Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB_II

BAB_II

Ratings: (0)|Views: 2,605 |Likes:
Published by youpz9315

More info:

Published by: youpz9315 on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 
MODUL BAHAN AJAR
BAB IIttp://maniavids.comPEMBELAJARAN
A.Rencana Belajar Peserta Diklat
Kompetensi : Menggunakan alat ukurSub Kompetensi : Mengukur obyek benda ukur menggunakan alatukurdasar dan pembanding.No Jenis KegiatanTanggalwaktu TempatBelajarAlasanPerubahan Td.tgnguru1Mengukur denganalat ukur presisirendah2Mengukur denganalat ukur presisisedang3Mengukur denganalat ukur presisicukup4Memeriksakesejajaran5MemeriksaKebulatan6MemeriksaKerataan7PemeliharaanPeralatan
B.Kegiatan Belajar 
Peserta diklat/siswa terlebih dulu harus membaca secara teliti danbenar teori yang mendukung kegiatan belajar. Kegiatan belajar yangdilaksanakan sebagian besar adalah praktek mengukur. Mengukurdengan menggunakan alat ukur standar dan dapat juga dilakukandengan membandingkan dengan alat pembanding standar.Materi pengukuran pada unit M12.1A adalah menggunakan alat ukutdengan presisi rendah,cukup dan sedang. Namun para siswa jugadikenalkan dengan alat ukur presisi tinggi dalam kategri pengenalanawal.
Teknik PemesinanMenggunakan alat ukur 
8
 
MODUL BAHAN AJAR
Memilih alat ukur, menggunakan dan membaca hasil pengukurandapat dilakukan secara teliti dan benar apabila siswa telah memahamiwawasan teori pendukungnya. Teori pendukung diuraikan dalam setiap tahapan belajar yang terdiridari tujuh tahapan.
KEGIATAN BELAJAR 1MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR PRESISI RENDAH
a.
Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, anda akan dapat :
menggunakan alat ukur standart dasar pada jenis alat ukurpresisi rendah.
menggunakan alat ukur bantu standar.
b.Uraian Materi
1).Mengukur
Mengukur adalah membandingkan obyek benda ukurdengan alat ukur standarAlat ukur pada pembelajaran 1 adalah alat ukur denganpresisi rendah termasuk alat ukur bantu , karena sulitdilakukan pengukuran langsung. Tinggi dan rendahnya kepresisian suatu alat ukur dilihat daritingkat ketelitian alat ukur tersebut dalam mampu bacapada setiap pengukuran.Ketelitian alat ukur didefinisikan sebagai kemampuan bacaterkecil dari alat ukur tersebut. Terkecil kemampuan baca iniditunjukkan dalam decimal dibelakang koma. Makin kecilnilai decimal tersebut maka makin baik tingkatketelitiannya.
2).Satuan ukur
Pembacaan nilai suatu ukuran dalam pengukuran menganutpada dua system yaitu : metrik system dan imperial system,
Teknik PemesinanMenggunakan alat ukur 
9
 
MODUL BAHAN AJAR
walaupun metrik system lebih berkembang pada aplikasipengukuran hingga saat ini. Yang dimaksud imperila system yaitu pembacaan nilai ukurdalam suatu pengukuran mengunakan satuan inci yangbernilai sama dengan 25,4 mm dalam satuan metrik sitem.Selanjutnya satuan inci dikenal dengan pecahan decimaldan pecahan yang menggunakan pembilang & penyebut.Pecahan decimal misalnya 0,1 inci, 0,01 “, dan 0,001”sedangkan pecahan lainya adalah ½”,1/4”,1/8”,1/16”,1/32”dan 1/64” , strip dua biasanya digunakan sebagai bacaaninci.Satuan pada metrik system adalah menggunakan millimetermisalnya 1 mm, 0,5mm, 0,01mm, 0,001mm dst.
3).Ketelitian
Roll meter, mistar plastik dan meteran kain adalah alat ukurpresisi rendah, karena kemampuan baca terkecilnya adalah1 mm., sedangkan mistar baja mampu pada ketelitian0,5mm.Namun dalam penggunaan diindustri biasanya akancenderung menggunakan mistar baja. Hal ini berkaitandengan kepastian bahwa alat ukur tersebut dikategorikansebagai alat ukur standar.Apakah roll meter, meteran kain, mistar plastik tidak standar?Standar adalah kesepakatan , oleh karena itu, alat ukurdiatas standar untuk penggunaan yang sesuai, misalnya rollmeter standar untuk pengukuran kayu dansejenisnya,karena tingkat ketelitian yang dimilikinya cukupmemenuhi syarat guna pengukuran kayu tersebut padaumumnya. Meteran kain standar untuk penggunaan tukangkain. Sedangkan mistar plastik adalah standar untukmenggambar diatas kertas.
Teknik PemesinanMenggunakan alat ukur 
10

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->