Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metakognitif

Metakognitif

Ratings: (0)|Views: 1,698 |Likes:
Published by Rinta Destiyari
Strategi Belajar Mengajar
Strategi Belajar Mengajar

More info:

Published by: Rinta Destiyari on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi informasi,menyebabkan arus informasi menjadi cepat dan tanpa batas. Hal ini berdampak langsung pada berbagai bidang kehidupan, tanpa kecuali bidang pendidikan.Lembaga pendidikan sebagai bagian dari sistem kehidupan telah berupayamengembangkan struktur kurikulum, sistem pendidikan, dan metodepembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan sumber daya manusiayang berkualitas (Sudjatmiko,2003). Untuk menghadapi perubahan tersebutdibutuhkan pendidikan yang meberikan kecakapan hidup (life skill), yaitumemberikan keterampilan dan keahlian dengan kompetensi tinggi. Dengandimilikinya life skill diharapkan nantinya peserta didik dapat betahan dalamsuasana yang selalu akan berubah dan berkembang.Pendidikan merupakan kunci untuk semua kemajuan dan perkembanganyang berkualitas, sebab dengan pendidikan manusia dapat mewujudkan semuapotensi dirinya baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat. Dalamrangka mewujudkan potensi diri menjadi multiple kompetensi harus melewatiproses pendidikan yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran.Berlangsungnya proses pembelajaran tidak terlepas dengan lingkungan sekitar.Sesungguhnya pembelajaran tidak terbatas pada empat dinding kelas.Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan menghapus kejenuhan danmenciptakan peserta didik yang cinta lingkungan. Berdasarkan hasil observasidapat ditengarai bahwa aspek proses dan hasil pembelajaran merupakan salah satupenyebab perlunya ditingkatkan mutu pendidikan. Kualitas proses dan hasilbelajar mengajar yang rendah menunjukkan bahwa interaksi antara siswa dengansumber belajar seperti dengan guru dan lingkungan, tidak berjalan efektif sehingga hasil belajar yang dicapai tidak optimal (Purwanti, 2004). Oleh karenaitu dalam proses pembelajaran diupayakan agar lingkungan belajar dapatmendukung berlangsungnya pembelajaran efektif dan berpusat pada siswa.Dalam rangka mewujudkan potensi diri menjadi multiple kompetensi harusmelewati proses pendidikan yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
 
Berlangsungnya proses pembelajaran tidak terlepas dengan lingkungan sekitar.Sesungguhnya pembelajaran tidak terbatas pada tempat dinding kelas.Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan dalam artian bahwa potensi dankarakteristik wilayah/daerah akan digali dan dimanfaatkan oleh siswa sebagaidarana pembelajaran, dan selanjutnya akan menghapus kejenuhan danmenciptakan peserta didik untuk berkreasi berfikir.Model dan metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-caramengajar yang dipergunakan oleh guru agar materi pelajaran dapat ditangkap,dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik. Metode mengajar yangdigunakan hendaknya metode yang dapat memotivasi siswa agar mampumenggunakan pengetahuannya untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapiataupun untuk tujuan agar siswa mampu berfikir dan mengemukakanpendapatnya sendiri dalam menghadapi masalah. Pemberdayaan kemampuanberpikir kritis, kemampuan dan keterampilan metakognitif dapat dilakukandengan menggunakan strategi pembelajaran yang memiliki karakteristik 
student centered.Salah satu aspek perkembangan yang selalu menjadi fokus perhatianadalah perkembangan kognitif anak dengan tidak mengabaikan aspek  perkembangan lainnya. Perkembangan kognitif dianggap penting karena seringdikaitkan dengan kecerdasan anak. Perkembangan kognitif yang normalmengindikasikan berkembangnya kecerdasan anak. Sementara perkembangankognitif berlaku sejak awal kelahiran atau bahkan semenjak prenatal, aspek lainseperti emosi dan spiritual mengalami perkembangan yang pesat sesudahnyawalaupun dasar-dasarnya telah mulai dididikkan sejak dini. Perkembangankognitif adalah salah satu aspek perkembangan manusia yang berkaitan dengan pengertian (pengetahuan), aitu semua proses psikologis yang berkaitan denganbagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya (Desmita, 2006 : 103).
 
Kesadaran metakognitif, mampu mengenali dirinya baik kebiasaan baik maupun tidak baik, mampu menyadari ketidaktahuannya sehingga terefleksidalam proses belajar, merupakan bagian penting yang harus dilatihkan kepadasiswa agar mendapatkan pemahaman bermakna.Metakognitif, satu kata ini yang menarik perhatian sekaligus menggerakkanpenulis untuk mengkaji mengenai apa itu metakognitif, mengapa metakognitif penting, dan bagaimana cara menerapkan metakognitif dalam situasipembelajaran.

Activity (32)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
KungHie Tiong liked this
Mifta Si Itak liked this
Feny Isnaini liked this
Tika Mustika liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->