm CO2 13,2 17,6 30 2210. P.Alkalinity
 
ppmCaCO30 0 0 0M.Alkalinity
 
ppmCaCO3390 60 275 25Carbonat
 
ppmCaCO30 0 0 0Bicarbonat
 
ppmCaCO3390 60 275 2511. TotHardness
 
OD 19,4 0 29 0,8Calsium
 
ppm Ca++ 49,98 0 74,97 2,856Magnesium
 
ppmMg++53,35 0 79,55 1,7212. Besi
 
ppm Fe++ 4,4 Negatif 1,4 Negatif 13.Mangan
 
ppmMn++Negatif Negatif Negatif Negatif 14.Sulphate
 
ppm SO4 950 Negatif 1250Negatif 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->